...
gedung sate di bandung
arsip Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

67 Tempat Wisata di Bandung yang Hits Kekinian 2023

Linamasa.com – Parisnya Pulau Jawa. Itu lah julukan yang tersemat untuk kota yang satu ini. Ya, karena tempat wisata di Bandung sangat banyak dan memiliki panorama yang luar biasa indah, maka banyak orang yang menjulukinya sebagai Kota Paris-nya Pulau Jawa.

Kota ini terletak di Provinsi Jawa Barat dan berstatus sebagai Ibu Kota Provinsi. Di Indonesia, kota yang memiliki luas sekitar 167 km persegi ini juga berstatus sebagai kota terbesar ketiga dan kota terpadat kedua setelah Jakarta.

Nah, jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk singgah ke Provinsi Jawa Barat, tidak ada salahnya jika Anda turut memasukkan Kota Bandung sebagai salah satu destinasi tujuan wisata.

Daftar Tempat Wisata Terbaru di Kota Bandung dan Sekitarnya

1. Sendang Geulis Kahuripan

Terletak di Daerah CIkalong Wetan, tepatnya di Desa Ganjarsari, Kampung Cilangkap, Sendang Geulis Kahuripan menawarkan daya tarik utama berupa air yang luar biasa jernih untuk berendam. Di sini Anda dapat berendam sembari bermain air seharian.

Selain itu, untuk Anda yang hobi fotografi, tempat ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai lokasi untuk berburu foto underwater lho.

Di hari normal, Sendang Geulis Kahuripan bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi hari sampai dengan pukul 5 sore.

Tiket masuknya relatif terjangkau lho, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja, plus uang parkir.

2. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan salah satu objek wisata instagramable di Bandung yang sedang hits di kalangan anak muda Kota Bandung dan sekitarnya.

Objek wisata alam yang satu ini menawarkan daya tarik utama berupa wilayah perairan berbentuk danau mini berair jernih yang dikelilingi oleh bebatuan besar yang luar biasa eksotis.

Konon, sangking indahnya pemKamungan yang ditawarkan tempat ini, banyak orang yang menjuluki tempat wisata di Bandung yang satu ini sebagai tempat mandinya bidadari surga.

Lokasi Objek Wisata Sanghyang Heuleut ada di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di daerah Cipatat, Raja Mandala sebelah Kulon.

Uniknya, walaupun panorama yang ditawarkannya luar biasa indah, namun biaya tiket masuknya sangat terjangkau lho, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja.

[irp posts=”1651″ name=”Berkunjung ke Kota Bandung, Icip – Icip Kuliner Legendarisnya Tak Boleh Ketinggalan”]

3. Amazing Art World

Amazing Art World terletak di daerah Sukasari, Bandung, yaitu di Jl. Setia Budi Nomor 293. Tempat ini menawarkan daya tarik utama berupa lukisan tiga dimensi yang dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Setidaknya ada tiga zona yang menarik untuk dikunjungi di sini, yaitu Dinosaurus Zone yang menawarkan foto 3 dimensi dinosaurus, Aqua Zone yang menawarkan foto 3 dimensi panorama bawah laut, dan Love Zone yang menawarkan foto 3 dimensi bernuansa romantis.

Tempat wisata kekinian di Bandung yang juga dikenal dengan nama Museum 3 Dimensi Bandung ini beroperasi setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam.

Di hari kerja (senin sampai jumat), harga tiket masuknya dipatok di angka 130 ribu rupiah untuk dewasa, 100 ribu untuk anak sekolah, dan 80 ribu untuk anak-anak. Sedangkan di hari libur, harga tiketnya naik menjadi 170 ribu untuk dewasa, 130 ribu untuk anak sekolah, dan 100 ribu untuk anak-anak.

4. Up Side Down World

Apa jadinya jika semua yang ada di dunia ini terbalik dan Anda satu-satunya yang tidak terbalik. Tentu menarik bukan?

Nah, tempat wisata hits di Bandung yang satu ini menawarkan daya tarik utama berupa suasana tersebut.

Di sini Anda dapat berfoto dengan latar belakang berbentuk perabotan yang tertata rapi namun posisinya terbalik alias seakan-akan ada di atas. Sangat menarik bukan?

Jika Anda berminat untuk hunting foto di sini, lokasinya ada di daerah Dipatiukur, tepatnya di Jl. Haji Wasid Nomor 31, Kec. Coblong, Desa Lebak Gede.

Objek wisata yang juga memiliki cabang di Kota Bali dan Yogyakarta ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 8 malam.

Tiket masuknya relatif cukup terjangkau lho, yaitu hanya 50 ribu untuk anak-anak dan 100 ribu untuk orang dewasa.

[irp posts=”1712″ name=”Nikmatnya Kopi Purnama Legendaris di Bandung Sejak 1930″]

5. Dusun Bambu

Dusun Bambu merupakan salah satu tempat wisata di Lembang Bandung yang cukup populer di kalangan masyarakat.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa sajian panorama alam khas pedesaan beserta dengan menu kuliner super lezat.

Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan dan spot instagramable untuk berfoto.

Terletak di kawasan wisata Lembang, objek wisata ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pagi hingga malam dengan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang.

6. Curug Bugbrug

Khusus untuk Anda yang hobi berkunjung ke objek wisata alam, di Kec. Cisarua, Bandung, tepatnya di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi ada objek wisata air terjun yang masih sangat asri dan menarik untuk dikunjungi.

Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras. Terkadang aliran airnya terdengar seperti gemuruh yang mengeluarkan suara brug…. brug…. sehingga masyarakat sekitar pun menjulukinya sebagai Curug / air terjun Bugbrug.

Tertarik untuk nyekar ke tempat ini? Tenang, tiket masuknya sangat terjangkau kok, yaitu hanya 7.500 rupiah saja per orang.

[irp posts=”244″ name=”Nikmati Keindahan Taman Laut Bunaken, Surganya Para Wisatawan”]

7. Kampung Gajah Wonderland Bandung

Khusus untuk Anda yang berencana untuk jalan-jalan ke Bandung bersama dengan anggota keluarga, Kampung Gajah Wonderland Bandung dapat Anda jadikan sebagai salah satu alternatif destinasi wisata.

Di sini Anda dan keluarga dapat menikmati sajian wisata utama berupa waterboom dan berbagai wahana permainan menarik.

Lokasi Kampung gajah Wonderland ada di Jl. Sersan Bajuri, km 3,8, Cihideung, Kab. Bandung Barat.
Tiket masuknya hanya 15 ribu rupiah per orang di hari kerja dan 20 ribu rupiah per orang di akhir pekan dan hari libur.

8. Gunung Manglayang

Khusus untuk Anda yang ingin mulai menekuni hobi naik gunung, di Bandung ada satu objek wisata yang ramah untuk pendaki pemula, yaitu Gunung Manglayang.

