Liga Indonesia Baru
Twitter/TeukuRizq

Ramai Protes Jadwal Liga 1 2022/2023 Terlalu Larut Malam

Linamasa.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengungkapkan bahwa telah siap untuk melakukan sinkronisasi ulang terhadap sejumlah jadwal pertandingan di Liga 1 2022 – 2023 yang sempat menuai protes karena terdapat beberapa jadwal yang terlalu malam.

Seperti yang diketahui, beberapa klub memang telah melayangkan protes karena keberatan dengan jadwal pertandingan terlalu malam tersebut. Salah satu klub yang memberikan protes keras kepada pihak Liga adalah Persib Bandung.

Persib melayangkan protes kepada pihak PT Liga Indonesia Baru pada hari Rabu, 6 Juli 2022 dengan alasan karena tidak puas dengan penyusunan draf jadwal pertandingan yang telah diterima.

Setelah melihat isi draf pertandingan tersebut, setidaknya Persib Bandung akan melakukan pertandingan sebanyak 17 kali dengan waktu di atas pukul 20.00 WIB (malam hari).

Berdasarkan data yang didapatkan dari draf tersebut, akhirnya pihak Persib Bandung mencoba untuk melayangkan protesnya kepada pihak Liga.

Menurut penjelasan lebih lanjut dari Persib Bandung, ada beberapa pertandingan yang dijadwalkan berlangsung pukul 20.00 WIB, 20.30 WIB hingga 20.45 WIB.

Dengan banyaknya protes yang masuk dilayangkan kepada pihak Liga, pada akhirnya Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru) akhirnya mempertimbangkan lebih lanjut terkait dengan perubahan dan juga sinkronisasi ulang terhadap jadwal yang telah ada.

Hanya saja, dalam upaya sinkronisasi tersebut, juga akan disesuaikan dengan berbagai keluhan hingga masukan yang masuk dari klub – klub lainnya.

Untuk itu, bagi semua klub yang saat ini sudah mengantongi informasi terkait dengan jadwal Liga 1, pihak Liga memberikan batas waktu setidaknya maksimal 1 minggu untuk segera memberi masukan kepada PT Liga Indonesia Baru.

“Draf ini memang kami buat dan siapkan untuk dikirimkan ke masing – masing klub, nantinya kami berharap akan respon berupa masukan dan argumentasi. Selanjutnya, pihak kami akan berusaha untuk segera mengakomodirnya,” kata Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru) pada hari Rabu, 06 Juli 2022.

“Ini kan sudah kami beri tenggang waktu selama maksimal 1 minggu agar bisa memberi respon berupa masukan dan tanggapan. Berdasarkan respon tersebut, akan coba kami lakukan sinkronisasi ulang terkait jadwalnya,” ungkap Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru) lebih lanjut.
Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru) juga menegaskan bahwa, ini masih dalam bentuk draf, jadi misal ada protes bisa dipertimbangkan lebih lanjut, namun tetap melihat dari sisi keadilan bagi semua pihak.

“Ini kan bentuknya masih berupa draft, misal ada argumentasi pun pasti akan kami terima. Terlebih lagi jika azas fairnessnya bisa terjaga, pasti akan kami lakukan pertimbangan lebih lanjut,” tambah Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru).

“Jadi semua draf tersebut, rata – rata memang mempertimbangkan sisi keadilan bagi semua pihak. Makanya, jika nanti memang ada banyak argumentasi yang masuk, kami akan langsung melakukan diskusi lebih lanjut. Kemungkinan besar, pasti akan ada perubahan,”

Sebenarnya, sebelum muncul draf ini, pihak PT Liga Indonesia Baru juga sudah melakukan banyak pertimbangan, termasuk menjadwalkan sesi diskusi dengan para bagian broadcaster hingga pihak sponsor.

Sudjarno (Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru) pun menegaskan, untuk tim yang dijadwalkan bermain malam hari, rata – rata sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa adil.

Tidak hanya beberapa tim saja yang akan bertanding malam hari, tapi ada rotasi dan bergantian. Intinya sudah dilakukan kombinasi yang adil.

