...
ruangan kantor
Freepik/dit26978

Ingin Investasi Coworking Space, Pahami Beberapa Poin Berikut Ini

Linamasa.com – Sistem kerja yang semakin fleksibel dan mudah, membuat banyak orang bisa bekerja dari mana saja. Istilah kerennya adalah Work From Anywhere (WFA).

Kini tak hanya para pebisnis start up saja yang bisa menerapkan Work From Anywhere, sekarang banyak perusahaan swasta yang sudah mulai bermigrasi menggunakan sistem kerja tersebut.

Baru – baru ini, bahkan pemerintah mempunyai wacana untuk juga menerapkan sistem Work From Anywhere pada sejumlah ASN.

Melihat perubahan sistem kerja tersebut, kebutuhan tempat bekerja yang nyaman pun banyak diburu para pekerja. Selain café, coworking space menjadi salah satu tempat paling populer dan nyaman untuk menunjang aktivitas WFA.

Dari sini, Anda bisa lihat bahwa peluang di masa depan menjalankan bisnis coworking space akan semakin berkembang dan menjanjikan keuntungan bagi para pelaku usahanya.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis coworking space, ada baiknya untuk memperhatikan dan memahami beberapa poin berikut ini :

1.Mengenal dengan Baik Konsep Coworking Space yang Hendak Diterapkan

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa coworking space hanya digunakan sebagai tempat nongkrong para kawula muda. Padahal faktanya, coworking space bukanlah hanya sekedar tempat untuk menikmati kopi saja, lebih tepatnya adalah tempat yang kaya akan makna. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat kerja yang nyaman, tempat bertukar ide, tempat berkolaborasi untuk menciptakan karya banyak cuan hingga memproduksi ide – ide luar biasa.

Jadi sangat disarankan, sebelum memulai untuk melangkah lebih jauh menjalankan bisnis coworking space harus paham betul tentang konsep coworking space itu sendiri. Selain itu, poin – poin pendukung tambahan adalah internet kencang dan juga tempat nyaman harus diperhatikan.

2.Pemilihan Lokasi dan Bangunan Harus Tepat

Selanjutnya, Anda harus menentukan lokasi dimana akan memulai bisnis coworking space. Usahakan untuk memilih lokasi yang strategis, tapi nyaman untuk para pengunjung. Lokasi paling tepat untuk membuka coworking space disarankan di dekat pusat bisnis.

Selain lokasi, Anda juga wajib memperhatikan bangunannya. Anda bisa menggunakan ruko, bangunan kantor hingga rumah. Yang terpenting adalah, pastikan bahwa bangunan tersebut sudah mengantongi izin untuk menjalankan bisnis.

3.Pertimbangkan Desain Interior

Jika dilihat dari tujuan utama coworking space adalah seperti kantor biasa, perlu Anda pahami bahwa coworking space harus bisa menonjolkan segi desain interiornya.

Tujuan memperhatikan desain interior ruangan pada coworking space adalah untuk merangsang produktivitas dan kreativitas para pekerja selama berada di lokasi. Tidak sedikit coworking space di kota – kota besar yang justru menerapkan tema “green” sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, fasilitas di coworking space juga berbeda dengan area kantor pada umumnya guna meningkatkan kenyamanan para penggunanya.

4.Pahami Profil dan Kebutuhan Target Pasar

Dalam upaya menyediakan fasilitas yang hendak diterapkan pada coworking space, memahami profil dan kebutuhan target pasar sangatlah penting. Dengan begitu, Anda akan lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada para klien.

Semakin Anda tahu apa saja kebutuhan mereka, maka mereka pun juga akan betah berlama – lama atau bahkan berlangganan tempat hingga berbulan – bulan. Di sisi lain, jika para klien merasa puas dan nyaman, mereka pun tak akan segan untuk mereferensikan tempat Anda kepada teman hingga mitra bisnis.

Secara tidak langsung, pada poin ini kredibilitas dari usaha coworking space Anda menjadi semakin bertambah di mata para klien. Sebagai salah satu contoh, beberapa coworking space sengaja menyediakan fasilitas unggulan seperti ruang rapat dan auditorium.

Auditorium bisa digunakan sebagai tempat asik para komunitas dalam mendukung proses peluncuran produk, presentasi dengan para investor hingga talk show.

Bagaimana, apakah Anda sudah mantap untuk segera menjalankan bisnis coworking space?

Ingat, pada dasarnya setiap coworking space mempunyai konsep utama yakni open space dan juga transparan. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif bagi masing – masing individu.

Dengan konsepnya tersebut, memungkin coworking space untuk membuat para pebisnis bisa berinteraksi dengan sangat nyaman dalam membangun networking atau partnership jangka panjang.

Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa menjalankan bisnis coworking space bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan di era digital yang kian berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

hijab batik

6 Tips Peluang Usaha Rumahan Aksesoris Kerudung

Linamasa.com – Wanita tidak bisa terlepas dari fashion untuk mempercantik diri. Tidak terkecuali untuk wanita …

Seraphinite AcceleratorBannerText_Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.