jagung bose
Instagram/dunialoka.id

Liburan Ke Labuan Bajo, Deretan Kuliner Ini Tak Boleh Terlewatkan

Linamasa.com – Membahas soal tempat wisata menarik, tanah air merupakan surganya tempat wisata yang tak boleh luput dari perhatian. Salah satu lokasi paling favorit yang harus dikunjungi adalah Labuan Bajo. Lokasi wisata yang populer hingga ke mancanegara ini berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Banyak destinasi wisata menarik yang harus dikunjungi selama di Labuan Bajo. Tempat paling eksotis di Labuan Bajo adalah wisata lautnya. Mulai dari pesisir pantai, pemandangan laut hingga bawah laut semuanya indah.

Selain pemandangan yang memanjakan mata, selama di Labuan Bajo harus banget mencicipi berbagai kuliner khasnya. Apa saja wisata kuliner khas Labuan Bajo?

1.Jagung Bose

Kuliner khas paling populer dari Labuan Bajo yang harus Anda cicipi adalah Jagung Bose. Panganan yang terbuat dari bahan utama jagung putih ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Selain itu bahan lain yang turut dijadikan sebagai tambahan antara lain seperti kacang merah dan kacang tanah. Keberadaan jagung putih disini digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat setempat karena sama – sama mengandung karbohidrat. Adanya santan dan juga rempah – rempah lainnya membuat Jagung Bose kaya akan rasa.

[irp posts=”1571″ name=”Eksis Sejak Puluhan Tahun, Kuliner Legendaris Solo Ini Wajib Dicoba”]

2.Kolo

Kolo termasuk sajian menu Labuan Bajo yang diolah dengan cara dibakar. Nasi bakar khas Labuan Bajo ini dibakar dalam kurun waktu 30 menit. Untuk isiannya sendiri, Kolo menggunakan rumpu rampe hingga berbagai isian seafood. Disarankan, agar kenikmatan Kolo bisa lebih maksimal, Anda bisa menyantapnya selagi masih hangat.

3.Ikan Kuah Asam

Letak Labuan Bajo yang didominasi dengan pesisir, tidak lepas dari kuliner olahan dari bahan ikan laut. Salah satu kuliner andalan khas Labuan Bajo olahan ikan laut antara lain ikan kuah asam. Jenis ikan yang digunakan pada kuliner ikan kuah asam sangat beragam bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari ikan kerapu hingga ikan kakap.

Sesuai dengan namanya, kuliner satu ini cenderung berkuah banyak dengan dominasi rasa asam yang segar. Penggunaan belimbing wuluh, bisa menciptakan rasa asam yang alami dan menyegarkan.

4.Jagung Catemak

Olahan kuliner lain yang sama – sama menggunakan bahan jagung adalah Jagung Catemak. Kuliner ini diolah dengan menggunakan labu lilin dan juga kacang hijau. Jagung catemak justru memiliki kecenderungan rasa asin. Menu olahan khas Labuan Bajo ini, direkomendasikan untuk dinikmati dengan menggunakan nasi hangat.

[irp posts=”1542″ name=”Deretan Makanan Nusantara Ini Pernah Masuk Daftar Kuliner Terenak Dunia”]

5.Rumpu Rampe

Rumpu rampe menjadi panganan unik selanjutnya yang berasal dari Labuan Bajo. Tak hanya didominasi dengan panganan berbahan dasar jagung dan ikan laut, Labuan Bajo juga populer dengan olahan kuliner berbahan dasar daun pepaya, rumpu rampe namanya.

Kuliner satu ini menggunakan daun pepaya yang diolah dengan cara ditumis. Jangan khawatir, olahan rumpu rampe sama sekali tak menimbulkan rasa pahit karena menggunakan teknik khusus saat mengolahnya.

Bahan lain yang digunakan sebagai pendamping antara lain seperti ubi, jantung pisang, buah pepaya muda hingga bunga pepaya. Untuk bumbu yang digunakan seperti penyedap rasa, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, tomat dan udang rebon sanghai.

6.Se’i

Selain panganan berbahan sayur – sayuran, Anda juga bisa menemukan panganan berbahan dasar daging sapi. Panganan ini sebenarnya sudah bisa Anda temukan di berbagai daerah termasuk daerah Anda.

Se’i merupakan panganan olahan khas Labuan Bajo dengan bahan utama daging sapi yang diolah dengan cara diasap.

[irp posts=”1512″ name=”Berkunjung ke Kudus, Jangan Lewatkan Kuliner Murah Nan Nikmat Ini”]

Proses pengolahannya pun masih menggunakan teknik tradisional dengan memanfaatkan kayu bakar. Rasa empuk dan gurih yang ditawarkan, membuat selera makan menjadi kian meningkat. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan tekstur daging empuk kurang lebih selama 9 jam pengasapan.

Selama proses pengasapan, daging sapi ditutupi dengan menggunakan daun kosambi sehingga bisa memunculkan aroma khas yang mungkin tidak ditemui di tempat lain. Saat menyantap, biasanya daging asap satu ini akan dipotong atau digunting kecil – kecil dan tipis. Anda bisa menikmatinya menggunakan berbagai jenis sambal yang sudah disediakan. Rasa Se’i menjadi semakin mantap saat disantap menggunakan sambal.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba berbagai penganan khas dari Labuan Bajo? Tak perlu merogoh kocek dalam – dalam, karena sebagian besar panganan ditawarkan dengan harga murah.

[irp posts=”1484″ name=”Berkunjung ke Kaliurang, Oleh – Oleh Berikut Ini Tak Boleh Dilewatkan”]

Originally posted 2022-05-19 14:00:25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Pantai Nglambor Yogyakarta

Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Linamasa.com – Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat …