...
motor yamaha vixion
Wikipedia

Oli yang Bagus untuk Motor Yamaha Vixion Semua Tahun

Linamasa.com – Oli menjadi salah satu komponen penting untuk menjaga performa pada motor yang harus diperhatikan. Selain rutin menggantinya secara berkala, pemilihan oli yang tepat untuk jenis motor Anda pun juga harus diperhatikan.

Jika penggantian oli tidak dilakukan, kerusakan pada berbagai komponen motor pun akan terjadi sehingga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Perubahan performa akan sangat jelas timbul perbedaan saat bulan pertama setelah penggantian oli hingga bulan – bulan berikutnya.

Yang awalnya enak saat dibawa untuk berakselerasi, sedikit demi sedikit mulai berubah menjadi bersuara kasar sampai dengan tarikannya terasa kurang halus.

Agar performa bisa maksimal, jenis oli yang dibutuhkan pada setiap kendaraan bermotor pun berbeda – beda. Misalnya saja pada motor Yamaha Vixion, oli yang digunakan dari bawaan pabrik biasanya pakai merk Yamalube. Namun sebagian orang juga masih ada yang mengeluh meski menggunakan oli bawaan pabrik.

Meskipun oli pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yakni memberikan pelumas pada komponen mesin agar tak terjadi keausan saat bekerja karena terjadi gesekan, namun menentukan pilihan yang tepat akan meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara.

[irp posts=”1565″ name=”Filter Oli Mesin Mobil Mulai Aus, Pahami Ciri Fisiknya”]

Beberapa referensi oli yang bagus untuk motor Yamaha Vixion :

1.Yamalube

Pabrikan Motor Yamaha, biasanya akan merekomendasikan penggunaan oli merk Yamalube untuk digunakan karena memang bawaan dari pabrik. Namun beberapa orang ada yang berpendapat bahwa penggunaannya saat bulan pertama dan kedua setelah pembelian unit baru masih terasa enak – enak saja.

Namun setelah berjalan 3 bulan dan seterusnya, meskipun diganti dengan oli yang baru pun akselesarinya timbul perbedaan. Kondisi ini mungkin akan berbeda – beda pada setiap pengguna, tergantung penilaian dan pandangan masing – masing individu.

2.BM 1

Oli bermerk BM 1 dianggap sangat cocok digunakan untuk jenis motor Yamaha Vixion, terlebih lagi jika daerah yang sering dilalui adalah daerah rawan macet. Dari pengalaman para pengendara Yamaha Vixion saat menggunakan oli BM 1, terbukti bisa membuat mesin tidak mudah panas, tarikannya lebih halus dan bisa membantu mengurangi suara kasar selama penggunaan. Kekurangan yang dirasakan dari penggunaan oli BM 1 hanya pada akselerasinya yang dirasa tak terlalu banyak tambahan.

[irp posts=”1780″ name=”Hobi Sunmori, Tips Bersepeda Jarak Jauh Ini Bisa Jadi Referensi”]

3.Motul Ester 5100

Jika dibandingkan dengan penggunaan oli Yamalube, Motul Ester 5100 dianggap lebih sempurna. Mulai dari suara yang ditimbulkan selama pengoperasian gigi hingga napas mesin bisa lebih halus dan nyaman. Dari beberapa orang yang sudah menggunakannya, oli ini memang diciptakan khusus dan digunakan banyak para pembalap lokal.

Selain itu, penggunaan oli Motul Ester 5100 bisa memaksimalkan sistem kerja dari mesin saat sedang berkendara. Memang, jika dibandingkan dengan oli pada umumnya, Motul Ester 5100 dibanderol dengan harga lebih mahal yakni lebih dari Rp 100 ribu. Sedangkan oli jenis lain rata – rata dibanderol dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

4.Oli Enduro 4T Racing

Oli Enduro 4T Racing adalah salah satu produk oli yang diciptakan oleh PT Pertamina Tbk. Menurut beberapa pengendara yang sudah menggunakan oli jenis ini, kualitasnya hampir sama dengan oli Motul Ester 5100. Hanya saja, kualitas kenyamanan tak bisa berlangsung lama.

[irp posts=”1716″ name=”Menjaga Rem Tromol Agar Tetap Awet, Berikut Caranya”]

Rata – rata hanya bertahan mulai dari 1 minggu hingga 2 minggu setelah pemakaian. Memasuki minggu ketiga dan seterusnya, suara kasar, tarikan berat hingga mesin mudah panas mulai bisa dirasakan. Tapi tetap saja dari segi kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan oli bawaan pabrik Yamalube.

5.Top 1

Oli jenis ini, direkomendasikan untuk kendaraan vixion yang sudah berumur karena membutuhkan jenis oli yang lebih kental. Dengan menggunakan oli Top 1, bisa membuat sistem pengoperasian mesin menjadi terasa lebih halus dan nyaman saat digunakan.

Menurut beberapa pendapat para pengendara yang menggunakan oli Top 1, memang benar untuk kendaraan Yamaha Vixion yang sudah berumur (tua), bisa terasa lebih nyaman saat menggunakan oli tersebut.

6.Oli Castrol

Untuk merk Castrol, tipe Castrol Power Racing 10W-40 / Castrol Activ 4T 20W 50 dianggap lebih baik karena mampu meningkatkan kinerja mesin dan membuatnya tidak menimbulkan suara yang kasar.

[irp posts=”1676″ name=”Ingin Berkarir Sebagai Ojek Online, Perlengkapan Ini Wajib Dibawa”]

7.Oli Shell

Pada umumnya, shell memang populer sebagai produsen oli dengan kualitas baik yang bisa diaplikasikan ke semua jenis motor termasuk Yamaha Vixion. Dari pendapat para pengguna shell, produk ini sangat tepat digunakan untuk membantu memaksimalkan kinerja dari mesin Yamaha Vixion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

oli mesin

Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Motor Suzuki Satria FU

Linasama.com – Motor Suzuki Satria FU merupakan salah satu motor sport yang dulu sempat menjadi …