Gunung ini relatif tidak terlalu tinggi, sehingga ramah bagi para pendaki pemula. Walaupun tidak terlalu tinggi, panorama alamnya tergolong sangat indah dan relatif masih sunyi.

Sampai artikel ini ditulis, Gunung Manglayang masih belum dikelola secara komersial sebagai tempat wisata. Karenanya, Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini kapan saja Anda mau secara cuma-cuma alias gratis.

[irp posts=”1691″ name=”Kulineran Ala Vietnam di Indonesia, Ini Rekomendasinya”]

9. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

Anda hobi ngopi sekaligus ingin menenangkan pikiran dengan melihat panorama alam yang masih asri?

Jika ya, objek wisata hits di Bandung yang satu ini sangat pas untuk Anda jadikan sebagai destinasi wisata tujuan.

Saat ini, Lereng Anteng Panoramic Coffee Place merupakan salah satu objek wisata yang sangat hits di kalangan anak muda kota Bandung.

Untuk bisa menikmati panorama alam di sini, Anda tidak perlu membayar tiket masuk lho. Cukup pesan makanan atau minuman seharga 5 – 50 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa duduk santai sembari menenangkan pikiran di sini.

Gimana? Tertarik untuk ngopi di tempat ini? Jika ya, lokasinya ada di daerah Puncak Ciumbuleuit ya.
Daftar Tempat Wisata di Bandung Kota dan Sekitarnya

Khusus untuk Anda yang hanya sekadar singgah di Kota Bandung dan hanya ingin menjelajah objek wisata di pusat Kota Bandung saja, berikut merupakan beberapa objek wisata di Bandung Kota dan sekitarnya yang bisa Anda coba untuk kunjungi.

10. Gedung Sate

Datang ke Bandung masih belum dianggap sah jika belum berfoto dengan latar belakang gedung yang satu ini.

Ya, sangking ikoniknya tempat wisata sejarah di Kota Bandung yang satu ini, banyak orang yang beranggapan orang masih belum dianggap sah pernah berkunjung ke Bandung jika belum berfoto dengan latar belakang Gedung Sate.

Menurut sejarah yang beredar, Gedung Sate dulunya merupakan gedung pemerintahan kolonial BelKamu. Bahkan sampai saat ini pun Gedung Sate masih dioperasionalkan sebagai gedung pemerintahan, tepatnya sebagai kantor Gubernur Jawa Barat.

Nah, jika ingin berkunjung ke sini, lokasinya ada di pusat Kota Bandung, tepatnya di Kec. Bandung Wetan, Kel. Citarum, Jalan Diponegoro No. 22.

[irp posts=”189″ name=”Wisata Yogyakarta yang Digandrungi Anak Muda Zaman Now”]

11. Braga

Anda tentu pernah dengar jika Kota Bandung sering dijuluki sebagai Parisnya Pulau Jawa Bukan?

Nah, menurut informasi yang beredar, julukan Paris van Java disematkan oleh orang-orang terdahulu karena keberadaan bangunan megah yang ada di Jalan Braga ini lho.

Karenanya, jika Anda hobi berkunjung ke objek wisata sejarah sembari berburu foto yang unik dan instagramable, Jalan Braga merupakan tempat wisata di Bandung Kota yang cocok untuk Kamu.

12. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung berlokasi di Jalan Gatot Subroto no 214 Kota Bandung. Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa wahana permainan keluarga.

Dibangun di atas lahan seluas 17 hektar, Trans Studio Bandung merupakan salah satu wahana permainan keluarga terbesar yang ada di Indonesia.

Di tempat ini Anda dapat memacu adrenalin dengan mencoba berbagai macam wahana yang tersedia seperti roller coaster, dsb.

Tiket masuk Trans Studio Bandung memang relatif cukup mahal yaitu mencapai 150 ribu rupiah per orang di hari kerja (senin – jumat) dan 250 ribu rupiah di hari libur dan akhir pekan. Walaupun begitu, fasilitas yang ditawarkan objek wisata ini benar-benar sangat sepadan kok.

Bahkan, walaupun Anda datang dari pagi dan baru pulang pada malam hari, dapat dipastikan Anda tidak akan selesai mencoba seluruh wahana yang tersedia di sini.

[irp posts=”1117″ name=”Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta”]

13. Cihampelas Walk (Ciwalk)

Khusus untuk Anda yang hobi belanja, objek wisata di Bandung yang satu ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

Di sini Anda dapat membeli berbagai macam produk branded sembari menikmati berbagai macam sajian kuliner terkenal.

Terletak di Kec. Coblong, tepatnya Jl. Cihampelas No 160, Ciwalk buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai pukul 10 malam.

14. Museum Konferensi Asia Afrika

Khusus untuk Anda yang suka dengan sejarah, di Kota Bandung terdapat satu objek wisata sejarah yang pernah menjadi saksi terlaksananya salah satu konferensi antar negara terbesar di dunia yaitu konferensi Asia Afrika. Nama objek wisatanya adalah Museum Konferensi Asia Afrika.

Letak objek wisata ini tidak jauh dari Jl. Braga, yaitu di Jl. Asia Afrika No. 65.
Di hari normal objek wisata ini buka pada hari sabtu, minggu, selasa, dan kamis mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Sekedar inforamsi tiket masuk ke museum ini gratis.

15. Masjid Pusdai

Khusus untuk Anda yang beragama muslim dan hendak berkunjung ke objek wisata religi di Kota Bandung, Masjid Pusdai dapat Anda jadikan sebagai salah satu tujuan destilasi wisatamu.

Masjid yang berstatus sebagai masjid pusat dakwah islam se provinsi Jawa Barat ini terletak di Jl. Diponegoro nomor 63.

Biasanya, setiap hari jumat, di halaman masjid ini kerap diadakan pasar kaget yang menjual berbagai macam produk berharga terjangkau.

[irp posts=”130″ name=”Agenda Wajib Saat Berlibur ke Wakatobi yang Bikin Betah”]

16. Babakan Siliwangi

Jika Kota Bogor memiliki hutan kota berupa Kebun Raya Bogor, maka Kota Bandung juga memiliki hutan kota bernama Babakan Siliwangi.

Tempat wisata ini kabarnya telah berstatus sebagai wilayah hutan kota bahkan sejak era pemerintahan Hindia Belanda lho.

Dibuka setiap hari, Tempat Wisata di Kota Bandung yang satu ini terletak di Jl. Tamansari No. 90, Kec. Coblong dan dapat dikunjungi dengan tiket masuk murah meriah seharga 3 ribu rupiah saja.

17. Masjid Al-Imtizaj

Kembali ke daerah Jalan Braga, ada satu objek wisata religi yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Masjid Al-Imtizaj.

Masjid ini sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki desain arsitektur yang unik dan agak berbeda dari masjid kebanyakan.

Ya, arsitektur masjid ini memang tidak seperti arsitektur kebanyakan masjid lainnya dan cenderung lebih mirip seperti kelenteng Tionghoa.

