...
sepeda parkir
Flickr/Lens_sky05

Hobi Sunmori, Tips Bersepeda Jarak Jauh Ini Bisa Jadi Referensi

Linamasa.com – Untuk menjaga daya tahan tubuh sehari – hari, bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berolahraga. Dari banyaknya pilihan olahraga, bersepeda akhir – akhir ini masih menjadi tren untuk berbagai kalangan. Hobi sunmori pun tak lepas dengan aktivitas bersepeda.

Bagi para hobi sepeda, gowes setiap hari pun tidak menjadi masalah, justru malah bisa menjadi sumber kebahagiaan karena dilakukan dengan hati yang senang.

Selama bersepeda, banyak pemandangan menarik yang bisa kita lihat di sepanjang perjalanan. Memang tidak mengherankan lagi, jika makin banyak orang yang gemar melakukan olahraga bersepeda.

Ditambah lagi, sekarang makin banyak pilihan sepeda dengan desain menarik dan bisa disesuaikan kondisi kantong.

Meskipun gemar bersepeda, tidak semua orang bisa melakukan perjalanan jarak jauh lho. Diperlukan teknik yang tepat agar stamina tetap ON selama perjalanan. Jika Anda ingin sesekali bersepeda dengan rute yang jauh, ada baiknya simak dulu beberapa tips di bawah ini agar stamina tahan dan pastinya tetap nyaman :

1.Biasakan Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Serat

Makan makanan yang kaya akan kandungan serat di dalamnya, dapat membantu para pesepeda untuk menjaga stamina sehingga mampu melalui rute yang jauh. Ada baiknya, saat hendak bersepeda jarak jauh, perut tak boleh dalam keadaan kosong maupun terlalu kenyang.

Anda bisa makan secukupnya saja. Agar tak terlalu kenyang, makan makanan yang kaya serat bisa menjadi salah satu pilihan. H – 1 malam sebelum bersepeda, disarankan untuk mengkonsumsi banyak buah yang dikenal sebagai sumber dari serat. Makanan yang kaya akan serat, bisa dijadikan sebagai sumber energi selama beraktivitas.

2.Siapkan Cemilan untuk Recovery

Selama bersepeda, Anda juga harus menyediakan camilan yang mengandung energi untuk recovery energi. Misalnya saja seperti camilan kue kering hingga energi bar.

3.Pastikan Kebutuhan Istirahat Terpenuhi

Bersepeda jarak jauh tak boleh dilakukan nonstop tanpa istirahat. Harus ada waktu untuk istirahat setelah menempuh jarak tertentu. Kemudian, waktu tidur malam pun harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat saat akan melakukan olahraga sepeda jarak jauh.

4.Pastikan Rute yang Hendak Dilalui Sudah Diatur dengan Baik

Selama Anda latihan, membagi rute bersepeda sangatlah penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah, agar Anda terbiasa dengan segala medan yang dilalui. Jadi saat bersepeda jarak jauh pun tak ada kendala karena sudah menaklukkan segala rintangan dan berbagai jenis rute.

5.Terapkan Sistem Kayuh yang Stabil dan Tak Perlu Tergesa – Gesa

Kunci saat melakukan olahraga sepeda jarak jauh ialah ketahanan fisik yang baik. Agar Anda bisa mempertahankan kondisi fisik, disarankan untuk mengayuh sepeda dengan stabil di sepanjang perjalanan. Tak perlu saling mendahului karena tujuannya bukanlah ajang balapan.

Mengayuh sepeda dengan cara tergesa – gesa, akan membuat tenaga cepat habis. Baiknya, 70 persen detak jantung pada tubuh harus optimal.

6.Pahami Waktu yang Tepat untuk Mengatur Gir Sepeda

Performa yang ditunjukkan oleh seorang pesepeda, memang ditentukan dari beberapa faktor. Salah satunya adalah dalam pengaturan kondisi gir sepeda yang bisa disesuaikan dengan medan yang dilalui. Pastikan selama bersepeda, Anda tak boleh merasakan kayuh yang berat. Saat jalannya menanjak, bisa mengatur gir menjadi lebih ringan.

7.Sering Ganti Posisi Duduk agar Tetap Nyaman

Memperhatikan kenyamanan duduk Anda selama bersepeda sangat penting untuk diperhatikan. Jika sudah merasa tak nyaman, segeralah cari posisi duduk lain yang lebih nyaman hingga mengganti posisi tangan agar tidak capek atau bahkan kesemutan.

8.Hindari Beristirahat Terlalu Lama

Selama bersepeda jarak jauh, istirahat memang sangat penting untuk dilakukan. Namun perlu Anda pahami bersama, bahwa istirahat terlalu lama justru membuat tubuh menjadi sulit untuk beradaptasi kembali. Karena posisi otot kaki sudah terjadi perubahan signifikan. Jadi batasi waktu istirahat Anda untuk menjaga ketahanan dan kekuatan selama bersepeda jarak jauh.

9.Asupan Minum Harus Terpenuhi

Kebutuhan air sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh selama berolahraga. Tapi tak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak, agar perut tak kembung. Kunci untuk mempertahankan energi pada tubuh, Anda harus mempertahankan nutrisi dan juga hidrasi. Pastikan selama kamu bersepeda, harus membawa cadangan air minum yang cukup. Jika tak ingin repot, saat beristirahat bisa mampir ke supermarket, minimarket atau warung.

Konsumsi air putih bisa dilakukan secara berkala, misalnya saja setiap melakukan perjalanan selama 15 menit, setidaknya harus minum sebanyak dua gelas. Jika diakumulasikan, setiap jam Anda harus sudah minum 1 botol air mineral. Dengan begitu, tenaga yang terkuras bisa segera tergantikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

oli mesin

Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Motor Suzuki Satria FU

Linasama.com – Motor Suzuki Satria FU merupakan salah satu motor sport yang dulu sempat menjadi …