...
jus semangka
Freepik/jcomp

Punya Masalah Tekanan Darah dan HB Rendah, Minum Jus Ini

Linamasa.com – Sering memiliki keluhan tekanan darah rendah dan HB rendah? Mengkonsumsi berbagai aneka jus buah menjadi salah satu solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya anemia maupun resiko buruk lain terhadap kesehatan tubuh. Kurangnya zat besi di dalam tubuh kita, menjadi biang kerok datangnya anemia.

Memastikan kebutuhan zat besi dan vitamin C cukup dalam tubuh, bisa mencegah terjadinya tekanan darah rendah. Di dalam sel darah merah sendiri terdapat kandungan hemoglobin yang terdiri atas protein dan kaya akan zat besi.

Tugas utamanya adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Saat Anemia datang, kadar zat besi di dalam tubuh rendah sehingga membuat tubuh tak memiliki banyak sel darah merah yang mengakibatkan gangguan sistem kerjanya. Oksigen menjadi tak bisa disebarkan ke seluruh tubuh.

Untuk menjaga tekanan darah dan HB tetap stabil, terdapat beberapa minuman jus alami yang bisa Anda konsumsi sehari – hari :

1.Jus Strawberry

Strawberry dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan vitamin, asam folat dan kalium. Setidaknya dalam 180 gram strawberry terdapat kandungan vitamin C sebesar 88,2 gram. Tingginya vitamin C yang ada di dalam strawberry, bisa membantu proses penyerapan zat besi.

Agar tetap sehat, Anda bisa menambahkan pemanis dari madu alami saja. Dengan adanya madu, rasa asam yang ditimbulkan dari strawberry pun bisa tersamarkan. Untuk mendapatkan rasa jus strawberry yang lebih nikmat, disarankan untuk membekukannya terlebih dahulu dengan menggunakan freezer sebelum memblendernya.

Kemudian, Anda bisa menambahkan pisang untuk mendapatkan tambahan nilai gizi dari jus buah tersebut.

2.Jus Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah juga memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan strawberry. Setiap 165 gram biji, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 377 mg. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin A dan kalium.

Untuk mengatasi anemia, vitamin A juga sangat dibutuhkan keberadaannya oleh tubuh. Dalam tugasnya, vitamin A membantu zat besi dalam proses produksi sel darah merah. Agar kandungan vitamin A semakin tinggi, Anda bisa menambahkan wortel ke dalam jus jambu tersebut.

3.Jus Kiwi

Sumber vitamin C lain bisa diperoleh dari kiwi. Setiap 180 gram kiwi yang akan diolah menjadi jus, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 134 mg. Kandungan zat lain yang terdapat di dalam kiwi seperti serat, folat, kalium, dan vitamin E.

Mengingat rasa kiwi cukup asam, Anda bisa menambahkan campuran apel atau pisang untuk meningkatkan rasa dan menambah kandungan gizinya.

4.Jus Bayam

Sayur bayam terkenal mempunyai kandungan zat besi yang tinggi dan dibutuhkan dalam proses produksi sel darah merah. Selain bisa diolah menjadi sayur dan lauk pauk, sayur bayam juga bisa diolah menjadi jus.

Setiap 85 gram bayam yang hendak dibuat jus, terdapat kandungan zat besi sebanyak 2 mg. Agar lebih kaya rasa dan nutrisi, Anda bisa menambahkannya dengan kiwi maupun strawberry.

5.Jus Kale

Sayur kale mungkin jarang dijumpai di lingkungan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa belanja ke supermarket atau bahkan menanamnya sendiri di rumah. Jus kale sangat baik untuk membantu mengatasi anemia karena kandungan zat besi di dalamnya.

Setiap 100 gram sayur kale, terdapat kandungan zat besi sebanyak 1,59 mg. Bagi yang belum pernah merasakannya, memang sedikit aneh. Untuk mengakalinya, silahkan bisa tambahkan buah – buahan seperti apel maupun pisang.