Karenanya, objek wisata ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata baik itu untuk berburu foto maupun untuk sekadar beribadah oleh para wisatawan, terutama wisatawan dari luar daerah Kota Bandung.

18. Taman Film

Di era kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, Kota Bandung menjelma menjadi salah satu kota dengan jumlah taman terbanyak di Indonesia.

Nah, salah satu taman yang dibangun di era kepemimpinan Ridwan Kamil adalah Taman Film. Taman ini menawarkan sajian utama berupa area terbuka yang dilengkapi dengan fasilitas berupa monitor raksasa yang difungsikan sebagai monitor untuk memutar film.

Uniknya, tidak seperti bioskop outdoor yang sedang ngetren saat ini, Taman Film dapat dikunjungi secara cuma-cuma. Bagaimana? Menarik bukan?

Jika Anda sedang lelah dan ingin menyempatkan diri untuk nonton film di taman ini, lokasinya ada di Jl. Layang Pasupati.

[irp posts=”1314″ name=”Indahnya Pesona Padang Rumput Pink di Dunia”]

Tempat Wisata di Bandung Selatan dan Sekitarnya

Khusus untuk Anda yang memang sengaja meluangkan waktu untuk dapat menikmati wisata alam yang ada di Kota Bandung, berikut merupakan beberapa objek wisata alam populer di Bandung Selatan dan sekitarnya yang dapat Anda coba untuk kunjungi:

19. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bandung. Kawah putih ini menawarkan panorama alam berupa kawah putih yang luar biasa eksotis.

Konon, karena pemandangan alamnya yang sangat luar biasa, kawah putih ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk shooting film layar lebar lho.

Di hari normal tempat wisata ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pagi hingga malam.

Tiket masuknya relatif cukup terjangkau yaitu hanya 18 ribu rupiah saja.

20. Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan salah satu objek wisata romantis di Bandung yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan pasangan.

Objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa danau yang cukup asri dan jembatan cinta.
Di sini Anda bisa bersantai bersama pasangan sembari menikmati berbagai macam jajanan kuliner yang tersedia.

Selain itu Anda juga bisa menikmati berbagai macam wahana yang tersedia seperti flying fox, keliling dengan mobil offroad, hunting foto, ngecamp, dll.

Beroperasi setiap hari mulai pagi hingga sore, objek wisata yang terletak di Desa Wanasari, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung ini dibanderol tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu hanya 2.500 rupiah saja.

[irp posts=”1271″ name=”Indahnya Dunia Bahwa Laut di Taman Laut Taka Bonerate”]

21. Sunrise Point Cukul

Khusus untuk Anda yang ingin menyaksikan panorama matahari terbit, di Bandung ada objek wisata yang cocok untuk kamu, yaitu Sunrise Point Cukul.

Objek wisata ini terletak di Daerah Sukaluyu, tepatnya di Jl. Cukul, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Selain menikmati panorama sunrise, di tempat ini Anda juga bisa melihat negeri di atas awan lho.

Dibuka setiap hari non stop 24 jam, objek wisata alam di Bandung yang satu ini sudah bisa dinikmati dengan membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah saja.

22. Perkebunan Teh Malabar

Saat ingin berkunjung ke areal perkebunan teh di provinsi Jawa Barat, mayoritas orang biasanya akan berkunjung ke Puncak Bogor bukan?

Nah, ternyata panorama alam berupa perkebunan teh tidak hanya bisa dinikmati di Puncak lho, tapi juga di Bandung, yaitu di Perkebunan Teh Malabar.

Di sini Anda bisa menikmati panorama alam sembari menikmati udara sejuk khas perkebunan teh.
Perkebunan ini juga merupakan titik mulai kegiatan trekking menuju ke Gunung Nini lho.

Gimana? Tertarik untuk berwisata ke sini? Jika ya, lokasinya ada di Daerah Pangalengan, tepatnya di Desa Banjarsari.

[irp posts=”1232″ name=”6 Tempat Wisata Lampung Timur yang Wajib Masuk Daftar List Liburan”]

23. Tangkuban Perahu

Selain Gedung Sate, ada satu lagi objek wisata yang dianggap sebagai ikonnya Kota Bandung, yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan objek wisata alam yang terletak di daerah wisata Lembang.
Di sini, Anda dapat bersantai sembari menikmati panorama dan udara segar khas daerah pegunungan.

Selain memiliki panorama yang indah, Gunung Tangkuban Perahu juga memiliki sejarah yang cukup terkenal lho, yaitu sejarah Sangkuriang yang hendak menikahi Dayang Sumbi yang merupakan Ibunya sendiri.

Gunung Tangkuban Perahu buka setiap hari mulai pagi hingga malam. Tiket masuknya relatif cukup terjangkau yaitu hanya 7 ribu rupiah di hari kerja dan 10 ribu rupiah di akhir pekan.

24. Pemandian Air Panas Ciater

Khusus untuk Anda yang ingin menenangkan diri dari penatnya kehidupan kota dengan berendam di air panas, di Bandung ada satu objek wisata berupa pemandian air panas yang cocok untuk Anda kunjungi, yaitu Pemandian Air Panas Ciater.

Seperti nama yang tersemat, objek wisata ini terletak di daerah Ciater, tepatnya di Desa Nagrak.

Dulunya objek wisata ini hanya menawarkan pemandian air panas saja. Namun belakangan pengelolanya juga turut menyediakan berbagai macam fasilitas tambahan seperti wahana permainan, fasilitas untuk kegiatan outbond, lokasi camping, rumah makan, spa, dan lain sebagainya.

Uniknya, walaupun telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, tiket masuk ke pemandian ini tergolong sangat murah lho, yaitu hanya 15 ribu rupiah saja per orang.

[irp posts=”1191″ name=”Wisata Gunung Rinjani Lombok, Menikmati Lanskap Eksotis dari Ketinggian”]

25. Observatorium Bosscha

Khusus untuk Anda yang bercita-cita menjadi astronom, atau ahli astronomi, di Bandung ada objek wisata yang cocok untuk Anda kunjungi, yaitu Observatorium Bosscha.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini menawarkan daya tarik utama berupa teropong bintang tertua di Indonesia.

Di sini, Anda bisa mempelajari berbagai macam hal yang terkait dengan dunia astronomi. Selain itu, Anda juga bisa berburu foto dengan berbagai latar belakang yang sangat instagramable banget.

Dibuka setiap hari, objek wisata di Lembang yang satu ini bisa dinikmati tanpa perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, yaitu hanya 25 ribu rupiah per orang.

26. Nu Art Sculpture Park

Anda tentu cukup familiar dengan seniman kondang bernama I Nyoman Nuarta bukan?

Ya, beliau merupakan seniman jenius di balik patung Garuda Wisnu yang ada di Kota Dewata Bali sekaligus designer dari calon Ibu Kota Baru Indonesia, yaitu Nusantara.

