...
lambang burung garuda pancasila
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Presiden Jokowi Akan Peringati di Ende, Irjen Setyo Akan Tingkatkan Pengamanan

Linamasa.com – Pada tanggal 1 Juni 2022 Peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menjadi inspektur upacara di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Untuk memastikan Presiden Jokowi beserta rombongannya aman, Irjen Setyo Budiyanto (Kapolda NTT) memberikan perintah langsung kepada para anggotanya yang bertugas di Polres Ende untuk melakukan pengamanan yang ketat.

Irjen Setyo Budiyanto menghimbau kepada para anggotanya untuk melakukan kolaborasi keamanan sebagai bentuk persiapan menjelang kedatangan orang nomor satu di Indonesia. Ia meminta untuk dilakukan pengamanan secara total agar selama kunjungan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

“Untuk merealisasikan keamanan, kita tidak boleh menganggapnya sepele apapun itu. Semua pihak harus berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik agar kegiatan pengamanan bisa lebih maksimal. Baik itu dari jajaran Polri, TNI hingga pemerintah daerah setempat,” kata Irjen Setyo Budiyanto pada kesempatan di Labuan Bajo pada hari Minggu, 22 Mei 2022.

Seorang jenderal berbintang dua itu terus menekankan bahwa upaya pengamanan harus dilakukan dengan cara militan. Ini sangat perlu dilakukan mengingat kunjungan yang dilakukan oleh presiden Jokowi adalah gabungan.

Menurutnya, dari level para perwira pun seharusnya juga ikut berkoordinasi secara langsung dengan berbagai penanggung jawab instansi lainnya. Yang mana dianggap mempunyai keterlibatan dalam hal prosedur pengamanan.

Dalam rangka meningkatkan keamanan, Irjen Setyo Budiyanto juga meminta kepada para anggotanya harus lebih waspada dengan meningkatkan fokus kepada siapa saja, terlebih lagi jika ada gerak – gerik yang mencurigakan.

Dia berulang kali menegaskan bahwa kegiatan pengamanan terhadap kunjungan orang nomor satu memang sudah selayaknya dilakukan persiapan yang matang. Jangan asal – asalan, karena beliau adalah Kepala Negara sekaligus Kepala Pemerintahan tertinggi.

Pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 lalu, Irjen Setyo Budiyanto menyempatkan diri untuk datang langsung ke Kabupaten Ende dengan tujuan melakukan peninjauan terkait dengan persiapan pengamanan. Pada kunjungannya itu, dia terlibat langsung dalam pertemuan yang dilakukan bersama – sama dengan seluruh personel dari Polres Ende.

Tidak lupa, pada kesempatan kunjungannya ke Kabupaten Ende, dia juga memberikan beberapa arahan kepada semua personel disana agar tujuan yang diinginkan yakni meningkatkan keamanan selama kunjungan Presiden Jokowi bisa sukses.

Setelah terlibat langsung dalam pertemuan itu di Polres Ende, Irjen Setyo melakukan peninjauan secara langsung pada titik – titik yang akan menjadi jalur utama kedatangan Presiden Jokowi ke Ende.

Detail dari titik lokasi tersebut antara lain Pasar Mbongawani Ende, Situs Bung Karno, Museum Tenun Ikat Ende, Taman Renungan Bung Karno, dan Lapangan Pancasila Ende.

Irjen Setyo Budiyanto (Kapolda NTT) juga berpesan kepada seluruh personilnya agar bisa melakukan tugasnya dengan baik, terlebih lagi dalam hal pengamanan. Selain itu keberhasilan dari proses pengamanan adalah tanggung jawab kita semua. Dengan melakukan tugas semaksimal mungkin, kredibilitas sebagai anggota Polri bisa tetap terjaga.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Ende bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila diperkirakan akan menyedot perhatian. Terlebih lagi selama kunjungannya kesana, banyak tempat penting dan bersejarah yang akan dikunjungi.

Jadwal kunjungan yang sudah diumumkan tersebut, juga akan memicu masyarakat untuk berkumpul dengan tujuan untuk bisa bertemu dan melihat langsung kedatangan orang nomor satu di Indonesia. Melihat segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, pengamanan yang baik memang harus dilakukan demi kelancaran acara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende, NTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Mudik Gratis

Calon Pemudik Merapat! Mudik Gratis Bersama PT Kima Sudah Dibuka, Ini Persyaratan dan Tujuan Kotanya!

Linamasa.com – Musim mudik telah tiba, dan bagi para calon pemudik di Kota Makassar, ada …

Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.