...
naik tangga
Freepik/ArthurHidden

Ingin Pinggul Jadi Lebih Slim, Lakukan Beberapa Gerakan Ini

Linamasa.com – Memiliki pinggul yang lebih besar daripada bagian pinggang, membuat banyak orang merasa tak nyaman dan terganggu. Masalah paling sering terjadi adalah saat membeli celana panjang maupun celana pendek.

Misalnya saja kesulitan saat mendapatkan ukuran yang pas. Saat menemukan ukuran celana dengan ukuran pinggang yang pas, ternyata pada bagian pinggul sangat ketat sehingga tak nyaman. Selain itu, jika menemukan ukuran celana dengan ukuran pinggul yang nyaman, ternyata pada bagian pinggang kebesaran. Inilah masalah yang membuat banyak orang pusing.

Untuk mengatasinya, salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengecilkan bagian pinggul. Beberapa olahraga bisa dilakukan untuk mendapatkan ukuran pinggul sesuai keinginan.

Tumpukan lemak yang ada pada bagian pinggul dan bokong, juga menjadi pemicu seseorang kurang percaya diri saat berpenampilan.

[irp posts=”1833″ name=”Otot Dada Ingin Terbentuk, Beberapa Latihan Simpel Ini Sangat Efektif untuk Dicoba”]

Gerakan ini bisa dicoba untuk mendapatkan ukuran pinggul ideal :

1.Gerakan Squat

Gerakan squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang biasa digunakan untuk membantu mengencangkan bagian otot betis, otot paha, otot bokong hingga otot pinggul. Cara melakukan gerakan ini ialah :

  • Silahan memposisikan tubuh berdiri tegak dengan kaki terbuka ke samping kira – kira selebar bahu.
  • Kemudian rentangkan kedua tangan Anda ke bagian depan. Boleh mengaitkan kedua tangan tersebut atau pun membiarkannya lurus dengan lepas. Jangan lupa untuk membuat otot perut menjadi lebih kencang semabri melakukan aktivitas tarik napas dalam – dalam.
  • Tekuk kedua bagian tungkai dan coba untuk mendorong bagian bokong ke belakang seperti layaknya hendak duduk. Kira – kira posisi bokong dan paha setinggi lutut.
  • Untuk bagian bahu dan punggung, usahakan pada posisi tegak serta memposisikan telapak kaki menjejak sempurna pada lantai.
  • Anda bisa menahan posisi tersebut beberapa detik dan kembali berdiri tegak.
    Ulangi gerakan tersebut setidaknya sebanyak 10 kali hingga 15 kali dalam beberapa menit.
[irp posts=”1805″ name=”Ingin Menguatkan Otot Kaki, Lakukan Gerakan Berikut Ini”]

2.Gerakan Lunges

Gerakan ini bisa dianggap mirip dengan gerakan squat. Lunges difokuskan untuk membuat bagian otot pinggul, otot bokong dan otot paha menjadi lebih kencang. Gerakan Lunges ternyata bisa dilakukan dengan beberapa variasi lho. Beberapa gerakan yang harus Anda lakukan antara lain :

  • Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kaki terbuka, namun lebarnya harus lebih lebar dari pundak.
  • Silahkan kencangkan perut.
  • Kemudian Anda bisa menekuk bagian tungkai sebelah kanan sambil membuat tubuh menjadi ke depan, searah dengan tungkai yang ditekuk. Silahkan tekuk hingga bagian paha dan bagian bokong sejajar dengan lantai.
  • Selanjutnya Anda bisa mulai menahan posisi tersebut beberapa detik dan kembali berdiri dengan tumpuan kaki bergantian. Setelah kiri, selanjutnya nanti ganti tumpuan pada kaki kanan.
  • Terakhir, Anda bisa mengulangi gerakan tersebut sebanyak 12 kali hingga 16 kali secara bergantian.
[irp posts=”333″ name=”5 Cara Mengecilkan Perut Dengan Mudah”]

3.Gerakan Naik Turun Tangga

Gerakan naik turun tangga ternyata sangat efektif digunakan untuk membakar lemak tubuh secara keseluruhan. Selain itu, gerakan ini juga 3 kali lipat lebih efektif membakar lemak jika dibandingkan dengan berjalan kaki. Selain itu, bagian otot bokong dan juga pinggul bisa menjadi lebih kencang serta kuat.

Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai gerakan naik turun tangga untuk menghindari cedera pasca melakukan gerakan tersebut.

4.Gerakan Leg Raise

Gerakan ini bisa Anda lakukan dengan berbaring. Gerakan mengangkat tungkai, sangat tepat dalam membantu membentuk pinggul menjadi lebih kuat dan slim. Berikut gerakan yang bisa Anda lakukan :

  • Silahkan berbaring menyamping ke bagian kanan. Posisi tubuh bagian kanan ada di bagian bawah.
  • Silahkan luruskan tungkai Anda.
  • Angkat bagian tungkai secara perlahan dengan ketinggian sesuai kemampuan. Jangan lupa untuk menjaga bagian perut dan bagian pinggul agar tetap stabil. Pastikan kedua tungkai selalu dalam posisi lurus selama melakukan gerakan tersebut.
  • Saat posisi tungkai sedang di atas, silahkan tahan 2 detik hingga 5 detik. Kembali ke posisi semula dengan perlahan ya.
  • Silahkan ulangi gerakan tersebut minimal adalah 10 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.
    Selanjutnya Anda bisa memposisikan tubuh berbaring menyamping ke kiri dengan gerakan yang sama.
[irp posts=”1739″ name=”Olahraga untuk Mengecilkan Perut, Ini Dia Pilihan yang Bisa Dicoba”]

Dengan melakukan gerakan ini secara rutin minimal seminggu 3 kali. Dalam waktu beberapa bulan saja, Anda bisa mendapatkan hasil yang nyata.

5.Gerakan HIIT

Gerakan ini termasuk dalam kategori latihan kardio berjeda. Anda bisa mengkombinasikan beberapa gerakan cepat dengan gerakan lambat ya.

Misalnya saja dengan melakukan squat jam selama 30 menit hingga 90 menit. Kemudian berjalan santai dengan kurun waktu yang sama, kembali lagi melakukan squat jam dan seterusnya sesuai dengan kemampuan ya.

Konsistensi dalam beberapa latihan di atas akan sangat berpengaruh pada seberapa lama Anda bisa mendapatkan hasilnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

naik tangga

Ingin Olahraga, Dari Rumah Saja Lebih Praktis

Linamasa.com – Rutin berolahraga menjadi salah satu kunci untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, …