Nah, di Bandung ada tempat wisata yang secara khusus menyajikan hasil karya seni buatan I Nyoman Nuarta lho. Nama tempatnya adalah NuArt Sculpture Park.

Lokasi tempat ini ada di daerah Ciwaruga, Lembang. Untuk masuk, pengunjung tidak dibebani biaya tiket masuk sama sekali.

27. Taman Bunga Cihideung

Ada satu lagi tempat wisata keluarga di Lembang Bandung yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Taman Bunga Cihideung.

Taman Bunga ini memiliki koleksi bunga yang luar biasa lengkap baik itu yang berasal dari Indonesia sampai yang didatangkan secara khusus dari manca negara.

Total luas Taman Bunga Cihideung juga tidak bisa diremehkan, yaitu mencapai 50 hektar lho. Jadi jika Anda ingin menikmati indahnya koleksi bunga di taman ini, pastikan Anda datang dari pagi hari ya.
Oh ia, objek wisata ini bisa dikunjungi tanpa perlu membayar biaya tiket masuk ya.

[irp posts=”1156″ name=”Menyusuri Uniknya Goa Selomangleng Kediri”]

28. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya merupakan salah satu tempat wisata kekinian di Bandung yang sedang populer di kalangan anak muda.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai macam fasilitas wisata yang kekinian, seperti gantole, hot air balloon, zip bike, sky tree, wahana outbond, sampai dengan bamboo sky.

Tidak hanya itu, objek wisata ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menikmati keindahan alam kota Bandung dari atas ketinggian, yaitu dengan cara menginap di Glamping The Lodge Maribaya.

Biaya menginapnya tergolong cukup murah untuk sekelas objek wisata terkenal, yaitu hanya 325 ribu rupiah per malam. Sedangkan untuk wisatawan yang tidak ingin menginap, tiket masuk ke objek wisata ini hanya sebesar 20 ribu rupiah di hari kerja, 25 ribu di akhir pekan, dan 35 ribu saat hari libur nasional.

29. Curug Maribaya

Masih di daerah Maribaya, ada satu lagi objek wisata yang tidak kalah bagus untuk dikunjungi, yaitu Curug Maribaya. Curug ini menawarkan panorama yang sangat indah.

Sayangnya, menurut informasi yang beredar, curug ini juga sarat akan cerita-cerita mistis. Karenanya, jika ingin berkunjung ke tempat wisata di Maribaya yang satu ini, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjaga sikap.

Terletak di Kampung Cikondang, Pangalengan, tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dengan biaya tiket masuk yang relatif terjangkau yaitu 35 ribu rupiah di hari kerja dan 45 ribu rupiah di akhir pekan.

30. Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda terletak di kawasan konservasi terpadu, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda Nomor 99, Kec. Cimenyan.

Tempat wisata di Bandung yang satu ini menawarkan berbagai macam daya tarik wisata, seperti Curug Lalay, Goa Belanda, Curug Omas, Goa Jepang, dll.

Karena terletak di kawasan konservasi terpadu, kondisi alam di objek wisata ini masih sangat asri dan terjaga dengan baik.

Kabar baiknya, untuk bisa masuk ke tempat wisata ini pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, mengingat tiket masuknya hanya 11 ribu rupiah saja per orang.

[irp posts=”1090″ name=”Pesona Air Terjun Sedudo Nganjuk yang Memanjakan Mata”]

31. Taman Begonia Glory

Masih di Kecamatan Lembang, ada satu lagi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama oleh kaum wanita, yaitu Taman Begonia Glory.

Taman ini menawarkan berbagai macam begonia bunga yang luar biasa indah.
Di sini pengunjung dapat berkeliling lokasi taman sembari berburu foto estetik dengan latar belakang begonia bunga.

Jika tertarik, wisatawan juga dapat membeli rangkaian bunga yang disediakan oleh pihak pengelola. Bagaimana? Tertarik untuk datang ke taman ini?

Jika ya, lokasinya ada di Jl. Maribaya No. 120 A. Kec. Lembang. Di hari normal taman ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore dengan biaya masuk per orang sebesar 10 ribu rupiah.

32. Tafso Barn

Tafso Barn merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang sedang hits di kalangan anak muda Kota Bandung dan sekitarnya.

Tempat ini menawarkan konsep kafe tematik dengan sajian latar belakang berupa pemandangan yang fotogenik.

Terletak di Ciumbuleuit, Tafso Barn dapat dikunjungi setiap hari mulai pagi hingga malam. Untuk masuk pengunjung tidak perlu membayar uang tiket masuk, dan hanya diminta untuk memesan makanan dan atau minuman saja.

33. Air Terjun Bellarosa

Ada satu lagi objek wisata Air Terjun di Lembang Bandung yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Air Terjun Bellarosa. Air terjun ini terletak di Jl. Maribaya Timur.

Aliran air terjunnya tidak terlalu besar dan deras, namun bertingkat-tingkat sehingga terlihat sangat estetik.

Sampai artikel ini ditulis, fasilitas yang tersedia di tempat ini masih sangat terbatas. Meskipun begitu tiket masuknya dibanderol dengan harga yang sangat murah, yaitu hanya 5 ribu rupiah saja.

[irp posts=”1060″ name=”5 Tempat Snorkeling Favorit di Bali yang Menantang”]

Tempat Wisata di Bandung Barat

Selain Pusat Kota Bandung dan kawasan Lembang, daerah Bandung Barat juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat wisata di Bandung Barat yang cukup recomended untuk dikunjungi adalah sebagai berikut:

34. Tebing Keraton / Karaton

Sebelumnya kita telah membahas objek wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda bukan? Nah, objek wisata yang akan kita bahas ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Di sini Anda dapat menikmati indahnya panorama alam dari atas ketinggian sembari berburu foto dengan latar belakang sunrise atau pun negeri di atas awan.

Lokasi Tempat Wisata Alam di Bandung Barat yang satu ini ada di daerah Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat.

Tiket masuk ke objek wisata ini tergolong cukup murah, yaitu hanya 11 ribu rupiah saja. Jika ingin berkemah, biayanya sebesar 40 ribu rupiah, namun harus membawa perlengkapan sendiri ya.

35. Curug Malela

Sama seperti Kota Bogor, Bandung juga sangat kaya akan objek wisata berbentuk curug alias air terjun. Nah, di Daerah Bandung Barat sendiri ada objek wisata curug yang cukup terkenal, yaitu Curug Malela.

Curug ini kabarnya memiliki aliran air yang sangat panjang dan masih satu rangkaian dengan beberapa curug lainnya, seperti curug ngebul, dan curug Plaisir.

Lokasi curug ini ada di Gunung Halu, Desa Cicadas. Aliran airnya terbagi-bagi menjadi beberapa bagian, sehingga terlihat sangat indah dan menawan.

Di bagian bawahnya sudah disediakan areal khusus yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati keindahan curug ini sekaligus sebagai tempat untuk berfoto.