6.Jus Bit

Bit juga tergolong dalam jenis sayur – sayuran yang di dalamnya terdapat banyak kandungan zat besi. Bit bisa menjadi referensi Anda untuk membuat jus dalam upaya meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah.

Setiap 100 gram bit, terdapat kandungan zat besi sebanyak 1 mg. Selain itu, bit juga terdapat kandungan zat lain seperti vitamin B1, vitamin B2, serat dan vitamin C. Jus Bit juga sangat cocok untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, bisa ditambahkan buah jeruk, wortel dan juga madu murni.

7.Jus Buah Prunes

Buah Prunes mempunyai sebutan lain yakni buah plum. Namun buah plum disini kondisinya sudah dikeringkan terlebih dahulu, bukan buah plum yang fresh. Setiap setengah cup buah prunes, terdapat kandungan zat besi sebanyak 1,9 mg.

Di dalam buah prunes, juga terdapat kandungan zat lain seperti serat, vitamin K, dan kalium. Rasa jus buah prunes akan semakin mantap jika Anda tambahkan bayam dan pisang.

8.Jus Semangka

Buah semangka memiliki banyak kandungan air sehingga bisa mengatasi dahaga saat cuaca sedang panas – panasnya. Untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, Anda juga bisa mengkonsumsi jus semangka yang kaya akan kandungan vitamin A.

Karena rasa semangka yang sudah enak dan dominan, Anda tak perlu menambahkan buah ataupun sayur sebagai tambahan. Bosan mengkonsumsi semangka secara langsung, membuat jus semangka sangat direkomendasikan untuk mendapatkan sensasi lain.

9.Jus Mangga

Mangga ternyata memiliki banyak kandungan vitamin A di dalamnya yang mana bisa membantu zat besi dalam proses produksi sel darah merah. Meskipun buah ini tergolong dalam kategori musiman, untuk mendapatkannya pun tidaklah sulit.

Agar jus mangga terasa lebih enak dan nikmat, sebelumnya Anda bisa membekukan terlebih dahulu buah mangga yang hendak dibuat jus. Selain itu juga bisa tambahkan yogurt untuk mendapatkan rasa yang lebih creamy layaknya es krim.

10.Jus Aprikot Kering

Aprikot yang sudah dikeringkan, memiliki kandungan vitamin A yang lebih besar jika dibandingkan dengan yang masih segar. Anda bisa membuat jus aprikot kering untuk membantu mengatasi masalah tekanan darah rendah.

Setiap 40 gram apricot kering, terdapat kandungan zat besi sebanyak 1,08 mg. Bahan tambahan lain yang direkomendasikan adalah jeruk dan worter untuk menambah rasa serta nutrisi di dalamnya.

Bahan Tambahan Pada Jus untuk Penambah Darah

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti :

  • Almond butter dengan takaran 16 gram yang mana di dalamnya terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,5 mg.
  • Biji bunga matahari dengan takaran 40 gram yang mana di dalamnya terdapat kandungan zat besi sebanyak 2,7 mg
  • Chia Seeds dengan takaran 30 gram yang mana di dalamnya terdapat kandungan zat besi sebanyak 2,7 mg.
  • Biji wijen dengan takaran 28 gram yang mana di dalamnya terdapat kandungan zat besi sebanyak 1,78 mg.

Asupan Zat Besi Harian yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Setiap harinya, tubuh membutuhkan zat besi setidaknya 100 mg hingga 200 mg terkhusus bagi penderita anemia. Perlu Anda pahami baik – baik, bahwa jumlah tersebut memang lebih banyak jika dibandingkan dengan banyak suplemen yang Anda temui di pasaran.

Untuk membantu mengobati anemia, biasanya dokter akan membuatkan resep berupa suplemen atau obat yang terdapat kandungan zat besi tinggi di dalamnya. Namun para penderita anemia tetap saja disarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi alami melalui berbagai makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi sehari – hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

ilustrasi kanker hati

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Linamasa.com – Hati merupakan organ yang memiliki peran untuk membasmi racun yang terdapat di dalam …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.