...
belajar menulis buku
Freepik/suksao

Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa Sambil Kuliah

Linamasa.com – Saat ini, tidak sedikit mahasiswa yang ingin mandiri dan mencoba mencari penghasilan sendiri. Entah untuk tujuan meringankan beban orang tua, untuk tambahan uang jajan, atau tujuan lainnya.

Tak perlu khawatir, di zaman modern ini, para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan tak perlu khawatir. Banyak kok proyek produk digital yang bisa dikerjakan secara daring dan bisa dikerjakan dimana saja.

Salah satu rekomendasi yang bisa menghasilkan pundi – pundi uang adalah menjadi freelancer. Selain sistem kerjanya yang fleksibel, Anda sebagai mahasiswa juga bisa mendapatkan uang dengan jumlah tanpa batas.

Semakin rajin mencari proyek, maka pundi – pundi rupiah yang bisa Anda dapatkan semakin banyak.

Jika sang pemberi kerja (owner) puas dengan pekerjaan yang Anda kerjakan, tak menutup kemungkinan mereka pun akan berlangganan hingga merekrut Anda untuk pekerjaan jangka panjang.

Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi untuk mahasiswa pekerjaan yang cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

1.Content Writer

Kebutuhan akan konten saat ini kian meningkat. Banyak perusahaan berbasis digital yang membutuhkan layanan jasa seorang penulis profesional untuk membantu mengembangkan usahanya tersebut. Konten sendiri memiliki manfaat yang sangat penting dalam upaya digital marketing.

Secara bertahap, konten artikel yang diterbitkan secara berkala akan mampu menjangkau audience lebih banyak lagi. Sebagian besar proyek penulisan, dibutuhkan untuk jangka waktu yang panjang.

Kesimpulannya, menjadi seorang content writer sangat tepat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan pekerjaan utama. Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai content writer, Anda bisa mengapply sejumlah proyek yang disediakan pada platform freelancer.

Potensi penghasilan yang didapatkan dalam sebulan bisa mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

2.Website Developer

Banyaknya pengusaha yang saat ini beralih ke toko digital, menciptakan peluang kerja bagi para website developer. Pekerjaan ini bisa dikerjakan di sela – sela kesibukan Anda saat berkuliah. Untuk masing – masing proyek bisa menambah pengalaman Anda.

Karena setiap website yang dikerjakan pasti mempunyai masing – masing kesulitan. Selain itu, Anda juga bisa menambah portofolio yang bisa digunakan untuk mendukung dan menambah bobot dari CV.

Website developer dibagi menjadi dua yakni front end developer dan back end developer. Jika keduanya bisa Anda kuasai, akan semakin banyak proyek yang bisa Anda kerjakan. Sebagian besar proyek pembuatan website membutuhkan front end dan back end.

Potensi penghasilan setiap bulannya yang bisa didapatkan mulai dari jutaan rupiah, belasan juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

3.Android Developer

Sebagai penunjang website, banyak pengusaha yang mulai mengembangkan aplikasi berbasis android untuk memudahkan para konsumen dalam bertransaksi. Kerja freelancer satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

4.Design Grafis

Desain grafis modern ini banyak dibutuhkan untuk mendukung proses digital marketing. Mulai dari untuk membuat kemasan, membuat logo brand, membuat iklan, feeds Instagram dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang menguasai beragam aplikasi desain, bisa banget nih coba peruntungan mendapatkan penghasilan dari kerja sebagai design grafis.

Potensi penghasilan yang bisa didapatkan setiap bulan mencapai jutaan rupiah. Semakin banyak proyek yang Anda dapatkan dan selesaikan, pundi – pundi rupiah yang terkumpul pun akan semakin banyak.

5.Translator

Perusahaan yang sudah go internasional, biasanya membutuhkan seorang translator. Pekerjaan sampingan menjadi translator bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu juga banyak proyek penerjemahan buku, karya ilmiah, skripsi dan lain sebagainya yang bisa Anda ambil.

Jika Anda tekun menggeluti dunia translater, potensi penghasilan yang bisa didapatkan per bulannya mencapai jutaan rupiah.