Uniknya, walaupun terletak di daerah pedesaan, fasilitas yang tersedia di curug ini sudah tergolong cukup lengkap. Padahal, tiket masuknya sangat murah lho, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja per orang.

[irp posts=”804″ name=”Mengeksplorasi Keindahan Pantai Segara Ayu di Bali”]

36. Dago Dream Park

Sebelumnya kita telah membahas objek wisata The Lodge Maribaya bukan?

Nah, di daerah Bandung Barat ada satu objek wisata yang menawarkan fasilitas yang mirip dengan The Lodge Maribaya lho, yaitu Dago Dream Park.

Di objek wisata ini pengunjung dapat menikmati berbagai macam spot foto dan wahana kekinian, seperti permadani terbang dan sepeda layang.

Selain itu, khusus untuk Anda yang hobi berkuda dan memanah, Dago Dream Park juga sudah dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk kegiatan berkuda dan memanah lho. Sangat menarik bukan?

Lokasi Dago Dream Park ada di Kec. Lembang, tepatnya di Jl. Dago Giri km. 2.2, Bandung Barat.
Di hari kerja tempat wisata ini buka mulai pukul 8 pagi dan baru tutup pada pukul 6 sore. Di lain sisi saat akhir pekan jam tutupnya dipercepat 1 jam menjadi pukul 5 sore.

Oh ia, tiket masuk ke Dago Dream Park tergolong murah lho, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja per orang. Namun tiket masuk ini belum termasuk biaya untuk menikmati beberapa wahana yang ada ya.

37. Curug Cimahi

Curug Cimahi terletak di daerah Cisarua, Bandung Barat, tepatnya di Kertawangi. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter ini memiliki aliran yang cukup deras dan indah.

Di kalangan wisatawan, curug ini juga dikenal dengan nama curug pelangi. Hal ini dikarenakan adanya lampu warna-warni yang diletakkan di belakang aliran air yang membuat aliran air di curug ini terkesan seolah-olah berwarna-warni seperti pelangi.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke curug ini, Anda bisa datang hari apa saja mulai pukul setengah 8 pagi sampai pukul 5 sore.

Tempat Wisata di Bandung Ciwidey

Selain Kawah Putih, masih ada banyak tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi di daerah Ciwidey dan sekitarnya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

38. Situ Patenggang

Sebelumnya kita telah membahas objek wisata Perkebunan Teh Malabar bukan? Nah, selain kebun teh tersebut, masih ada satu lagi objek wisata berbentuk kebun teh yang tidak kalah terkenal di Bandung, yaitu Kawasan Rancabali.

Nah, di tengah-tengah kawasan kebun teh tersebut, ada objek wisata berbentuk situ/danau bernama Situ Patenggang.

Di sini, wisatawan dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti berkeliling area situ menggunakan perahu, memancing, atau sekadar jalan-jalan mengeliling areal situ.

Lokasi Situ Patenggang ada di Daerah bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey. Tiket masuk ke objek wisata ini relatif cukup murah, yaitu hanya 18 ribu rupiah di hari kerja dan 20.500 rupiah di akhir pekan dan hari libur.

[irp posts=”980″ name=”Menikmati Indahnya Panorama Lereng Singgalang dari Tugu Krap”]

39. Kawah Rengganis Cibuni

Anda tentu sudah tidak asing dengan objek wisata kawah putih Ciwidey bukan? Nah, selain Kawah Putih Ciwidey, masih ada satu lagi objek wisata berbentuk kawah yang cukup menarik untuk dikunjungi di Bandung. Nama objek wisatanya adalah Kawah Rengganis Cibuni.

Kawah yang lokasinya tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey ini menawarkan daya tarik utama berupa aliran air belerang yang bagus untuk kesehatan kulit.

Ukuran kawahnya cenderung tidak terlalu besar dan menyatu dengan aliran air. Beberapa areal lokasinya sudah didesain sedemikian rupa dan dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berendam.

Berlokasi di Daerah Rancabali, Patengan, Kawah Rengganis Cibuni dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore dengan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

40. Pemandian Air Panas Cimanggu

Berendam di aliran air yang ada di Kawah Rengganis Cibuni memang sangat menyegarkan. Namun di waktu-waktu tertentu, objek wisata tersebut cenderung sangat ramai pengunjung, sehingga kurang nyaman untuk dikunjungi.

Nah, sebagai alternatifnya ada pemandian air panas Cimanggu yang juga menawarkan fasilitas berendam di air panas.

Berlokasi di Kec. Rancabali, Ciwidey, Pemandian Air Panas Cimanggu dapat dikunjungi setiap hari dengan biaya tiket masuk 15 ribu rupiah per orang.

Sayangnya, karena pandemi Covid-19 kemarin, saat ini objek wisata Pemandian Air Panas Cimanggu sudah kurang terawat dan minim fasilitas.

[irp posts=”945″ name=”Menikmati Pemandangan Indah dari Puncak Rembangan Jember”]

41. Pinisi Resto

Jalan-jalan ke suatu daerah tentu tidak akan terasa lengkap jika belum icip-icip kuliner khasnya bukan?

Nah, di Kec. Rancabali ada satu spot wisata kuliner yang menawarkan sajian makanan super lezat dengan view panorama yang luar biasa indah.

Nama objek wisatanya adalah Pinisi Resto. Lokasi resto ini ada di tepi Danau / Situ Patenggang.

Berstatus sebagai bagian dari resort Glamping Lakeside, Pinisi Resto tidak hanya sekadar menawarkan sajian makanan yang lezat, namun juga memiliki desain arsitektur bangunan yang unik, yaitu mirip seperti perahu raksasa.

Di hari normal, Pinisi Resto buka setiap hari mulai pagi hingga malam. Untuk masuk ke resto ini, pengunjung perlu melakukan deposit resto sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Sedangkan untuk masuk ke lokasi Resort Glamping Lakeside sendiri, pengunjung diminta untuk membayar uang tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah.

42. Legok Kondang Glamping

Tempat wisata di Bandung Ciwidey yang selanjutnya adalah Legok Kondang Glamping.

Legok Kondang Glamping merupakan tempat wisata kekinian yang menawarkan sajian fasilitas wisata unik berupa tempat camping eksklusif berfasilitas lengkap.

Di tempat ini Anda bisa menginap bersama dengan pasangan dan atau keluarga di tenda yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Tenda yang akan Anda inapi di sini bukan sembarang tenda camping lho. Namun tenda camping yang sudah dilengkapi dengan fasilitas dan kelengkapan ala hotel mewah.

Uniknya, walaupun berfasilitas lengkap, namun suasana alam pegunungannya masih sangat kentara, sehingga tidak mengurangi keasyikan berkemahnya. Bagaimana? Anda tertarik untuk nge-camp di sini?

Jika ya, Anda harus siap untuk merogoh kocek agak dalam ya. Pasalnya biaya minimal untuk menginap di Legok Kondang Glamping adalah 1 juta rupiah per malam.

