bibir lipstik
Pexels/Oleg Magni

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah dapat dikarenakan oleh berbagai hal, seperti kurangnya cairan dalam tubuh, cuaca yang memang kurang baik, beberapa obat-obatan, serta terlalu sering menjilat bibir dengan lidah pun dapat membuat bibir kering.

Cara Untuk Mengatasi Bibir Kering Dengan Bahan Alami

Bibir kering dapat diobati dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah, seperti misalnya beberapa bahan berikut yang dapat dicoba sebagai cara mengatasi bibir kering :

1. Gula

Gula banyak digunakan sebagai lip scrub yang secara efektif dapat mengangkat sel-sel kulit kering dan mati pada bibir, sehingga mengembalikan kelembaban dan kelembutan bibir.

Untuk menggunakan gula sebagai lip scrub, lakukan langkah berikut :

[irp posts=”681″ name=”7 Cara Agar Bibir Terlihat Merah Alami, Aman dan Mudah Dilakukan”]
  • Gunakan gula pasir yang kasar, sehingga scrub akan lebih terasa
  • Campurkan 2 sendok teh gula pasir tersebut dengan satu sendok teh madu.
  • Lip scrub siap digunakan, oleskan pada bibir selama 5 – 10 menit sambil sesekali digosok perlahan. Hal ini akan menghilangkan kulit yang kering.
  • Basuh dengan air hangat dan rasakan perbedaannya.

2. Kelopak Bunga Mawar

Siapa sangka ternyata kelopak bunga mawar dapat digunakan untuk mengatasi bibir kering. Kelopak bunga mawar memiliki berbagai kandungan yang dapat menjaga bibir tetap lembab serta meningkatkan warna bibir menjadi lebih cerah. Untuk menggunakan kelopak bunga mawar, perhatikan langkah-langkah berikut :

  • Petik satu bunga mawar, dan cuci terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Rendam keseluruhan bunga mawar ke dalam susu cair selama 1 – 2 jam.
  • Hancurkan kelopak bunga yang sudah direndam menjadi pasta.
  • Aplikasikan pasta tersebut ke bibir sebanyak 2 – 3 kali sehari, terutama sebelum Anda pergi tidur. Rasakan hasilnya yang menakjubkan.
[irp posts=”1452″ name=”Solusi Untuk Bibir Hitam, Ini Dia Pilihan Lipstik Paling Tepat”]

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki berbagai kandungan mineral yang dapat mengobati kekeringan pada bibir sehingga membuatnya lebih lembut dan bebas dari rasa kering yang mengganggu. Untuk menggunakan minyak kelapa, Anda dapat mencoba cara berikut :

  • Campurkan 1 sendok makan dengan 1 sendok makan garam dapur ke wadah kecil.
  • Aplikasikan campuran tersebut ke bibir sambil digosok secara berputar perlahan.
  • Lakukan selama beberapa menit hingga Anda merasa bibir mulai melembut, bilas dengan air hangat dan bersihkan sisa scrub dengan handuk.
  • Minyak kelapa juga dapat digunakan untuk menggantikan lip balm yang Anda gunakan sehari-hari. Tentunya akan membuat bibir lebih lembab secara alami dan sehat.

4. Madu

Selain berpotensi menghilangkan sel-sel kering pada kulit bibir, madu juga bermanfaat untuk mencerahkan warna bibir sehingga lebih merona. Penggunaan madu dapat digabungkan dengan gula pasir seperti pada poin pertama, juga dapat diaplikasikan langsung pada bibir.

[irp posts=”1149″ name=”3 Cara Penting Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Alami”]

Lakukan pengolesan madu sebelum Anda tertidur hingga bangun di keesokan harinya. Hal ini dikarenakan pada saat manusia tertidur, tidak ada asupan cairan ke dalam tubuh, sehingga ketika bangun keesokan harinya, tubuh sebenarnya merasa sedikit dehidrasi.

