...
perut-buncit
Freepik

Olahraga untuk Mengecilkan Perut, Ini Dia Pilihan yang Bisa Dicoba

Linamasa.com – Memiliki perut yang buncit bisa membuat rasa percaya diri semakin berkurang. Selain itu, dari sisi kesehatan juga sangat rentang terjadi masalah. Jika Anda mengalami masalah perut buncit, tak perlu khawatir lagi. Karena pada kesempatan kali ini, ada beberapa cara yang sudah disediakan untuk Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan olahraga secara rutin yang ditujukan untuk membantu mengecilkan perut.

Seseorang bisa mempunyai perut yang buncit jika terjadi penumpukan lemak pada bagian perut. Penumpukan lemak bisa terjadi di sekitar organ perut seperti di dalam rongga perut atau bahkan di bawah kulit.

Terjadinya penumpukan lemak di area perut, dipicu oleh kelebihan kalori. Yang mana kalori dari makanan yang Anda konsumsi, jumlahnya lebih banyak dari jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh untuk diubah menjadi energi.

Selain karena kelebihan kalori, perut buncit juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti sering melakukan kebiasaan gaya hidup yang tak sehat (minum alkohol, jarang olahraga, kurang tidur), stres yang berkepanjangan, menopause, dan berbagai kondisi medis tertentu (seperti hipotiroidisme, sindrom metabolic, sindrom cushing, asites dan obesitas).

 

Jika kondisi perut buncit terus dibiarkan begitu saja dan bahkan semakin membesar seiring berjalannya waktu, tak hanya membuat berat badan menjadi semakin besar, tetapi juga memicu munculnya beragam resiko penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, dan jantung. Oleh karena itu, menjaga berat badan agar tetap ideal wajib dilakukan.

Cara Hilangkan Lemak di Perut

Untuk menghilangkan lemak di perut yang menjadi penyebab perut buncit, Anda bisa melakukan beberapa olahraga berikut ini :

1.Jogging

Jogging (lari santai) sangat mudah dilakukan sehari – hari. Aktivitas fisik satu ini selain praktis ternyata juga sangat efektif dalam membantu untuk membakar lemak bagian perut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan untuk melakukan jogging setidaknya 3 hingga 5 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 20 hingga 30 menit lamanya. Perlu dipahami, untuk lingkar perut ideal seorang pria adalah 90 cm dan wanita adalah 80 cm. Jika sudah melebihi angka itu, segeralah untuk mengagendakan jogging.

2.Berenang

Berenang juga bisa dianggap menjadi salah satu olahraga yang tepat untuk membantu mengecilkan perut secara bertahap. Tak hanya untuk mengecilkan perut saja, berenang juga bisa menjaga otot dan tulang menjadi lebih kuat, membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, meredakan stress hingga memelihara kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga renang bisa dilakukan selama 20 menit hingga 30 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu. Sebelum berenang, jangan lupa untuk menjalani aktivitas pemanasan terlebih dahulu selama 10 menit agar tak terjadi kram atau cedera.

3.Senam Zumba dan Aerobik

Senam aerobik atau pun Zumba sudah terbukti ampuh dalam membakar kalori hingga mengecilkan bagian perut. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari senam aerobik adalah untuk meredakan stress, membantu memperbaiki mood, memperkuat sendi dan juga tulang.

4.Yoga dan Pilates

Gerakan olahraga yoga dan pilates memang sudah sejak lama dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam menjaga ukuran perut agar tak buncit. Selain untuk menghilangkan lemak di bagian perut, olahraga ini juga bisa membuat tubuh menjadi lebih berenergi, lebih sehat, stress bisa hilang dan memperbaiki kualitas tidur.

Latihan Fisik Untuk Mengencangkan Otot Perut

Mempunyai perut yang kecil, menjadi dambaan bagi banyak orang. Namun kecil saja rasanya tak cukup, apalagi bagi para pria. Agar postur tubuh menjadi lebih baik, bagian perut yang kencang dan berotot menambah kesan tersendiri. Berikut ini terdapat beberapa latihan fisik yang bisa membantu mengencangkan otot bagian perut.

Sit up

Sit up menjadi salah satu latihan fisik paling populer dilakukan untuk membantu mengencangkan otot perut. Caranya adalah dengan membaringkan tubuh di lantai atau di atas matras khusus dalam posisi telentang.

Kemudian, tekuklah bagian lutut disertai dengan mengangkat badan ke arah lutut bersamaan dengan pengaturan nafas yang tepat. Anda bisa melakukannya secara perlahan. Setelah mengangkat badan ke arah lutut, kembalilah telentang dan lakukan gerakan tersebut berulang kali. Dalam sehari, setidaknya Anda harus melakukan sit up sebanyak 2 hingga 3 set (per set 10 kali gerakan)

Crunches

Jika dilihat sekilas, gerakan crunches hampir menyerupai gerakan sit up. Hanya saja, posisi tangan diletakkan di atas paha. Kemudian Anda bisa mengangkat tubuh hingga berjarak kurang lebih 8 cm saja dari lantai. Silahkan tahan beberapa detik, baru turun ke posisi semula. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda harus melakukannya sebanyak 10 hingga 20 kali

Plank

Selain sukses untuk membuat otot perut menjadi lebih kuat, plank juga bisa membantu menguatkan otot pada bagian paha depan, lengan dan otot bahu. Sekali gerakan bisa langsung dapat banyak manfaat.

Gerakan plank bisa dilakukan dengan memposisikan tubuh telungkup di lantai. Untuk lengan tangan, silahkan posisikan di samping badan dengan siku tertekuk. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengencangkan otot perut, angkat badan secara perlahan dengan menjadikan lengan bawah sebagai tumpuan.

Pastikan bagian punggung, tumit dan kepala dalam posisi satu garis lurus. Setiap kali gerakan, Anda bisa menahannya selama 20 detik hingga 30 detik.

Perlu Anda pahami, selain melakukan olahraga hingga latihan fisik, Anda juga harus memperhatikan asupan gizi yang masuk dalam tubuh. Pastikan makanan yang Anda konsumsi sehari – hari adalah makanan yang bergizi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

naik tangga

Ingin Olahraga, Dari Rumah Saja Lebih Praktis

Linamasa.com – Rutin berolahraga menjadi salah satu kunci untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, …