[irp posts=”842″ name=”Indahnya Bukit Batu Manda Belubus di Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat”]

43. Bukit Jamur

Melompat ke daerah Rancabolang, ada satu objek wisata baru di Bandung yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Bukit Jamur.

Bukit Jamur merupakan areal perbukitan yang telah dikelola sedemikian rupa sehingga terkesan seperti ditumbuhi oleh jamur payung raksasa.

Ya, demi menciptakan panorama yang unik dan eksotis, pengelola objek wisata Bukit Jamur memangkas deretan pepohonan cemara yang ada di sana agar terlihat seperti jajaran jamur payung raksasa.

Di sini, pengunjung bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam yang ada serta berburu foto dengan latar belakang kawasan bukit jamur yang eksotis.

Dibuka setiap hari, objek wisata ini bisa Anda kunjungi secara cuma-cuma alias gratis.

44. Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Selain objek wisata alam, objek wisata religi, dan objek wisata kuliner, Bandung juga memiliki objek wisata yang berbau dunia edukasi.

Ya, ada satu objek wisata di Bandung Ciwidey yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menimba ilmu, yaitu Kebun Tanaman Obat Sari Alam.

Di sini pengunjung dapat berkeliling areal objek wisata sembari mempelajari berbagai macam tanaman obat herbal yang ada di sana.

Selain itu, jika mau Anda juga bisa berkunjung ke pusat penelitian kesehatan, herborium, serta klinik pengobatan alternatif yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Terletak di Jl. Raya Ciwidey Bandung km 28 nomor 8, KTO Sari Alam bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

[irp posts=”770″ name=”Keindahan Pantai Carocok di Painan Sumatera Barat”]

Tempat Wisata Anak di Bandung dan Sekitarnya

Khusus untuk Anda yang berkunjung ke Bandung bersama dengan keluarga dan membawa anak-anak, ada beberapa objek wisata anak di Bandung yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah:

45. Taman Kelinci Ciwidey

Jika di Bogor Anda bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan rusa di Istana Bogor, di Bandung Anda bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan kelinci di Ciwidey Rabbit Park.

Di sini ada banyak spesies kelinci yang lucu dan menunggu untuk diberi makan oleh wisatawan.

Cukup membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang dan 5 ribu rupiah untuk membeli 3 batang wortel, Anda sudah bisa menikmati sajian wisata di tempat ini.
Cukup menarik bukan?

Oh ia, penting untuk diingat, pengunjung tidak diperkenankan untuk memberi makan hewan yang ada di sini berupa makanan selain wortel yang dibeli dari pihak pengelola ya.

46. Kebun Petik Strawberry

Selain memberi makan kelinci, di Ciwidey Anda juga dapat mengajak anak-anak berkunjung ke kebun petik strawberry. Di sini anak-anak bisa memanen strawberry sepuasnya.

Tidak perlu bayar, untuk masuk ke wisata kebun petik Strawberry Anda hanya perlu membayar hasil strawberry hasil petikan yang telah terkumpul.

47. Museum Geologi Bandung

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah Museum Geologi Bandung. Museum Geologi Bandung terletak di Kota Bandung, tepatnya di Jl. Diponegoro No. 57, Kec. Cibeunying.

Museum yang didirikan pada 16 mei 1929 ini memiliki koleksi berbau dunia geologi yang cukup lengkap.

Mulai dari fosil binatang purba, fosil kerangka manusia purba, sampai dengan sajian hipotesis terjadinya bumi dan sistem tata surya yang berjalan di Bumi, semuanya bisa ditemui di museum ini.

Jika ingin berkunjung ke museum ini, Anda bisa datang selain hari senin dan jumat, mulai pukul 10 pagi hingga pukul 1 siang.

Tiket masuknya relatif ramah kantong kok, yaitu hanya 3 ribu rupiah untuk masyarakat umum dan 2 ribu rupiah untuk pelajar.

[irp posts=”100″ name=”6 Tips Perjalanan Wisata Alam yang Berguna saat Liburan”]

48. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung terletak di Daerah Lebang, Siliwangi, tepat di sebelah Institut Teknologi Bandung.

Kebun binatang ini memiliki koleksi yang cukup lengkap. Mulai dari harimau benggala, biawak, sampai dengan gajah sumatera, semuanya ada di kebun binatang ini.

Secara total, kebun binatang ini memiliki koleksi satwa sebanyak 1.600 yang terbagi atas 218 spesies. Luas arealnya sendiri diperkirakan sekitar 135 hektar.

Selain memiliki koleksi yang super lengkap, kebun binatang ini juga memiliki panorama alam yang masih sangat asri dan terjaga dengan baik.

Di hari normal kebun binatang yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1933 ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore. Tiket masuknya dipatok di angka 50 ribu rupiah per orang.

49. Jendela Alam

Tempat wisata keluarga di Bandung yang selanjutnya adalah Jendela Alam. Jendela alam merupakan objek wisata keluarga yang terletak di daerah Lembang, tepatnya di sekitaran Ledeng.

Di objek wisata ini, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas wisata, seperti wahana permainan flying fox, belajar anatomi tubuh hewan, belajar menghias dan mewarnai layang-layang, belajar memanen telur di peternakan, belajar membuat cincau, dan lain sebagainya.

Di hari kerja (senin sampai jumat) tiket masuk ke objek wisata ini dipatok sebesar 15 ribu rupiah, sedangkan di akhir pekan dan hari libur tiketnya naik menjadi 20 ribu rupiah per orang.

50. Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark merupakan salah satu waterpark terbaik yang ada di Bandung.
Waterpark ini memiliki banyak wahana permainan air yang bisa dinikmati oleh hampir semua kalangan usia.

Mulai dari seluncuran air, jacuzzi, lazy river, ember tumpah, sampai dengan kolam renang dewasa, semuanya sudah tersedia di waterpark ini.

Berlokasi di Kec. Soreang, tepatnya di Desa Panyirapan, Pesona Nirwana Waterpark buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul sore.

Bagaimana? Tertarik untuk bermain air di tempat ini? Jika ya, Anda cukup menyediakan kocek sebesar 40 ribu rupiah per orang di hari kerja, 50 ribu rupiah per orang di akhir pekan, dan 60 ribu rupiah di hari libur nasional.

[irp posts=”541″ name=”3 Hal Menarik Dari Eksotisnya Pulau Samalona Sulawesi Selatan”]

51. Saung Angklung Mang Udjo

Ada satu lagi objek wisata anak di Bandung yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Nama objek wisatanya adalah Saung Angklung Mang Udjo.

Saung Angklung Mang Udjo merupakan salah satu tempat terbaik yang dapat dikunjungi untuk belajar bermain angklung di Bandung.

Di sini pengunjung dapat belajar berbagai macam hal yang terkait dengan angklung. Mulai dari tata cara mengoperasikan/memainkan angklung, sampai dengan belajar proses pembuatan angklung, semuanya bisa dilakukan di sini.

