...
blackhead jerawat
Freepik

Geram Karena Masalah Blackhead, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Linamasa.com – Blackhead atau yang dikenal sebagai komedo hitam merupakan tonjolan dengan bentuk kecil berwarna gelap yang ada di permukaan kulit karena akibat dari tersumbatnya bagian pori – pori kulit. Pada umumnya, Blackhead muncul pada bagian permukaan wajah sehingga bisa mengurangi rasa percaya diri.

Tapi pada bagian lain juga seringkali ditemukan seperti bagian tangan, bahu, leher, dada, hingga punggung. Keberadaan Blackhead pada permukaan kulit tak menimbulkan rasa nyeri sedikitpun seperti halnya jerawat. Untuk itu, jika sampai wajah Anda ditumbuhi Blackhead, pasti akan sangat mengganggu penampilan dalam beraktivitas sehari – hari.

Penyebab Munculnya Blackhead Pada Beberapa Bagian Tubuh

Blackhead bisa terbentuk seiring berjalannya waktu karena ada penumpukan sel kulit mati berlebih dan juga minyak pada bagian folikel rambut di permukaan kulit. Penumpukan tersebut, lalu akan membentuk tonjolan ke luar pori – pori dan mulai muncul Blackhead setelah teroksidasi secara langsung oleh udara.

Ternyata ada beberapa faktor yang harus Anda semua pahami, yang mana bisa memicu peningkatan resiko munculnya Blackhead pada permukaan kulit. Beberapa faktor tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Terjadinya iritasi pada bagian folikel rambut.
  • Adanya produksi minyak pada permukaan kulit yang berlebih.
  • Terjadi penumpukan bakteri yang biasa disebut Propionibacterium acne di permukaan kulit.
  • Adanya perubahan pada hormone, misalnya saja seperti datangnya menstruasi atau bisa juga efek samping dari konsumsi pil KB hingga berbagai obat – obatan tertentu.

Selain itu, terdapat faktor penyebab lainnya seperti gaya hidup yang tak sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu sehingga memicu peningkatan munculnya Blackhead pada permukaan kulit.

Beberapa makanan tersebut misalnya saja seperti makanan yang banyak terdapat kandungan gula hingga produk olahan susu. Kendati demikian, untuk bisa memastikannya lebih lanjut, diperlukan penelitian berkelanjutan.

Cara Mengatasi Masalah Blackhead

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan cara mengatasi Blackhead, hal pertama yang wajib Anda pahami adalah jangan sekali – kali memencet hingga mengeluarkan Blackhead secara paksa. Alih – alih bisa membuat Blackhead menjadi membaik atau sembuh, memencetnya bisa meningkatkan resiko peradangan hingga masalah lainnya pada kulit.

Pasalnya, selama proses pemencetan dilakukan, banyaknya bakteri yang ada pada tangan bisa berpindah selama Anda mengeluarkan Blackhead secara paksa.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah munculnya Blackhead pada kulit :

1.Memanfaatkan Produk Kecantikan yang Terdapat Kandungan Asam Salisilat

Saat memutuskan untuk membeli produk kecantikan kulit, ada baiknya jika Anda memilih produk yang di dalamnya terdapat kandungan asam salisilat (salicylic acid).

Kandungan bahan tersebut, bisa membantu mengatasi dan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk hingga membersihkan minyak berlebih. Dengan begitu, adanya Blackhead akan hilang secara bertahap.

2.Menggunakan Krim Retinoid

Krim yang di dalamnya terdapat kandungan retinoid bisa membantu membuka bagian pori – pori kulit sehingga bisa memicu proses regenerasi kulit. Krim yang mengandung retinoid dibuat menggunakan vitamin A.

Tidak heran krim jenis ini menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengatasi Blackhead meski tanpa resep dokter.

Perlu Anda pahami, penggunaan krim retinoid, bisa membuat kulit lebih sensitif saat berinteraksi secara langsung dengan sinar UV. Jadi disarankan, untuk mengaplikasikannya pada wajah, waktu paling tepat adalah malam hari sebelum Anda tidur atau sesuai dengan anjuran yang telah diberikan oleh pihak dokter.

3.Melakukan Chemical Peeling

Metode satu ini termasuk ke dalam salah satu metode yang digunakan dalam rangka perawatan kulit. Hanya saja, selama prosesnya memanfaatkan berbagai bahan kimia seperti asam retinoat, asam glikolat dan asam salisilat.

Selama proses perawatan kulit chemical peeling dilakukan, bagian permukaan kulit paling atas akan mengalami pengelupasan. Hasil akhirnya, Blackhead akan bersih karena sudah terangkat. Kulit mati bersih maksimal dan permukaan kulit menjadi lebih halus.

4.Menjalani Terapi dengan Memanfaatkan Lase

Terapi laser adalah salah satu metode yang digunakan dalam dunia kecantikan dengan cara menembakkan laser ke bagian permukaan kulit untuk mengurangi adanya produksi minyak berlebih hingga membantu membunuh bakteri yang ada pada permukaan kulit.

Salah satu kelebihan dengan menggunakan terapi laser adalah untuk membantu mengatasi Blackhead. Prosesnya pun sangat aman, karena bisa menjangkau lapisan kulit terdalam tanpa harus melakukan perusakan pada lapisan kulit teratas.

Tips Mencegah Datangnya Kembali Blackhead

Selain mengatasi Blackhead, Anda juga harus memperhatikan cara mencegah Blackhead agar tak datang kembali. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan untuk meminimalisir munculnya Blackhead :

  • Cuci muka Anda setidaknya 2 kali dalam sehari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur malam.
  • Cukup bersihkan wajah dengan ujung jari saja. Tak perlu memanfaatkan spons maupun sikat yang bisa memicu resiko iritasi pada kulit.
  • Hindari aktivitas yang beresiko terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Hindari kebiasaan menyentuh wajah yang bisa meningkatkan resiko transfer bakteri.
  • Pilih produk kecantikan kulit yang tidak terdapat kandungan alkohol.
  • Gunakan jenis pembersih wajah tertentu dengan memanfaatkan scrub bertekstur lembut. Silahkan untuk menghentikannya jika penggunaan scrub menciptakan resiko iritasi.
  • Gunakan produk skin care non comedogenic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

telapak tangan

Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Gatal, Apa Penyebabnya?

Linamasa.com – Kulit tangan pada umumnya dapat berganti kulit dengan sendirinya. Namun tahukah Anda, pergantian …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.