wajah wanita bersih
Freepik/rawpixel

Punya Masalah Kulit Berminyak, Kebiasaan Sehari – Hari Bisa Jadi Pemicunya

Linamasa.com – Merawat kulit yang cenderung lebih berminyak, memang dibutuhkan effort lebih agar bisa mendapatkan penanganan yang sesuai. Anda harus benar – benar memperhatikan produk perawatan yang cocok untuk diaplikasikan pada kulit wajah dengan tujuan mengatasi masalah kulit berminyak.

Namun beberapa orang yang sudah berusaha menggunakan skincare terbaik, ternyata masih belum bisa terlepas dari kulit berminyak. Jika sudah begini, tentu akan membuat kepala makin pening. Sebenarnya masalah kulit berminyak tak hanya bisa disebabkan oleh ketidakcocokan produk saja, melainkan juga bisa karena kebiasaan sehari – hari yang Anda lakukan.

Untuk itu, beberapa perilaku yang sudah menjadi kebiasaan Anda sehari – hari seperti di bawah ini wajib dihindari agar kulit tak berminyak. Apa saja kebiasaan tersebut?

1.Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyaknya aktivitas di luar ruangan, membuat Anda khawatir akan ada banyak debu dan bakteri yang menempel pada bagian wajah. Sehingga mencuci wajah menjadi salah satu solusi untuk menjaga kebersihan wajah. Siapa sangka, sering membersihkan wajah justru membuat wajah cenderung lebih berminyak. Jadi disarankan agar kebiasaan terlalu sering mencuci muka tidak dilakukan ya. Cucilah muka Anda sewajarnya saja, maksimal 2 kali dalam sehari.

[irp posts=”1557″ name=”Ingin Penampilan Lebih Menarik, Penting Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit”]

Selain itu, banyak orang yang beranggapan bahwa sering mencuci wajah bisa membantu untuk menghilangkan minyak. Anggapan ini justru salah besar. Kulit kering yang diakibatkan karena sering mencuci wajah, secara alami kulit akan berusaha untuk memproduksi minyak lebih banyak dengan tujuan menjaga kelembaban kulit wajah. Alhasil, kulit wajah akan semakin berminyak.

2.Tidak Pernah Menggunakan Pelembab

Meskipun kulit wajah Anda termasuk dalam kategori berminyak, penggunaan pelembab pada wajah tetap dianjurkan. Tujuan penggunaan pelembab pada wajah adalah untuk membantu menghidrasi, menyeimbangkan kadar minyak hingga menjaga kelembaban kulit wajah. Namun jenis pelembab yang digunakan pun harus diperhatikan baik – baik.

Jenis pelembab yang paling cocok untuk diaplikasikan pada kulit wajah berminyak adalah jenis pelembab berbahan dasar air. Anda bisa mengetahuinya dari informasi yang ada pada produk. Pastikan terdapat kandungan non comedogenic dan oil free.

[irp posts=”1524″ name=”Wajah Bruntusan, Kenali Penyebabnya Sejak Dini”]

3.Menggunakan Produk Yang Tidak Ada Label Oil Free

Bagi Anda yang sering menggunakan make up sehari – hari, bisa membuat kondisi minyak pada wajah menjadi semakin parah. Apalagi jika pelembab yang digunakan tak ada label oil free, bisa dipastikan kondisi wajah akan semakin parah.

Untuk itu, memilih pelembab dengan label oil free sangat direkomendasikan untuk membantu mengontrol kadar minyak pada kulit wajah. Selain pelembap, pastikan bedak dan produk make up yang Anda gunakan juga mengandung oil free, agar hasilnya lebih maksimal.

4.Kebiasaan Buruk Sering Mengkonsumsi Makanan Siap Saji dan Gorengan

Siapa sangka gorengan yang menawarkan kelezatan untuk dimakan sehari – hari, justru membuat kulit wajah semakin berminyak. Selain itu, sering mengkonsumsi makanan siap saji juga bisa menjadi salah satu pemicu kulit wajah berminyak.

Disarankan bagi Anda yang memiliki kecenderungan kulit wajah berminyak, untuk mengurangi kebiasaan mengkonsumsi jenis makanan – makanan tersebut. Apalagi para pecinta gorengan yang sehari – hari tak bisa terlepas dari makan gorengan. Setidaknya, dalam seminggu maksimal dua kali saja ya.

[irp posts=”1498″ name=”Suka Menggunakan Gel Manicure, Pahami Efek Sampingnya”]

5.Mengeksfoliasi Kulit Wajah Terlalu Keras

Banyak orang yang tak menyadari bahwa mengeksfoliasi kulit wajah terlalu keras bisa membuat wajah menjadi berminyak. Tujuannya memang baik, agar wajah bebas komedo dan membantu mengangkat kulit mati, namun kekuatannya harus disesuaikan ya.

Selain kulit wajah menjadi lebih banyak minyak, ternyata juga bisa memicu iritasi. Agar semua itu tak terjadi, memang diperlukan pengetahuan lebih lanjut agar tak salah dalam memberikan perlakukan pada wajah. Silahkan melakukan eksfoliasi dengan halus. Kulit mati bisa terangkat, wajah pun tetap bisa bebas dari minyak berlebih dan juga resiko iritasi yang dapat merusak kulit wajah Anda.

Jika cara – cara yang sudah diberikan di atas masih belum bisa mengatasi kondisi kulit berminyak pada kulit wajah Anda, ada baiknya untuk melakukan konsultasi lebih lanjut pada dokter kecantikan agar mendapatkan rekomendasi hingga perawatan yang sesuai. Dengan ditangani oleh ahlinya, dijamin bisa lebih aman.

[irp posts=”1452″ name=”Solusi Untuk Bibir Hitam, Ini Dia Pilihan Lipstik Paling Tepat”]

Originally posted 2022-05-18 14:00:37.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wajah wanita bersih

Cara Murah Merawat Kesehatan Kulit agar Tampak Awet Muda

Linamasa.com – Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai cara murah merawat kesehatan kulit, maka hendaknya …