Maka dari itulah Anda juga disarankan untuk minum segelas air setiap bangun tidur untuk mengembalikan cairan pada tubuh, serta menggunakan madu pada bibir untuk menjaga bibir tetap lembab sepanjang malam.

5. Minyak Kastor

Minyak kastor juga terbukti ampuh dalam mengatasi bibir yang kering. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
Aplikasikan 1 – 3 tetes minyak kastor ke permukaan bibir beberapa kali dalam sehari saat Anda mulai merasa bibir kering.
Dapat pula digabungkan dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1:1.

Dapat digabung pula dengan satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes perasan lemon untuk dipakai semalaman.
Kemudian basuh dengan kapas yang telah dibasahi air hangat keesokan harinya.

[irp posts=”791″ name=”4 Cara Mengobati Jerawat Batu dengan Bahan Alami”]

6. Krim Susu

Krim susu memiliki kandungan lemak alami yang dapat melembabkan kulit kering pada bibir. Cara menggunakannya sebagai berikut :

  • Oleskan krim pada permukaan bibir secara merata
  • Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas perlahan menggunakan air hangat dan kapas.
  • Lakukan setiap hari untuk pengobatan bibir kering yang lebih cepat.

7. Aloe Vera

Daun lidah buaya selain bermanfaat bagi rambut, ternyata dapat pula diolah menjadi bahan yang dapat mengatasi kulit kering. Anda bisa mengolah gel yang terdapat dalam daun lidah buaya untuk dijadikan bahan makanan seperti pada campuran es buah atau agar-agar, juga dapat secara langsung mengoleskan gelnya pada bibir.

Jika secara langsung mengoleskan gelnya, ada kemungkinan Anda akan sedikit merasa mual karena baunya yang kurang sedap, namun hasil bibir yang lembab akan membuat Anda rela melewati bau kurang sedap tersebut.

[irp posts=”737″ name=”5 Cara Alami Membersihkan Wajah Agar Terlihat Berseri”]

8. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin C yang dapat menstimulasi produksi kolagen yang menjaga kelembaban bibir dan kulit. Selain itu, kandungan air dalam mentimun pun cukup fantastis, dapat mencapai 90% sehingga dapat menyegarkan bibir seketika.

Untuk menggunakan mentimun, lakukan langkah-langkah berikut :

  • Iris-iris mentimun, jangan terlalu tipis dan jangan pula terlalu tebal.
  • Gosokkan daging mentimun ke bagian bibir yang kering secara perlahan, hingga cairan di dalamnya merata mengenai bibir.
  • Diamkan selama 15-20 menit sehingga cairan dari mentimun mengobati bibir kering Anda
  • Basuh dengan air dan lap dengan handuk. Lakukan beberapa kali dalam sehari.

9. Minum Banyak Air

Dehidrasi menjadi penyebab utama kulit Anda mengering. Sangat penting untuk tetap menjaga konsumsi air minum setiap harinya sehingga tubuh Anda tidak dehidrasi yang ditandai dengan keringnya bibir.

Minumlah satu hingga dua gelas air saat bangun tidur sebelum memakan apapun, juga minum kembali sebelum Anda pergi tidur. Anda juga dapat mencoba infused water, yaitu tren masa kini yang menggabungkan berbagai macam buah-buahan ke dalam air yang diminum sehingga air mineral terasa lebih segar.

Itulah tadi 9 macam tip mengatasi bibir kering. Kini, para wanita tidak perlu khawatir lagi bibir kering berlebihan saat memakai lipstik matte. Bibir sehat tanpa gangguan sel kulit kering dan pecah-pecah.

[irp posts=”867″ name=”7 Cara Alami Melentikkan dan Memanjangkan Bulu Mata”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

ilustrasi kanker hati

7 Makanan yang Mendukung Detoksifikasi Hati

Linamasa.com – Hati merupakan organ yang memiliki peran untuk membasmi racun yang terdapat di dalam …