...
pria jas hitam
Freepik/valuavitaly

10 Rekomendasi Gaya Rambut Pria 2022 dan Cara Merawatnya

Linamasa.com – Untuk mendapatkan penampilan yang lebih segar, kekinian dan berbeda, mengubah gaya rambut bisa jadi salah satu solusi. Setiap tahun, perubahan tren gaya rambut memang seringkali menjadi sorotan. Tak hanya pada wanita saja, namun gaya rambut pria pun tak kalah ramai dibicarakan.

Gaya rambut pria memberikan pengaruh yang sangat besar pada penampilan secara keseluruhan. Agar lebih stylish dan fashionable, seorang pria harus memperhatikan tatanan gaya rambutnya. Selain bisa meningkatkan rasa percaya diri, tampil maksimal juga bisa meningkatkan level dan profesionalitas seorang pria.

Model dan Gaya Rambut Pria Sepanjang Tahun 2022

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi tatanan gaya rambut yang booming sepanjang tahun 2022.

1.Comma Hair

Bagi Anda yang sering nonton drama korea, pasti sudah tak asing lagi dengan tatanan gaya rambut satu ini. Comma hair kini sedang tren di kalangan anak muda. Namun perlu diperhatikan, untuk gaya rambut comma hair harus disesuaikan dengan bentuk wajah dan dukungan wajah secara keseluruhan.

Model Comma hair sangat cocok untuk jenis wajah asia dan dalam hal penataan juga lebih mudah. Untuk menciptakan lengkungan yang ada pada bagian poni seperti halnya bentuk koma, Anda hanya perlu melakukan teknik blow dry saja.

Bagi Anda yang senang dengan tatanan rambut yang cenderung trendy, gaya comma hair bisa jadi pilihan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari – hari.

2.Medium Long Hair

Tatanan gaya rambut medium long hair cenderung menampilkan rambut gondrong. Jika Anda memiliki rambut gondrong, tak perlu khawatir nih karena menjadi tren di tahun 2022 ini. Gaya rambut gondrong tanggung bisa dibentuk dengan cara memberikan sentuhan layered, sehingga tetap menonjolkan bentuk wajah Anda. Untuk memaksimalkan gaya rambut satu ini, Anda juga bisa menambahkannya dengan cat rambut seperti gray blending atau pun warna natural.

3.Man Bun

Masih seputar rambut gondrong, gaya rambut man bun juga banyak digemari sepanjang tahun 2022. Jika Anda sudah mempunyai rambut yang gondrong, bisa langsung menatanya secara mandiri tanpa bantuan jasa salon.

Silahkan sisir terlebih dahulu sampai rapi, kemudian ikat ke bagian belakang layaknya ponytail, kemudian bisa Anda lilitkan menjadi semacam cepol. Gaya rambut satu ini justru mampu meningkatkan looking yang manly.

4.Mullet

Gaya Rambut mullet sempat laris di era 80 hingga 90 an. Kini di tahun 2022, mullet menjadi booming kembali dan banyak digunakan oleh kawula muda. Ciri khas dari gaya rambut mullet adalah menampilkan bagian samping kanan dan kiri yang dibuat tipis, sementara pada bagian belakang dibiarkan panjang begitu saja

5.Samurai Bun

Samurai bun mirip dengan gaya rambut man bun, hanya saja yang membedakan adalah pada bagian pinggir kanan dan kiri terlihat lebih tipis. Aksen yang diterapkan adalah layered, sehingga membuat rambut menjadi lebih terkesan bertekstur dan bervolume. Dengan membiarkan brewok menjadi lebat, akan membuat wajah Anda semakin tegas dan gagah.

6.Undercut

Gaya rambut undercut selalu populer dari tahun ke tahun. Bahkan bertahun – tahun pun gaya rambut ini masih saja bertahan dan digunakan oleh para pria. Selain bisa menunjukkan kesan rapi, gaya rambut undercut juga membuat Anda semakin stylish.

Potongan rambut ini menonjolkan bagian bawah rambut yang tipis dan bagian atas dibiarkan tebal dan agak panjang. Proses menatanya pun tak butuh waktu lama, tingga oleskan pomade dan rapikan menggunakan tangan sudah oke banget.

7.Pompadour

Pompadour lebih cenderung ke tatanan rambut yang dandy. Tatanan rambut seperti ini mampu menonjolkan kesan rapi dan stylish. Bagi Anda yang mempunyai kriteria rambut tebal dan bergelombang, sangat cocok jika menerapkan pompadour. Agar penampilan makin maksimal, gunakan teknik blow dry atau bisa juga dengan langsung mengusirnya ke bagian belakang.

