...
tempat sampah
Freepik/Racool_studio

Pidato Singkat Tentang Kebersihan Sekolah

Linamasa.com – Menjaga kebersihan sekolah, terkadang menjadi hal paling penting yang jarang diperhatikan oleh siswa maupun guru. Padahal jika lingkungan sekolah bersih, kegiatan belajar mengajar dan berbagai aktivitas lainnya pun menjadi lebih nyaman dan sehat.

Kebersihan lingkungan sekolah mempunyai peranan yang sangat penting. Selain bisa menaikkan nilai akademis dari siswa dan citra dari para guru, secara tidak langsung juga bisa membangun reputasi baik dari sekolah itu sendiri.

Di samping itu, biaya untuk mendukung kesehatan pun bisa diminimalisir karena lingkungan sekolah tempat menimba ilmu selalu bersih.

Untuk meningkatkan kepedulian menjaga kebersihan sekolah, di bawah ini terdapat pidato tentang kebersihan sekolah :

Assalamualaikum wr. wb.

Yang Saya hormati Kepala SMA Negeri …

Yang Saya hormati Guru – Guru dan Staf Tata Usaha SMA Negeri …

Dan murid – murid yang Saya sayangi

Puji syukur Saya panjatkan kepada Allah SWT yang selalu memberikan nikmat kepada hamba – hamba-Nya tanpa membeda – bedakan antara satu dengan yang lain. Atas izin, limpahan rahmat dan hidayah – Nya, kita semua bisa berkumpul di momen ini dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun.

Pada kesempatan kali ini, Saya berniat untuk menyampaikan sedikit pidato dengan tema “Pentingnya Menjaga Kebersihan Sekolah”.

Para hadirin yang saya hormati dan sayangi, seperti yang kita ketahui bersama, bahwa lingkungan menjadi wadah dan tempat dimana semua makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT itu hidup. Agar tempat hidup kita tetap terjaga kelestariannya, dibutuhkan peran dari semua pihak. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mulai dari menjaga lingkungan terdekat yakni lingkungan sekolah.

Sebenarnya untuk melestarikan lingkungan tidaklah sulit, bisa kita mulai dari kebiasaan yang sehari – hari kita terapkan. Misalnya saja dengan membuang sampah di tempat sampah.

Setelah saya amati dan perhatikan, kesadaran para murid terkait dengan menjaga kebersihan lingkungan sekolah semakin menurun. Sangat miris melihatnya. Jika kebiasaan tersebut tak segera ditangani, kondisi kritis ini akan semakin parah. Jangan sampai generasi penerus bangsa tidak peduli dengan kelestarian lingkungan sekitarnya.

Dari sisi dukungan pihak sekolah pun tidak ada yang kurang, tinggal kesadarannya saja dari masing – masing individu. Pihak sekolah sudah menyediakan tempat sampah yang lebih dari cukup. Di masing – masing kelas, bahkan di depan kelas pun juga ada tempat sampah.

Saya mempunyai harapan besar, untuk mendukung kebersihan lingkungan sekolah, lanjutkan program piket kelas yang sebelumnya sudah dilakukan. Bagi kelas yang tak menjalankannya, mulai besok saya harap bisa dilakukan kembali.

Sebagai tambahan, memilah sampah yang kita buang juga sangat penting agar lebih bermanfaat dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Sampah sendiri dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain :

1.Sampah B3 (sampah yang sifatnya membahayakan baik diri sendiri, orang lain hingga lingkungan) misalnya saja seperti sampah rumah sakit, pestisida, cat, baterai dan masih banyak lagi.

2.Sampah Kering (kategori jenis sampah yang tidak bisa terurai melalui aktivitas ilmiah karena tak bisa membusuk) misalnya saja seperti kaleng, kertas, kaca, karet, kardus, plastik dan masih banyak lagi.

3.Sampah Basah (kategori jenis sampah yang bisa terurai karena mengalami pembusukan) misalnya saja seperti sampah kebun, sampah dapur, sampah buah – buahan, sayur, dan sisa makanan.

Kita semua harus memahami proses pemilihan sampah berdasarkan jenisnya tersebut. Meskipun di sekolah kita sudah disediakan beberapa tempat sampah, pada saat pembuangan akhir, sampah tersebut justru tercampur kembali. Saya harap, hal ini perlu diperhatikan kembali. Dukungan dari teman – teman semua sangatlah penting, baik dari para guru dan para murid. Dengan memberi penanganan terhadap sampah yang benar, lingkungan kita akan benar – benar terjaga.

Sampah yang semula tak berguna dan menjadi potensi terbesar dalam menyumbang pencemaran lingkungan, kini bisa di daur ulang. Mulai dari di daur ulang menjadi pupuk hingga produk – produk yang jauh lebih bermanfaat.

Para hadirin yang saya hormati dan sayangi,

Saya tekankan, di dalam agama kita pun juga mengajarkan pentingnya kebersihan. Yang mana ibarat kebersihan adalah sebagian dari iman. Level kepedulian kita terhadap kebersihan diri sendiri dan lingkungan, menjadi salah satu penentu tingkat keimanan kita kepada Allah SWT.

Dengan pidato singkat yang Saya sampaikan ini, Saya harap bisa meningkatkan rasa peduli dari teman – teman sekalian terhadap pentingnya untuk menjaga kebersihan di ruang lingkup sekolah maupun lingkungan secara umum.

Para hadirin yang saya hormati dan sayangi,

Sampai disini saja pidato yang bisa Saya berikan, mudah – mudahan bisa membawa banyak manfaat bagi kita semua. Tidak lupa, jika ada tindakan maupun perkataan Saya yang dirasa kurang berkenan, Saya pribadi menghaturkan permohonan maaf sebesar – besarnya, terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Dalam berpidato, memperhatikan isi yang disampaikan sangatlah penting. Dengan menekankan pentingnya menjaga kebersihan sekolah seperti contoh di atas, secara perlahan pasti akan bisa merubah kebiasaan – kebiasaan yang tak baik. Terlebih lagi jika disertai dengan contoh nyata dari para guru dan staf sekolah.

Baca juga: Deretan Universitas dengan Jurusan HI Terbaik di Indonesia

Itulah salah satu contoh pidato singkat tentang kebersihan sekolah, semoga bisa menjadi referensi terbaik dan membantu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

SNBP

Kamu Ingin Daftar SNBP 2024 di UNPAD? Ini 5 Prodi UNPAD yang Paling Diminati di SNBP 2023 yang Wajib Kamu Ketahui

Linamasa.com – Jika kamu tengah mempersiapkan diri untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 …