...
topi toga
Freepik/rawpixel

Rekomendasi Universitas Terbaik di Kalimantan

Linamasa.com – Melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang universitas menjadi impian banyak orang. Selain itu, banyak orang yang ingin bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri terbaik karena menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Kalimantan, di bawah ini terdapat beberapa Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang bisa dijadikan sebagai referensi :

1.Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik yang berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Universitas ini berdiri sejak tahun 1959. Awal berdiri, Universitas Tanjungpura diberi nama Universitas Daya Nasional.

Menurut sumber data dari Webometrics, perguruan tinggi satu ini masuk dalam kategori perguruan tinggi terbaik di Kalimantan pada tahun 2018.

Berdasarkan data milik Kemenristekdikti, Universitas Tanjungpura menempati posisi ke 62 se Indonesia pada tahun 2021. Sedangkan menurut Webometrics, di tahun yang sama Universitas Tanjungpura menempati posisi ke 101.

Universitas Tanjungpura yang akrab disebut Untan, memiliki bangunan yang cukup ikonik, dilengkapi dengan Tugu Digulis. Awal berdirinya, hanya terdapat dua Fakultas saja, yakni Fakultas Tata Niaga dan Fakultas Hukum.

Universitas Tanjungpura berhasil menyandang gelar Akreditasi A. Sampai saat ini, Untan berhasil menciptakan 9 Fakultas dan 96 program studi.

2.Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat atau yang biasa disebut ULM adalah perguruan tinggi negari yang terletak di Banjarbaru, Kalimantan.

Universitas Lambung Mangkurat termasuk dalam salah satu pilihan universitas negeri terbaik di Kalimantan. Universitas Lambung Mangkurat juga dikenal sebagai perguruan tinggi tertua di Kalimantan.

Berdiri pada tahun 1958, Universitas Lambung Mangkurat bisa mulai menjadi perguruan tinggi negeri pada tahun 1960. Waktu yang cukup singkat dan cepat untuk masuk dalam jajaran perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Penamaan universitas ini terinspirasi dari Kerajaan Negara Dipa, yang mana merupakan nama patih yang kala itu dikenal bernama Lambung Mangkurat. Motto yang selalu dipegang teguh oleh Universitas Lambung Mangkurat ialah Waja sampai Kaputing.

Universitas Lambung Mangkurat juga dijuluki sebagai Universitas Perjuangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari lama Kemenristekdikti, Universitas ini berhasil menempati posisi ke 82 sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Sedangkan berdasarkan Webometrics, ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan yakni menempati posisi ke 61. Universitas Lambung Mangkurat, saat ini berhasil mempertahankan akreditasi A nya.

3.Universitas Mulawarman

Universitas Mulawarman terletak di Kalimantan Timur dan menjadi perguruan tinggi paling tua di daerah tersebut yang didirikan pada tahun 1962. Universitas Mulawarman menjadi satu – satunya perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Samarinda, Kalimantan Timur.

Pemberian nama Universitas ini diambil dari nama seorang Raja terkenal di Kerajaan Kutai yakni Mulawarman Nala Dewa yang berhasil menjadi sosok pemimpin pada abad 4.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Webometrics pada tahun 2021, perguruan tinggi negeri ini sukses menduduki posisi ke 51, sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Namun berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Kemenristekdikti terdapat perbedaan yakni menempati posisi ke 88.

Terdiri dari empat kampus, Universitas Mulawarman terletak di lokasi yang berbeda – beda. Seluruh kampus yang tersebar di lokasi yang berbeda, memiliki tujuan utama dalam mendukung aktivitas akademik.

Yang mana terdiri dari Kampus Baggeris, Kampus Pahlawan, Kampus Flores, Kampus Gunung Kelua.

Universitas Mulawarman juga menawarkan fakultas yang cukup lengkap yakni terdapat 14 Fakultas dan 98 Program Studi. Anda bisa bebas pilih mana saja sesuai dengan bakat, minat dan kebutuhan.

Universitas Mulawarman berhasil mendapatkan Akreditasi A.