“Dalam proses pembuatan jadwal pertandingan yang dilakukan, sudah dilakukan penyesuaian lebih lanjut. Terlebih lagi harus menyesuaikan dengan berbagai pertandingan padat Piala AFF, AFC, agenda Timnas hingga agenda FIFA. Belum lagi ditambah dengan adanya agenda Piala Indonesia. Jadi pertimbangan yang kami lakukan sangat banyak. Tapi tetap saja, kami akan berusaha untuk melakukan sinkronisasi ulang jadwal yang sudah kami keluarkan sekarang,” tuturnya.

Sementara itu, sambil menunggu proses sinkronisasi dilakukan, pihak PT Liga Indonesia Baru sudah menetapkan jadwal laga pembuka Liga 1 2022 – 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 Juli mendatang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali yang mempertemukan antara Bali United vs Persija Jakarta.

Daftar Tim yang Mengajukan Protes

Setelah melihat draf jadwal pertandingan yang dikirimkan oleh pihak PT Liga Indonesia Baru kepada masing – masing klub, berikut ini beberapa klub yang melayangkan protes :

  • Persib
  • Madura United
  • Bhayangkara FC

Jika mengacu pada draf yang diterima oleh Persib Bandung, memang klub yang paling banyak mendapatkan jadwal larut malam adalah Persib Bandung. Berikut ini adalah draf jadwal pertandingan yang diterima Persib Bandung :

  • Bhayangkara FC vs Persib Bandung pada hari Minggu, 24 Juli 2022 berlangsung pukul 20.45 WIB
  • Madura United vs Persib Bandung pada hari Sabtu, 30 Juli 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB
  • Borneo FC vs Persib Bandung pada hari Minggu, 7 Agustus 2022 berlangsung pukul 16.00 WIB
  • PSIS Semarang vs Persib Bandung pada hari Sabtu, 13 Agustus 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB
  • PSS Sleman vs Persib Bandung pada hari Jumat, 19 Agustus 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB
  • Bali United vs Persib Bandung pada hari Selasa, 23 Agustus 2022 berlangsung pukul 20.00 WIB
  • PSM Makassar vs Persib Bandung pada hari Minggu, 28 Agustus 2022 berlangsung pukul 16.00 WIB
  • RANS Nusantara vs Persib Bandung pada hari Minggu, 4 September 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB.
  • Arema FC vs Persib Bandung pada hari Minggu, 11 September 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB.
  • Barito Putera vs Persib Bandung pada hari Jumat, 16 September 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB.
  • Persija Jakarta vs Persib Bandung pada hari Minggu, 2 Oktober 2022 berlangsung pukul 20.00 WIB
  • Persik Kediri vs Persib Bandung pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB.
  • Persebaya Surabaya vs Persib Bandung pada hari Minggu, 16 Oktober 2022 berlangsung pukul 20.00 WIB
  • Dewa United vs Persib Bandung pada hari Minggu 23 Oktober 2022 pukul 20.30 WIB
  • Persis Solo vs Persib Bandung pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 berlangsung pukul 20.30 WIB.
  • Persita Tangerang vs Persib Bandung pada hari Jumat, 4 November 2022 pukul 20.30 WIB.
  • Persikabo 1973 vs Persib Bandung pada hari Sabtu, 12 November 2022 pukul 20.30 WIB.

Alasan Ada Jadwal yang Larut Malam

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh pihak PT Liga Indonesia Baru, terdapat alasan mengapa ada jadwal yang ditetapkan larut malam.

Pertama, pihak PT Liga Indonesia Baru sudah membuat kesepakatan dengan pihak sponsor dan juga pihak broadcaster.

Kedua, setelah melakukan diskusi yang sangat panjang, pihak PT Liga Indonesia Baru juga mempertimbangkan dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Ketiga, penyesuaian terhadap beberapa jadwal dan agenda seperti Piala AFF U – 19, Piala AFC, agenda Timnas, agenda FIFA, hingga Piala Indonesia. Semua itu harus disesuaikan dan mempertimbangkan padatnya pertandingan.

Tidak menutup kemungkinan perubahan tetap bisa dilakukan karena masih berupa draft, tapi jika pertandingan diubah menjadi jadwal sore semua, rasanya tidak mungkin. Pihak PT Liga Indonesia Baru juga maunya bisa diselenggarakan di sore hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

logo emas antam

Harga Emas dan Dollar Hari Ini, Senin 08 Agustus 2022

Linamasa.com – Harga emas cenderung mendapatkan sentiment yang negatif dari adanya penguatan dollar Amerika Serikat. …