8.Buzz Cut

Buzz cut merupakan gaya rambut pendek dan simpel. Gaya rambut ini seperti layaknya seorang abri karena tampil cepak. Pada bagian samping dan bawah dipotong sampai tipis, sedangkan bagian atas dibuat pendek. Potongan gaya rambut ini bisa diaplikasikan pada para pelajar atau pun para pria yang suka dengan tampilan praktis.

9.French Crop

Hampir sama dengan gaya rambut buzz cut, French crop juga menampilkan bagian samping dan bawah yang sangat tipis. Namun bagian atasnya dibiarkan tebal. Poni dibuat lebih rata dengan jarak kurang lebih 1,5 cm dari alis.

10.Curtain Bangs

Curtain bangs sempat populer di era 90 an dan pada tahun 2022 kembali booming. Tatanan rambut satu ini menunjukan bagian poni yang dibiarkan panjang dan dibentuk belah tengah. Panjang poninya sendiri dibuat hingga menyentuh alis.

Selain itu, ada beberapa gaya rambut lain yang tak kalah populer di sepanjang tahun 2022 seperti High Fade, Burr Cut, Ivy League Cut, Bowl Cut, Messy Hair, Soft Layer, dan Side Bangs.

Cara Merawat Rambut Pria agar Tetap Sehat

Beberapa cara merawat rambut di bawah ini bisa Anda terapkan agar tetap memiliki rambut sehat dan tak muncul berbagai masalah pada rambut.

Hindari Kebiasaan Keramas Setiap Hari

Meskipun tujuan keramas adalah untuk menjaga kebersihan rambut, namun keramas tak direkomendasikan dilakukan setiap hari. Kandungan SLS yang ada pada shampoo, membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya. Jika Anda keramas setiap kali mandi, rambut yang kering dan kasar pun akan menjadi permasalahan yang seringkali dihadapi.

Setidaknya, keramas bisa dilakukan setiap dua hari sekali saja atau saat Anda selesai melakukan aktivitas berat seperti olahraga.

Hindari Menggosok Rambut Terlalu Keras dan Kasar

Menggosok rambut setelah keramas dengan keras dan kasar, ternyata bisa membuat rambut cepat rontok dan merusakan bagian lapisan kutikula. Selain itu, hindari pemakaian hair dryer terlalu berlebihan, karena bisa memicu rambut menjadi lebih kering.

Anda bisa menepuk – nepukkan dengan halus dan mengangin – anginkannya saja agar tak mudah rontok. Kemudian gunakan sisir dengan gerigi jarang.

Aplikasikan Conditioner

Untuk menjaga kelembaban rambut, menggunakan conditioner setelah keramas sangat direkomendasikan. Tak hanya ampuh untuk melembabkan rambut saja, namun juga bisa menjaga kelembaban kulit kepala.

Rutin Memangkas Rambut

Bagi Anda yang suka penampilan rambut yang panjang dan gondrong, memangkas rambut tetap harus dilakukan. Tujuannya adalah membuang ujung rambut yang rusak dan juga bercabang.

Hindari Penggunaan Banyak Produk Rambut Secara Bersamaan

Anda harus membatasi penggunaan produk perawatan rambut untuk mencegah kerusakan. Misalnya saja seperti penggunaan gel, semprotan berwarna hingga pomade. Berbagai kandungan kimia pada produk perawatan rambut bisa memicu kerusakan dan kerontokan pada rambut.

Hindari Kebiasaan Mewarnai Rambut

Pewarnaan rambut yang seringkali dilakukan, bisa membuat rambut Anda menjadi rusak. Jika ingin ganti warna rambut, setidaknya istirahatkan terlebih dahulu dalam beberapa bulan. Rajin lakukan pemotongan bagian ujung rambut agar tetap sehat.

Pastikan Mengkonsumsi Makanan yang Bisa Menutrisi Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan, perhatikan asupan nutrisi seperti protein, vitamin C, zat besi, vitamin E, Zinc dan hindari dari segala macam aktivitas yang memicu tingkat stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

pakaian adat masyarakat Bali saat upacara keagamaan pura Indonesia

Mengenal Budaya dan Adat Istiadat Suku-suku di Indonesia

Linamasa.com – Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang sangat kaya, pada setiap daerah di Indonesia memiliki …

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.