4.Universitas Palangka Raya

Universitas Palangka Raya didirikan pada tahun 1963. Universitas Palangka Raya menjadi salah satu perguruan tinggi negeri tertua yang berada di Kalimantan Tengah dengan lokasi yang cukup strategis. Anda bisa menemukan kampus ini di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Webometrics pada tahun 2021, Universitas Palangka Raya berhasil menempati posisi 119. Banyak sumber daya manusia berkualitas yang berhasil dicetak oleh Universitas Palangka Raya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Dengan demikian baik pembangunan di Kalimantan Tengah maupun pembangunan secara nasional bisa lebih dipercepat berkat adanya sumber daya manusia yang mumpuni.

5.Universitas Borneo Tarakan

Universitas Borneo Tarakan menjadi salah satu pilihan perguruan tinggi negeri terbaik di Kalimantan. Berdiri pada tahun 1999, universitas ini bisa dikatakan bisa berkembang dengan sangat cepat. Diprakarsai oleh Yayasan Pinekindi, lembaga ini baru mulai dioperasikan secara umum pada tahun 2001.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Webometrics, bahwa universitas satu ini berhasil menempati posisi 742 pada tahun 2021. Saat ini, Universitas Borneo Tarakan mempunyai 7 Fakultas dan 17 Program Studi.

Kabarnya, Universitas Borneo Tarakan dalam waktu dekat sudah ada rencana untuk merambah ke bidang kedokteran dengan menyediakan Fakultas Kedokteran dan program studi pascasarjana (doctoral).

6.Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda terletak di Kalimantan Timur, yang mana menjadi salah satu pilihan kampus swasta terbaik yang ada di Kalimantan. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda yang sering disebut sebagai Untag Samarinda menyediakan Fakultas yang cukup lengkap yakni Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Isipol, dan Fakultas Teknik.

Kampus dengan akreditasi B ini bisa Anda temukan di Jalan Ir H. Juanda No 80.

7.Universitas Balikpapan

Universitas Balikpapan bisa ditemukan di alamat Jalan Pupuk Raya Gn Bahagia. Kini Universitas Balikpapan mempunyai akreditasi B dengan banyak pilihan Fakultas yang ditawarkan. Menjadi salah satu kampus terbaik di Kalimantan, sangat cocok menjadi salah satu referensi buat Anda.

Fakultas yang disediakan antara lain seperti Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan, Fakultas Hukum, Fakultas Perencanaan, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi, Fakultas Industri, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra. Selain itu, juga terdapat Fakultas khusus untuk program vokasi.

8.Politeknik Negeri Samarinda

Politeknik Negeri Samarinda yang dikenal sebagai Polnes merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik yang ada di Kalimantan dengan akreditasi B. Pilihan jenjang pendidikan yang disediakan adalah Diploma 3 dan Sarjana.

Untuk program Sarjana Terapan, Polnes menyediakan beberapa jurusan seperti Teknik Informatika, Teknologi Rekayasa Komputer, Akuntansi Manajerial, Keuangan Perbankan, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Manajemen Pemasaran, Usaha Perjalanan Wisata, Rekayasa Jalan dan Jembatan, Teknik Listrik, dan Teknologi Kimia Industri.

Sedangkan untuk program Diploma, Polnes menyediakan beberapa jurusan seperti Nautika, Teknika, KPNK, Desain Produk, Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Akuntansi, Teknik Alat Berat, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Administrasi Bisnis, Pariwisata, Teknik Sipil, Teknik Listrik, Petro dan Oleo Kimia.

Nah itulah beberapa universitas atau kampus terbaik yang ada di wilayah Kalimantan. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Disarankan dalam proses pemilihan universitas untuk menyesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan dan kebutuhan.

Hindari daftar perguruan tinggi hanya ikut – ikutan saja dengan teman. Karena jika Anda memilih jurusan yang tak sesuai dengan minat dan bakat, akan berdampak buruk bagi masa depan Anda sendiri di masa yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Kamu Ingin Daftar SNBP 2024 di UNPAD? Ini 5 Prodi UNPAD yang Paling Diminati di SNBP 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Jika kamu tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 …