6.Pengajar

Menjadi pengajar dengan sistem daring kini sudah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Selain lebih mudah, prosesnya pun dianggap lebih efektif dan efisien. Anda yang punya bakat sebagai tenaga pengajar, bisa nih ambil pekerjaan teacher online.

Disarankan saat memutuskan untuk menjadi tenaga pengajar, pilih bidang ilmu yang Anda sukai agar tak menyulitkan Anda sendiri ke depannya.

7.Photographer

Bagi Anda yang hobi dalam dunia fotografi, bisa nih ambil pekerjaan online sebagai photographer. Banyak perusahaan hingga brand yang saat ini membutuhkan layanan photographer profesional agar produknya tampil lebih menarik dan berkelas. Selain itu, mulailah untuk mengasah kemampuan desain grafis agar bisa menawarkan paket komplit dengan biaya yang lebih mahal pastinya.

8.Reseller

Memulai usaha kecil – kecilan tidak ada salahnya saat masih kuliah. Anda bisa mulai menjadi reseller terlebih dahulu tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun. Jika Anda punya skill design grafis dan digital marketing, menjadi nilai tambahan. Pasalnya untuk bisa menjangkau lebih banyak audience, harus mampu membuat berbagai konten menarik melalui postingan media sosial.

9.Influencer

Banyak anak muda yang saat ini memilih untuk menjadi influencer untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun dijadikan sebagai pekerjaan utama. Syaratnya, Anda harus memiliki jumlah followers mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan terlebih dahulu.

Dengan rutin mengunggah konten – konten bermanfaat maupun menghibur, bisa menjadi modal awal untuk mendapatkan followers sebanyak – banyaknya. Mulailah fokus mengelola akun Instagram dan tiktok yang saat ini sedang booming.

Influencer sendiri bisa dikategorikan dalam beberapa bidang seperti fashion influencer, skincare influencer, holiday influencer, food influencer dan lain sebagainya. Pilih bidang yang Anda sukai saja. Potensi penghasilan yang didapatkan mulai dari jutaan, belasan juta hingga puluhan juta rupiah.

10.Youtuber

Seperti halnya menjadi seorang influencer, berprofesi menjadi seorang youtuber juga butuh kreatifitas. Anda harus mampu menciptakan berbagai konten menarik pada setiap unggahan video youtube.

Pilih bidang yang Anda sukai agar selama proses pembuatan konten pun menjadi lebih nyaman. Konten paling banyak dan mudah dibuat adalah daily life. Anda bisa mencobanya.

Referensi konten lain yang bisa Anda buat seperti tips, review gadget dan perangkat digital, review tempat wisata, review makanan, pembelajaran online, aktivitas berkebun, aktivitas olahraga dan masih banyak lagi ide – ide lainnya. Semakin unik, menarik dan bermanfaat konten yang Anda buat, pasti akan semakin banjir viewers.

Potensi penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan sampingan youtuber mulai dari jutaan rupiah.

Rekomendasi Platform Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Beberapa rekomendasi platform freelancer yang bisa Anda jadikan sebagai ladang penghasilan antara lain :

  • Freelancer Indonesia
  • Sribulancer
  • Sribu
  • Projects
  • Fastwork
  • Indeed
  • OLX
  • Linkedln
  • Fiver
  • Upwork
  • Guru
  • Toptal
  • SimplyHired
  • PeoplePerHour
  • FlexJobs
  • ProZ
  • Translators Café
  • Dribbble
  • Service Scape
  • 99Designs
  • Writer Access
  • Designhill

Nah, sekarang tidak ada alasan lagi waktu luang dibiarkan begitu saja sia – sia. Selama bisa menghasilkan, kenapa tidak dicoba. Modern ini, banyak kemudahan yang ditawarkan untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah. Meskipun masih kuliah, bisa mulai berlatih untuk terjun ke dunia kerja dan menciptakan peluang pendapatan untuk kehidupan yang lebih baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Unair

Kamu Ingin Masuk Kedokteran UNAIR? Ini Biaya Pendidikan Jalur Mandirinya!

Linamasa.com – Universitas Airlangga (Unair) telah mengumumkan rincian biaya pendidikan untuk program sarjana (S1) bagi …