makanan sehat
Pexels/Ella Olsson

Cara Ampuh Cegah Anemia dengan Konsumsi Makanan Ini

Linamasa.com – Penderita anemia biasanya akan mengalami berbagai keluhan seperti mudah pusing dan lelah. Faktor penyebab terjadinya anemia yang paling umum terjadi yaitu karena kekurangan gizi. Tubuh membutuhkan mineral atau vitamin tertentu yang memiliki peran penting untuk membantu tubuh mendapatkan sel darah merah, seperti vitamin B12, asam folat (vitamin B9), dan zat besi.

Tubuh yang kekurangan zat besi akan menimbulkan gejala anemia defisiensi besi. Dengan asupan vitamin B12 dan asam folat yang cukup, tubuh akan mudah untuk membentuk keping sel darah merah yang mengandung oksigen.

Secara umum, mengkonsumsi beberapa makanan penambah darah mampu membantu mengatasi masalah anemia. Apa saja makanan penambah darah yang sehat untuk cegah anemia? Simak daftarnya di bawah ini!

8 Makanan Penambah Darah yang Bisa Dikonsumsi.

1. Telur

Telur ayam terkenal sebagai sumber protein yang baik bagi kesehatan. Tapi selain itu, telur juga menjadi pilihan paling tepat untuk menambah sel darah merah dalam tubuh.

Hal ini karena telur mengandung zat besi tinggi dan gizi seperti karbohidrat, vitamin B2, vitamin B1, dan kalsium yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Kamu bisa menjadikan telur sebagai sarapan pagi dengan cara direbus atau telur mata sapi.

2. Sayuran Daun Hijau

Sayuran daun hijau adalah salah satu makanan penambah darah yang mengandung zat besi. Ada banyak sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi atau mencegah anemia, mulai dari bayam, kale, kubis, atau Swiss chard. So, kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari untuk mencegah terjadinya anemia.

3. Seafood

Seafood juga dipercaya sebagai makanan penambah darah untuk mencegah anemia. Terdapat banyak jenis makanan laut yang kaya akan zat besi, mulai dari kepiting, udang, tiram, tuna, ikan baronang, hingga salmon.

4. Kacang dan Biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan umumnya mengandung banyak zat besi yang baik bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi anemia.

Kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang pinto, kedelai, atau kacang merah. Sedangkan untuk biji-bijiannya, ada biji bunga matahari atau biji rami yang bisa kamu coba.

5. Kurma

Untuk menambah darah, kamu bisa mengkonsumsi kurma yang alami dan bagus untuk tubuh. Dalam 100 gram kurma dipercaya memiliki kandungan 28 mcg vitamin B9 yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

6. Jeroan

Jeroan seperti hati dipercaya mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Sehingga hati menjadi salah satu makanan yang bagus untuk menambah darah pada tubuh.

Selain hati, ada juga sejumlah jeroan lainnya yang kaya akan zat besi, seperti lidah sapi, jantung, dan ginjal.

7. Tomat

Tubuh yang kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan anemia. Asupan vitamin C yang cukup akan membantu melancarkan proses penyerapan zat besi pada tubuh.

Peningkatan zat besi dalam darah bisa membantu sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah yang mengandung hemoglobin.

8. Daging Merah

Tubuh yang kekurangan zat besi menandakan kamu terkena anemia. Untuk mengurangi resiko anemia, kamu bisa mengkonsumsi daging merah. Karena daging merah memiliki kandungan protein, zat besi, omega-3, dan vitamin B yang bagus untuk menambah sel darah merah.

Jadi, itulah sejumlah makanan penambah darah yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah atau mengatasi masalah anemia.

Yuk, cukupi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh agar selalu sehat dan fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

ilustrasi kanker hati

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Linamasa.com – Hati merupakan organ yang memiliki peran untuk membasmi racun yang terdapat di dalam …