...
ilustrasi kanker hati
Freepik

Pahami! Bahaya Kanker Hati Salah Satu Penyakit Mematikan

Linamasa.com – Hati merupakan salah satu bagian tubuh pada mahluk hidup yang memiliki peran penting sebagai pembersih darah dari racun dan berbagai macam zat berbahaya.

Selain itu, hati juga menghasilkan zat empedu yang dapat membantu tubuh mencerna nutrisi seperti lemak, dan mengontrol pembekuan darah. Lalu bagaimana jika hati rusak dan mengalami masalah? Salah satu masalah yang sangat mengerikan pada organ hati adalah kanker hati.

Kali ini akan dibahas mengenai kanker hati yang mana masih banyak yang belum mengetahui penyakit yang satu ini.

Kanker hati merupakan adanya pertumbuhan daging yang abnormal pada sel hati, jika saat penanganan pertama kurang maksimal maka sel kanker akan mudah menyebar ke seluruh bagian organ lainnya. Kondisi ini bisa terjadi karena sel-sel dalam hati bermutasi dan membentuk sebuah tumor.

Perlu kamu ketahui, jika kanker hati merupakan satu dari lima jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian.

Semua itu berdasarkan riset yang dilakukan WHO pada tahun 2015, bisa dibilang jika kanker hati bertanggung jawab atas lebih dari 700.000 ribu kematian dari total 9 juta orang terkena kanker.

Penyebab Kanker Hati

Mulai saat ini cobalah untuk atur pola hidup Anda, mulai dari asupan sampai dengan perbanyak olahraga. Untuk penyebab dari sekian banyak kanker hati ada satu faktor yang bisa membuat penyakit ini bisa diderita seseorang.

Salah satu faktor tersebut adalah penyakit hepatitis, ada sebuah riset menyebutkan jika penderita hepatitis B dan C kronis tidak mendapat pengobatan yang baik maka memiliki resiko lebih besar untuk mengidap kanker hati.

Penyebab kanker hati lainnya adalah adanya kerusakan sel pada hati hal ini biasanya disebabkan salah satunya dari konsumsi alkohol yang berlebih, berat badan berlebih, atau hati yang berlemak.

Kanker hati sendiri terjadi akibat sel pada hati kita mulai bermutasi dan secara bertahap mengubah sistem metabolisme pada tubuh. Jika dibiarkan, maka sel dalam hati ini akan kehilangan kendali dan membentuk jaringan tumor.

Tanda dan gejala Kanker Hati

Apa saja tanda serta gejala dari kanker hati? Masih banyak yang belum mengerti apa saja gejala serta tanda kanker hati pada tubuh.

Terdapat studi yang melakukan riset, dan ditemukan terdapat kurang lebih satu dari tiga pasien yang mengidap kanker hati saat stadium awal tidak menunjukkan gejala yang menjurus ke arah kanker.

Untuk cara mengantisipasi hal seperti ini, maka Anda wajib mengetahui gejala dan tanda dari kanker hati. Mungkin pada setiap orang tidaklah sama, namun secara umum terdapat tanda dan gejala kanker hati yang biasanya muncul diantaranya adalah:

  • Penurunan berat badan drastis
  • Sering mual dan muntah
  • Nyeri pada bagian perut
  • Perut membesar tanpa sebab
  • Hilangnya selera makan
  • Lemas dan lesu (tidak bertenaga)
  • Penyakit kuning
  • Feses berwarna pucat

Mengenal Stadium Penyakit Kanker Hati

Perlu Anda ketahui jika Kanker ini sama seperti jenis kanker lainnya, kanker hati terbagi menjadi beberapa tahap atau stadium. Untuk pembagian ini menjelaskan dimana ukuran serta tingkat penyebaran si kanker.

Bisa diartikan, jika semakin tinggi stadium yang dialami, berarti semakin luas pula penyebaran kanker pada tubuh penderita.

Bagi Anda yang sampai sini belum paham atau belum mengerti apa itu stadium, jadi lebih singkatnya stadium merupakan sebuah cara untuk mengetahui status kondisi tubuh.

Stadium juga bisa menjelaskan mengenai cara pembagian ukuran dan tingkat penyebaran kanker dalam tubuh. Nah berikut tahapan atau stadium perkembangan kanker hati yang perlu Anda ketahui :

Stadium I

Untuk stadium awal atau pertama ini biasanya diawali dengan munculnya satu tumor berukuran kecil, mulai dari 5 cm yang belum tumbuh mengakar pada pembuluh darah. Kanker pada stadium ini belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat. Pada fase ini hati pasien masih dalam keadaan normal.

Stadium II

Pada stadium kedua ada beberapa tumor yang mulai tumbuh berukuran sekitar 5 cm. Berarti sudah ada dua tumor yang tumbuh, namun kanker pada fase ini belum menyebar ke kelenjar getah bening, sehingga belum mengganggu kinerja hati.

Tapi biasanya tubuh sudah mengisyaratkan sedikit perbedaan, seperti mudah lelah dll.

Stadium III

Kita masuk ke stadium III, untuk stadium ini kanker sudah menyebar ke pembuluh darah, kelenjar getah bening, atau organ lainnya. Pada fase ini kondisi penderita sudah mulai memburuk, organ hati masih bisa berfungsi namun sudah mulai menunjukkan penurunan.

Stadium IV

Pada fase stadium ke-4 ini kanker sudah berkembang dan menyebar ke seluruh kelenjar getah bening serta organ lain di dekatnya.

Pada kondisi ini, kesehatan pasien sudah semakin memburuk karena adanya gangguan fungsi organ hati serta organ-organ yang ada di sekitarnya terkena dampaknya. Jika sudah masuk fase ini, yang bisa dilakukan hanya berdoa kepada sang pencipta.

Sedikit saran, jika ingin lebih pasti dalam memastikan apa tubuh Anda memiliki resiko kanker hati atau tidak, segera periksakan diri pada Dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

sakit pinggang

Penyakit pada Tulang Belakang Bengkok, Skoliosis

Linamasa.com – Skoliosis merupakan salah satu kelainan pada tulang belakang. Penyakit skoliosis ditandai dengan munculnya …