Jika beruntung, di saung ini Anda bisa melihat pertunjukan angklung yang dimainkan oleh anak-anak binaan SAU lho.

Berlokasi di Jalan Padasuka nomor 118, Kec. Cibeunying Kidul, Saung Angklung Mang Udjo bisa dikunjungi setiap hari mulai pagi hingga sore dengan biaya tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah per orang di hari kerja dan 75 ribu rupiah per orang di akhir pekan dan hari libur nasional.

52. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Tidak dapat dipungkiri, saat ini kupu-kupu sudah sangat sulit untuk ditemukan di sekitar pekarangan rumah. Karenanya, jangan heran jika banyak anak-anak yang tidak kenal dengan satwa indah yang satu ini.

Nah, jika Anda ingin mengenalkan anak dengan berbagai macam spesies kupu-kupu, di Bandung ada objek wisata bernama Taman Kupu-Kupu Cihanjuang.

Taman ini memiliki koleksi kupu-kupu yang cukup lengkap, yaitu mencapai 35 spesies kupu-kupu berwarna-warni.

Lokasi Taman Kupu – Kupu Cihanjuang ada di Jl. Cihanjuang Cibaligo Permai Raya No. 58. Tiket masuk ke tempat ini dibandrol di angka 10 ribu rupiah per orang.

[irp posts=”496″ name=”Kisah Mengapungnya Masjid Amirul Mukminin di Sulawesi Selatan”]

53. Taman Miniatur Kereta Api

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling digemari oleh anak-anak.

Nah, di Bandung ada satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi untuk mengenalkan moda transportasi kereta api secara detail ke anak-anak, yaitu Taman Miniatur Kereta Api.

Di taman ini pengunjung bisa melihat belasan miniatur kereta api yang berkeliling areal taman.

Berstatus sebagai bagian dari Floating Market Lembang, Taman Miniatur Kereta Api dapat dikunjungi dengan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah (di luar biaya tiket masuk ke floating market lembang ya).

Tempat Wisata di Bandung ala Benua Eropa

Seperti yang telah kita sebut sebelumnya, Bandung sejak lama telah dijuluki sebagai Kota Parisnya Pulau Jawa. Nah, belakangan, Bandung juga memiliki banyak objek wisata yang bergaya Eropa lho. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

54. Rainbow Garden

Rainbow Garden merupakan tempat wisata alam yang didesain mengikuti desain taman bunga warna-warni yang ada Negeri Kincir Angin Belanda.

Di taman ini Anda bisa menikmati panorama alam berupa jajaran taman bunga warna-warni yang luar biasa eksotis.

Sama seperti Taman Miniatur Kereta Api, Rainbow Garden juga merupakan bagian dari Floating Market Lembang.

Hanya saja, untuk masuk ke taman ini pengunjung tidak dibebani biaya tambahan lagi dan hanya perlu membayar biaya masuk ke Floating Market Lembang saja, yaitu sebesar 20 ribu rupiah.

[irp posts=”458″ name=”Sejarah dan Fakta Tentang Benteng Somba Opu”]

55. Farmhouse Susu Lembang

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah Farmhouse Susu Lembang. Farmhouse Susu Lembang merupakan objek wisata super lengkap yang menawarkan sajian wisata ala-ala pedesaan di Benua Eropa.

Di sini pengunjung dapat menikmati berbagai macam sajian kuliner khas Eropa, berkunjung ke peternakan susu khas Eropa, sembari berburu foto di spot-spot foto eksotis yang telah disediakan pihak pengelola.

Jika mau Anda bisa menyewa berbagai macam kostum tematik yang menyerupai petani tradisional Belanda, Koboi, dsb.

Nah, tiket masuk ke Farmhouse Susu Lembang ini relatif cukup murah lho, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja.

Jika ingin memesan kostum, Anda harus merogoh kocek agak dalam, yaitu 50 ribu rupiah. Tiket masuk yang Anda bayar seharga 20 ribu di awal nantinya bisa ditukarkan dengan satu cup susu segar hasil peternakan di sini lho. Keren banget bukan?

56. Kampoeng Tulip

Dari namanya, Anda tentu sudah bisa menebak apa daya tarik utama yang ditawarkan oleh objek wisata ini bukan?

Ya, objek wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa jajaran bunga tulip warna-warni seperti yang ada di Negara Belanda.

Demi bisa terlihat lebih natural, pengelola tempat ini bahkan turut mendirikan bangunan kincir seperti yang ada di desa-desa tradisional Negara Belanda.

Terletak di Kompleks Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Kampung Tulip bisa dikunjungi setiap hari dengan biaya tiket masuk sebesar 6 ribu rupiah saat weekdays (hari senin – jumat) dan 9 ribu di weekend (hari sabtu – minggu).

57. Kota Mini

Tempat wisata di Bandung yang berikutnya adalah Kota Mini. Kota Mini merupakan bagian dari objek wisata Floating Market Lembang.

Objek wisata ini berisi bangunan miniatur bergaya klasik khas Benua Biru Eropa, seperti rumah Hobbit, rumah sakit, kantor pemadam kebakaran, perumahan, pom bensin, dsb.

Khusus untuk Anda yang hobi berfoto, pengelola Kota Mini turut menyediakan aneka kostum tematik yang bisa disewa lho.

Karena berstatus sebagai bagian dari Floating Market Lembang, untuk menikmati fasilitas wisata di sini, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk Floating Market Lembang saja, yaitu 20 ribu rupiah.

Jika ingin menyewa pakaian, pengunjung akan dikenai biaya sewa ya.

[irp posts=”318″ name=”Keunikan Taman Nasional Bantimurung yang Mempesona”]

Tempat Wisata di Bandung Lainnya

Selain objek wisata di atas, Bandung masih memiliki berbagai macam objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

58. Chingu Cafe Little Seoul

Dari namanya saja, Anda tentu sudah bisa menebak terkait fasilitas yang ditawarkan oleh objek wisata yang satu ini bukan?

Ya, objek wisata yang satu ini menawarkan desain cafe ala Kota Seoul yang ada di Negeri K-Pop Korea.
Karenanya, jika Anda merupakan seorang penggemar K-Pop, cafe ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar destinasi wisata incaranmu.

Di sini pengunjung bisa memesan berbagai macam sajian olahan kuliner khas korea.

Uniknya, di salah satu bagian dari cafe ini, terdapat tiruan Dongdaemun Street yang mana setiap pengunjungnya hanya diperbolehkan untuk bertransaksi menggunakan mata uang Won saja lho.
Cukup unik bukan?

Untuk masuk ke objek wisata yang terletak di Jl. Sawunggaling, Bandung ini pengunjung harus merogoh kocek yang agak dalam, yaitu 50 ribu rupiah per orang.

Selain itu, jika ingin menyewa hanbok untuk berfoto, pengunjung akan dikenai biaya sewa sebesar 50 ribu rupiah.

