han so hee
PramborsFM

Merugikan Kulit, Perawatan Populer Ini Harus Dipahami

Linamasa.com – Berbagai tips kecantikan saat ini memang sangat mudah untuk ditemukan di internet. Namun, perlu dipahami, dalam penerapan tips – tips kecantikan yang diberikan, Anda harus mempertimbangkannya baik – baik. Karena tidak semua informasi tersebut mendatangkan manfaat yang baik.

Terlebih lagi jika karakteristik kulit Anda merupakan tipe kulit yang sensitif. Jadi disarankan untuk lebih berhati – hati dan bijak dalam menyerap informasi sebelum dipraktekan.

Agar Anda tak terjebak dengan beragam informasi yang mungkin saja salah, di bawah ini terdapat informasi tentang perawatan populer yang justru bisa berdampak merugikan kulit seperti dilansir dari unggahan Bright Side.

1.Mengaplikasikan Minyak Kelapa Pada Kulit

Menurut keterangan yang diberikan oleh sejumlah ahli, minyak kelapa sendiri mempunyai sifat comedogenic. Artinya, bahan ini secara alami akan memicu terjadinya penyumbatan pada pori – pori. Jika penggunaan minyak kelapa dilakukan secara terus menerus, besar kemungkinannya bisa memicu timbulnya komedo dan juga jerawat.

[irp posts=”1220″ name=”5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan”]

Tidak hanya merugikan bagi kulit wajah, namun juga pada kulit tubuh. Daripada menggunakan minyak kelapa dengan resiko penyumbatan pori – pori, akan jauh lebih baik jika Anda memutuskan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang memang dibuat khusus untuk perawatan wajah dan juga kulit.

2.Memanfaatkan lemon untuk Membantu Mencerahkan Kulit

Lemon mempunyai kandungan Ph mulai dari 2 hingga 3 yang mana bisa meningkatkan resiko rusaknya lapisan pelindung kulit. Meskipun pada dasarnya lemon bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit, namun jika lemon dioleskan secara utuh ke kulit dan terpapar sinar matahari langsung akan meningkatkan resiko lecet hingga iritasi.

Sebagai gantinya, ada baiknya jika Anda menggunakan produk skincare yang di dalamnya terdapat kandungan ekstrak lemon. Yang mana sudah jelas – jelas aman untuk digunakan dalam membantu mencerahkan kulit.

3.Memanfaatkan Cuka Apel untuk Masalah Bau Badan

Jika Anda mempunyai masalah bau badan dan mendapatkan tips cara menghilangkannya dengan menggunakan cuka apel, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang. Perlu diketahui, penggunaan cuka apel secara langsung ke tubuh, bisa memicu terjadinya luka bakar pada kulit.

[irp posts=”963″ name=”4 Cara Menguruskan Badan Secara Alami dan Tetap Sehat”]

Dengan sekejap, cuka apel yang terpapar langsung bisa membuat kulit menjadi iritasi. Apalagi jika sebelumnya cuka apel tersebut diencerkan menggunakan tambahan air.

4.Proses Eksfoliasi dengan Memanfaatkan Baking Soda

Eksfoliasi memang sangat tepat dilakukan untuk membantu meremajakan kulit dengan mengangkat kotoran dan kulit mati. Namun prosesnya tak bisa dilakukan secara sembarangan. Penggunaan baking soda selama proses eksfoliasi tidak disarankan.

Dengan menggunakan baking soda, kelembapan kulit bisa menjadi hilang dan memicu terjadinya kondisi kulit kering. Selain itu, kelembapan kulit yang hilang juga berdampak pada memudahkan pertumbuhan bakteri. Jadi, akan lebih baik jika Anda menggunakan produk khusus yang memang ditujukan untuk eksfoliasi. Selain lebih praktis, dari segi keamanan pun tak perlu diragukan lagi.

5.Memanfaatkan Pasta Gigi untuk Membantu Mengempeskan Jerawat

Kebiasaan mengoleskan pasta gigi ke bagian jerawat, tidak dibenarkan. Banyak orang yang salah kaprah mengoleskan pasta gigi dengan tujuan untuk mengempeskan atau mengeringkan jerawat.

Jika cara itu dilakukan secara terus menerus, kulit wajah akan rentan terjadi iritasi hingga terbakar. Kemudian resiko lain seperti ruam juga menjadi lebih besar misalnya ruam populer yang biasa disebut dengan dermatitis kontak.

[irp posts=”791″ name=”4 Cara Mengobati Jerawat Batu dengan Bahan Alami”]

6.Menggunakan Body Lotion untuk Bagian Wajah

Body Lotion dibuat untuk digunakan pada tubuh bukan pada wajah. Namun, faktanya masih banyak orang yang menggunakan body lotion pada wajah. Menggunakan body lotion pada wajah, bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kering dan bahkan sebagian orang juga akan mengalami iritasi.

Penggunaan body lotion pada kulit wajah sensitif ternyata dianggap lebih kebal. Karena kondisi kulit memang lebih tebal sehingga bisa mengatasi berbagai bahan hingga wewangian yang ada pada produk body lotion.

Body lotion yang seringkali digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk, sebaiknya digunakan untuk bagian tubuh saja. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan produk anti nyamuk lainnya yang memang fungsinya digunakan pada wajah. Cara ini jelas – jelas lebih aman dan minim efek samping.

Nah, setelah melihat berbagai penjelasan di atas tentang kesalahan yang sering dilakukan selama proses perawatan sehari – hari, ada baiknya mulai sekarang untuk menghentikannya. Sebelum berbagai resiko buruk menghampiri Anda.

Menggunakan beragam produk kecantikan yang sudah diformulasikan khusus dianggap lebih aman. Dengan catatan Anda juga harus memilih produk skincare yang sesuai dan cocok untuk masing – masing jenis kulit yang dimiliki.

[irp posts=”737″ name=”5 Cara Alami Membersihkan Wajah Agar Terlihat Berseri”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

telapak tangan

Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Gatal, Apa Penyebabnya?

Linamasa.com – Kulit tangan pada umumnya dapat berganti kulit dengan sendirinya. Namun tahukah Anda, pergantian …