...
mekanik-sedang-memperbaiki mesin mobil
Freepik/standret

Service Mobil: Berdasarkan Jarak atau Waktu Tempuh?

Linamasa.com – Bagi Anda yang memiliki mobil, melakukan perawatan rutin menjadi hal yang harus diperhatikan untuk menjaga performanya secara keseluruhan. Namun sampai saat ini masih banyak yang merasa bingung dalam menentukan kapan waktu untuk service berikutnya, apakah berdasarkan dengan waktu atau jarak tempuh mobil?

Menurut keterangan yang diberikan oleh Suparna (Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak) bahwa pemilik mobil harus melakukan service secara rutin setidaknya setelah mencapai 10.000 km dan kelipatannya.

“Meskipun kebanyakan dari catatan service hanya berdasarkan jarak tempuh yang ada pada odometer, sebaiknya juga memperhatikan waktu bukan hanya berpedoman pada kilometer saja. Pada umumnya, kebanyakan pemilik mobil bisa melakukan service minimal setiap 6 bulan sekali,” Suparna (Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak).

Biasanya, jika mobil sudah digunakan dalam waktu enam bulan, pasti akan ada perubahan pada kekentalan dari oli mesin. Dampaknya akan berpengaruh langsung pada performa mobil itu sendiri. Bagi pengguna mobil di daerah perkotaan akan membuat sistem pelumasan dan ruang bakar mobil menjadi mudah terkontaminasi hingga berkerak.

Artinya, meski jarak tempuh juga bisa dijadikan sebagai patokan, tapi ada baiknya meskipun belum mencapai 10.000 km dan secara waktu sudah mencapai enam bulan, langsung saja melakukan service mobil.

[irp posts=”785″ name=”3 Cara Penting Mengatasi Kredit Mobil Macet”]

Beberapa Komponen Mobil yang Diperiksa Saat Service

Saat melakukan servis rutin, terdapat beberapa komponen yang akan dilakukan pengecekan lebih lanjut, antara lain seperti oli mesin dan filternya, saringan AC yang terdapat di dalam kabin mobil, saringan udara, busi, garden, oli transmisi, minyak rem, cairan pendingin mesin, jumlah air aki, minyak power steering dan lain sebagainya sesuai dengan keluhan yang disampaikan saat service.

Hal – Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Service Mobil

Banyak orang yang berperilaku pasrah saat datang ke bengkel mobil untuk service. Hal ini sebenarnya tidak direkomendasikan sama sekali. Pada dasarnya Anda kan service harus mengeluarkan uang untuk pelayanan jasanya, jadi harus benar – benar dimanfaatkan secara maksimal. Beberapa hal yang harus Anda lakukan saat service mobil di bawah ini bisa dicoba :

1.Utarakan Semua Keluhan yang Anda Rasakan Selama Menggunakan Mobil

Tak perlu sungkan untuk menyampaikan keluhan apa saja yang Anda rasakan selama berkendara. Jika ada hal yang kurang nyaman dan menurut Anda perlu disampaikan, sampaikan saja ke bagian administrasinya, agar bisa dicatat dan ditindaklanjuti. Terlihat sepele, tapi sangat bermanfaat pada mobil Anda.

Montir yang memberikan penanganan hanya akan melakukan pengecekan pada komponen dasar sesuai SOP saja. Jadi kemungkinan kecil mereka mengetahui keluhan yang Anda rasakan selama menggunakan mobil tersebut.

[irp posts=”1565″ name=”Filter Oli Mesin Mobil Mulai Aus, Pahami Ciri Fisiknya”]

2.Jangan Malu untuk Bertanya

Apapun yang Anda ingin tanyakan, silahkan sampaikan kepada pihak bengkel. Mulai dari cara perawatan mobil yang benar, komponen apa saja yang akan dilakukan pengecekan selama proses service, berbagai kendala yang Anda alami dan solusinya hingga informasi – informasi penting lain seperti estimasi tagihan biaya service maupun berbagai program diskon. Lumayan kan jika kebetulan ada program diskon, tinggal penuhi saja syarat dan ketentuannya.

3.Lakukan Pengecekan Secara Rinci Pada Invoice Tagihan

Melakukan pengecekan secara rinci pada invoice tagihan sangat penting untuk mencegah kesalahan termasuk penggantian komponen tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Jika ada poin yang tak Anda ketahui silahkan tanya lebih lanjut. Setelah oke, barulah Anda bayar tagihan tersebut.

Mulai sekarang, tak usah merasa bingung lagi ya. Penjelasan di atas sudah bisa menjawab kegalauan Anda selama ini untuk melakukan service berkala.

[irp posts=”1407″ name=”Kode Pada Ban Mobil, Ternyata Ada Maknanya”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Surat suara Pemilu 2024

Pemilu 2024 Semakin Dekat, Ini 5 Warna Surat Suara Pemilu 2024

Linamasa.com – Ada hal yang perlu diperhatikan secara khusus dalam proses pemilihan ini, yaitu penggunaan …