backup file iphone
Freepik/rawpixel

Cara Backup Data Iphone ke Google Drive Mudah dan Cepat

Linamasa.com – Google drive hingga saat ini masih menjadi salah satu media populer yang dimanfaatkan untuk penyimpanan. Tak heran jika banyak orang menggunakan google drive sebagai tempat backup data dari berbagai device. Mulai dari laptop, smartphone, ipad, iphone dan device lainnya.

Media penyimpanan yang dikembangkan dengan mengusung teknologi cloud ini, dianggap sangat mudah dan praktis saat digunakan. Ditambah lagi google drive menawarkan proses penyimpanan dengan langkah yang tidak rumit. Device premium iphone pun merekomendasikan untuk backup data menggunakan google drive. Lantas, bagaimana cara melakukan backup data menggunakan google drive di iphone?

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk backup data iphone di google drive. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1.Pastikan Iphone Terhubung dengan Jaringan Internet

Jaringan internet yang stabil menjadi kunci proses penyimpanan pada lokasi berbasis cloud ini bisa berjalan dengan lancar. Jadi sebelum mulai proses penyimpanan tersebut, pastikan iphone Anda telah terhubung dengan jaringan internet dan dalam kondisi stabil ya. Semakin baik kondisi jaringan internet yang ada, maka akan semakin cepat proses penyimpanannya.

[irp posts=”1563″ name=”Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet yang Benar”]

2.Download Aplikasi Google Drive

Jika Anda belum memiliki aplikasi google drive, silahkan untuk mendownloadnya terlebih dahulu di playstore atau appstore.

3.Silahkan Buka Aplikasi Google Drive

Di sudut kiri atas, Anda akan menemukan icon menu dalam bentuk tiga garis horizontal. Silahkan pilih opsi setelan pada bagian atas layar. Kemudian pilih cadangan. Proses pencadangan akan langsung dimulai.

Anda bisa menunggu prosesnya sampai selesai, agar semua data yang terdapat di iphone bisa terbackup dengan sempurna.

Jika Anda menggunakan wifi sebagai sumber internet, pastikan tetap terhubung selama proses backup data berlangsung. Setelah proses selesai, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh apakah data yang ada di iphone sudah terbackup semua ke Google Drive atau belum. Jika ternyata masih ada beberapa data yang tertinggal, Anda bisa melakukan backup data ulang sesuai kebutuhan.

Cara Restore Data Dari Google Drive ke Iphone

Tak hanya bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan, data yang berada di google drive, juga bisa Anda unduh kembali saat dibutuhkan atau istilahnya restore. Beberapa cara restore di bawah ini bisa Anda coba saat membutuhkannya :

[irp posts=”1671″ name=”6 Aplikasi Perekam Panggilan Suara iPhone”]
  • Jalankan aplikasi Google Drive yang ada di iphone Anda.
  • Silahkan pilih mana saja folder yang ingin Anda unduh. Pilih ikon tiga titik yang bisa Anda temukan di sudut kanan atas layar iphone.
  • Silahkan pilih Select All untuk mengunduh semua data yang ada di dalam folder.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung memilih ikon tiga titik yang bisa ditemukan di sudut kanan bawah.
  • Terakhir pilih Make Available Offline untuk mengunduhnya.

Jika jaringan internet dalam kondisi stabil, secara otomatis data yang ada di google drive akan langsung tersimpan di iphone Anda kembali. Untuk pengunduhan data lain, Anda bisa mengulangi langkah – langkah tersebut.

logo google drive
Wikipedia/Iswahyudi

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Selama Proses Backup Data ke Google Drive

Selama proses pencadangan data ke google drive, Anda harus memperhatikan beberapa hal ini :

1.Data Terbaru Saja yang Bisa Dicadangkan

Jika Anda melakukan pencadangan beberapa kali, maka hanya data terbaru saja yang akan berhasil dicadangkan. Artinya, data lama yang ada di google drive akan ditimpa dengan data baru yang sama.

[irp posts=”106″ name=”Akun Facebook Kena Hack? Ini Cara Mengatasinya”]

2.Kapasitas Penyimpanan Terbatas

Untuk penyimpanan gratis, google drive hanya menyediakan kapasitas penyimpanan maksimal 15 GB. Agar kapasitas penyimpanan tak cepat penuh, disarankan untuk menyimpan data – data yang penting saja. Namun jika ingin menikmati kapasitas penyimpanan yang lebih banyak, Anda bisa menikmati layanan premium dan berbayar.

3.Kontak dan Kalender yang Ada di FB Tidak Ikut Dicadangkan

Perlu Anda pahami, bahwa google drive tak melakukan pencadangan kontak maupun kalender dari berbagai layanan yakni Facebook maupun Exchange. Khusus kontak, besar kemungkinan masih bisa diakses dengan cara membuka aplikasi bersangkutan.

4.Andai Proses Backup Tak Selesai

Terkadang, kondisi internet yang tak stabil bisa membuat proses penyimpanan ke google drive menjadi terhambat. Jika proses backup data tak selesai, maka akan muncul pemberitahuan bahwa proses pencadangan tidak selesai. Dengan kata lain, data yang Anda cadangkan sebagian belum tercadangkan. Solusinya, Anda bisa mengulangi proses pencadangan hingga melakukan update Google Drive versi terbaru.

Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan kali ini, mempelajari cara backup data iphone sangatlah penting untuk digunakan mengamankan data. Jika kondisi darurat terjadi seperti halnya iphone tiba – tiba rusak atau bahkan hilang, data Anda masih aman dan bisa diunduh ke device lain dengan catatan login menggunakan akun pribadi Anda sendiri.

Silahkan dicoba dan dipraktekkan, jangan lupa pilih data yang penting saja agar kapasitas google drive tak cepat penuh ya.

[irp posts=”212″ name=”Review Samsung Galaxy M32 Indonesia”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bermain game

Kode Redeem FF Senin 8 Agustus 2022

Linamasa.com – Kode Redeem FF (Free Fire) selalu ditunggu – tunggu oleh para pemain setianya. …