truk pertamina
Jawapos

Cara Daftar MyPertamina Beli Pertalite dan Solar Bersubsidi

Linamasa.com – Di sejumlah daerah, mulai diberlakukan peraturan baru untuk bisa mendapatkan pertalite hingga solar bersubsidi dari pemerintah pusat. Caranya adalah dengan mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi MyPertamina di ponsel pintar.

Program ini mulai digiatkan dengan tujuan untuk merealisasikan program pembatasan pembelian Pertalite hingga Solar bersubsidi. Pembatasan BBM Pertalite dan Solar diperuntukkan bagi para konsumen yang menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

Oleh sebab itu, jika para konsumen pengguna mobil pribadi jika ingin tetap menikmati BBM Pertalite dan Solar, diharuskan mendaftar terlebih dahulu di MyPertamina.

Dilansir dari unggahan media berita Kompas.com, bahwa Pertamina Patra Niaga, sebagai Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) akan terus melakukan ujicoba pada program pembelian Pertalite dan Solar untuk para pengguna yang datanya sudah masuk dalam daftar pada sistem MyPertamina. Ujicoba tersebut akan mulai dilakukan pada bulan Juli 2022.

Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga) memberikan penjelasan bahwa dalam proses penyaluran BBM bersubsidi tersebut, sudah ada aturan tersendiri. Baik dari segi jumlah, segi kuota hingga segi segmentasi penggunanya.

Namun praktik di lapangan, masih banyak ditemukan konsumen yang termasuk dalam kategori tidak mempunyai hak, justru ikut menikmati BBM Pertalite dan Solar bersubsidi.

Jika tidak ada pengaturan sedemikian rupa dan lebih lanjut, maka dari potensi kuota yang telah ditetapkan dalam kurun waktu selama satu tahun, diprediksi tidak akan bisa terpenuhi karena tidak cukup.

Lebih lanjut, Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga) menegaskan agar bisa memastikan mekanisme yang ditetapkan dalam proses penyaluran BBM Pertalite dan Solar bersubsidi harus tepat sasaran.

Salah satunya adalah dengan melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bersubsidi khusus para pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina.

“Kami sudah berupa menyiapkan website khusus MyPertamina yang di akses melalui situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang akan mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2022 mendatang,” kata Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga) pada keterangan resmi yang diberikannya hari Senin, 27 Juni 2022.

“Bagi masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar, dihimbau untuk segera mendaftarkan dirinya melalui website yang sudah disediakan. Kemudian, bisa menunggu terlebih dahulu, apakan kendaraan dan juga identitasnya terkonfirmasi sebagai pihak pengguna yang sudah dinyatakan terdaftar,” kata Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga).

Lebih lanjut Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga) juga menambahkan, dari segi sistem MyPertamina yang disediakan akan sangat membantu proses pencocokan data para pengguna.

Masyarakat tak perlu khawatir, karena tanpa memiliki aplikasi MyPertamina, bisa mengaksesnya langsung melalui situs website yang sudah disediakan dan akan dibuka empat hari lagi.

Bagi para pengguna yang sudah berhasil melakukan proses registrasi, baik identitas dan juga kendaraan, secara otomatis akan mendapatkan notifikasi melalui email yang terdaftar.

Menurut Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga), pengguna yang sudah berhasil terdaftar, nantinya akan mendapatkan QR code.

Dimana QR code ini menunjukkan sudah adanya kecocokan data dan pengguna tersebut bisa menggunakan QR code untuk proses transaksi pembelian Pertalite dan Solar bersubsidi.

“Yang paling penting adalah masyarakat bisa memastikan terlebih dahulu apakah sudah benar – benar terdaftar atau belum. Jika memang sudah, silahkan untuk langsung melakukan transaksi di berbagai SPBU di seluruh Indonesia. Nantinya, semua transaksi yang dilakukan akan tercatat detail secara digital,” ungkap Alfian Nasution (Direktur Utama Pertamina Patra Niaga).

“Inilah yang menjadi harapan besar bagi kami, Pertamina ingin mengenal lebih dekat, siapa saja konsumen yang berhak menikmati BBM Pertalite dan Solar bersubsidi sehingga kedepannya bisa dijadikan sebagai dasar dalam membuat berbagai kebijakan terkait dengan subsidi energi bersama stakeholder termasuk pemerintah. Selanjutnya, pemerintah pun bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat yang memang berhak untuk bisa menikmati BBM bersubsidi,” katanya.

Hingga kini Pertamina Patra Niaga berusaha untuk terus memperkuat infrastruktur hingga sistem yang digunakan untuk memberikan dukungan langsung terhadap program penyaluran Pertalite dan Solar bersubsidi agar bisa tepat sasaran.

Rencananya, ujicoba tersebut hanya akan dilakukan di lima Provinsi saja seperti Yogyakarta, Jawa Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat.

Sayangnya, menyoal kategori mobil mewah yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi BBM Pertalite maupun Solar, belum diatur secara khusus.

Tata Cara Daftar Pada Aplikasi MyPertamina

Mengutip dari unggahan yang dilakukan oleh akun resmi Pertamina, terdapat beberapa tata cara yang bisa dilakukan dalam upaya untuk bisa menikmati BBM Pertalite dan Solar bersubsidi :

  • Siapkan beberapa identitas pribadi dan dokumen seperti KTP, STNK, foto kendaraan sesuai ketentuan dan juga beberapa dokumen pendukung lainnya.
  • Silahkan untuk langsung membuka website subsiditepat.mypertamina.id.
  • Silahkan ceklis informasi yang menunjukkan jika Anda telah memahami persyaratan.
  • Lanjut dengan klik daftar sekarang.
  • Silahkan ikuti beberapa langkah dan instruksi yang ada pada website tersebut
  • Proses verifikasi (pencocokan data) membutuhkan waktu tunggu hingga 7 hari kerja. Anda bisa melakukan cek secara berkala melalui email maupun website.
  • Jika sudah muncul status terkonfirmasi, bisa langsung melakukan pengunduhan kode QR langsung dari website.
  • Simpan kode QR tersebut yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian di SPBU Pertamina.

Dengan memahami semua prosesnya baik – baik, cara daftar ke MyPertamina tidaklah sulit. Jangan sia – siakan program ini agar Anda yang berhak mendapatkan dan menikmati BBM Pertalite dan Solar bersubsidi, bisa benar – benar merasakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Apa itu shimmer?

Mengenal Apa Itu Shimmer dan Harganya, Tren Baju di Lebaran 2024

Linamasa.com – Setiap tahun, dunia mode selalu menghadirkan tren baju Lebaran yang berbeda-beda, menciptakan antusiasme …