59. Desa Wisata Kampung Pasir Angling

Jika Bali memiliki desa wisata ubud, maka Bandung memiliki Desa Wisata Kampung Pasir Angling. Desa wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kearifan lokal warga sekitar yang masih terjaga sampai saat ini.

Jika beruntung, di waktu-waktu tertentu masyarakat desa sekitar akan mengadakan pertunjukan kesenian tradisional yang bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Lokasi Desa Wisata Kampung Pasir Angling ada di Desa Snten Jaya, Kec. Cibodas. Jika mau, Anda bisa berkunjung ke desa ini kapan saja tanpa perlu membayar uang tiket masuk sama sekali.

60. Rumah Halloween Bandung

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah Rumah Halloween Bandung.
Rumah Halloween Bandung cocok untuk Anda yang ingin berburu foto dengan latar belakang tematik halloween.

Mulai dari berfoto bersama drakula, berfoto bareng Sadako dan atau boneka annabelle, semuanya bisa dilakukan di sini.

Lokasi Rumah Halloween Bandung ada di Jalan Raya Lembang Nomor 234. Tiket masuknya dipatok sebesar 25 ribu rupiah untuk anak-anak dan 50 ribu rupiah untuk dewasa.

[irp posts=”1571″ name=”Eksis Sejak Puluhan Tahun, Kuliner Legendaris Solo Ini Wajib Dicoba”]

61. Bukit Gantole Cililin

Khusus untuk Anda yang hobi trekking, di Bandung ada satu objek wisata yang menarik untuk dijadikan sebagai tempat trekking, yaitu Bukit Gantole Cililin.

Bukit ini dulunya merupakan spot gantole untuk kegiatan olahraga PON XIX. Setelah kegiatan PON selesai, bukit ini beralih fungsi menjadi tempat trekking dan berkemah mengingat panorama alamnya masih sangat bagus.

Jarak yang harus ditempuh pendaki bukit ini kurang lebih sekitar 5 km dengan kondisi medan yang cukup berat.

Karenanya, bukit ini relatif kurang cocok untuk pemula. Oh ia, titik mulai kegiatan trekking bukit ini ada di Desa Tanjung Jaya ya.

62. Bandros City Tour

Baru pertama kali ke Kota Bandung? Jika ya, Anda wajib mencoba wisata yang satu ini. Namanya Bandros City Tour.

Di sini Anda akan dibawa berkeliling Kota Bandung menggunakan bus bertingkat tempo doeloe.
Ada dua tipe perjalanan yang bisa dipilih oleh wisatawan, yaitu satu kali perjalanan dan perjalanan sepanjang hari dengan berbagai lintas rute.

Tiket bus wisata ini dibanderol mulai dari 20 ribu rupiah hingga 40 ribu rupiah per orang.

[irp posts=”1542″ name=”Deretan Makanan Nusantara Ini Pernah Masuk Daftar Kuliner Terenak Dunia”]

63. Kampung Kyoto Jepang (Kyotoku)

Anda pengen liburan ke Jepang namun uang masih cekak atau nggak punya waktu luang yang cukup?
Tenang, di Bandung ada objek wisata bernama Kampung Kyoto Jepang yang bisa dijadikan penawar keinginanmu ke Jepang.

Terletak di Lembang Floating Market, Kampung Kyoto Jepang menawarkan suasana khas daerah pedesaan tradisional Jepang.

Jika mau Anda dapat menyewa Yukata untuk berfoto layaknya Geisha dan Kaisar Kerajaan Jepang.

Tidak perlu membayar lagi untuk masuk ke Kampung Kyoto Jepang, mengingat tiket masuknya sudah include di tiket masuk Lembang Floating Market.

Namun jika ingin berfoto menggunakan Yukata Anda wajib membayar uang sewa sebesar 175 ribu rupiah.

64. Villa Air Natural Resort

Satu lagi objek wisata di Bandung yang menawarkan pengalaman wisata khas Negeri Sakura Jepang. Nama objek wisatanya adalah Vila Air Natural Resort.

Di sini Anda dapat menikmati sajian villa bergaya arsitektur khas Negeri Sakura Jepang.
Bisa dibilang susunan arsitektur bangunannya benar-benar sangat mirip dengan bangunan yang ada di Jepang.

Karenanya, tidak heran jika tarif yang ditawarkan pun cukup mahal, yaitu 2,6 juta rupiah per malam untuk 3 kamar tidur.

Jika tertarik untuk menyewa villa ini, lokasinya ada di Jl. Kol. Masturi Km. 09, Karya Wangi.

[irp posts=”1411″ name=”Jadi Primadona Bagi Artis Luar Negeri, Ini Deretan Kuliner Khas Nusantara”]

65. Curug Tilu Leuwi Opat

Tempat wisata di Bandung yang selanjutnya adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Curug Tilu Leuwi Opat terletak di kawasan Ciwangun Indah Camp.

Air terjun ini memiliki tiga tingkatan aliran air dengan tingkat kedalaman kurang lebih sekitar 15 meter.
Karena dalam, pengunjung dilarang keras untuk berenang di bawah air terjun.

Biasanya wisatawan hanya menikmati keindahan air terjun ini dari kejauhan sembari mengambil beberapa take foto dengan latar belakang air terjun.

Jika tertarik untuk berkunjung ke sini tiket masuknya ditetapkan sebesar 10 ribu rupiah per orang.

66. Gua Pawon

Khusus untuk Anda yang suka berkunjung ke objek wisata sejarah, di Bandung ada objek wisata berbentuk gua yang menawarkan sejarah tradisional masyarakat Sunda lho. Nama objek wisatanya adalah Gua Pawon.

Gua ini terletak di Gunung Masigit dan hanya dapat diakses dengan aktivitas trekking selama beberapa menit.

Dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore, gua ini bisa dikunjungi dengan membayar tiket masuk seharga 10 ribu rupiah per orang.

67. Stone Garden Geopark

Masih di lingkungan Gunung Masigit, ada satu lagi objek wisata alam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Stone Garden Geopark.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa areal tebing kapur yang diselimuti lumut dan tumbuhan perdu berwarna hijau.

Saat artikel ini ditulis, Stone Garden Geopark sedang hits di kalangan netizen, terutama di instagram karena sering dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

Tiket masuk ke geopark ini dibanderol di angka 10 ribu rupiah per orang. Jika ingin berkunjung, Anda bisa datang hari apa saja mulai pagi hingga sore.

Nah, itu lah 67 pilihan obyek wisata di Bandung terfavorit yang wajib dikunjungi saat liburan. Jadi, dari sekian banyak rekomendasi destinasi wisata kota Bandung dan sekitarnya yang menarik, Anda tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

[irp posts=”1512″ name=”Berkunjung ke Kudus, Jangan Lewatkan Kuliner Murah Nan Nikmat Ini”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

ucapan tahun baru

9 Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Kirim ke Orang Terdekat

Linamasa.com – Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk memulai hal-hal baru daripada memberikan ucapan …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.