ruko resto
Freepik/rawpixel

Investasi Ruko Menguntungkan, Ini Tips dan Keuntungannya

Linamasa.com – Dari masa ke masa, investasi properti memang tak pernah sepi peminat. Pasalnya dalam kondisi apapun, seiring berjalannya waktu pasti terjadi peningkatan harga. Investasi properti juga dianggap lebih aman dan bisa memberikan untung berkali – kali lipat dengan catatan dilakukan secara tepat.

Salah satu jenis investasi properti yang dinilai mempunyai rate keuntungan besar dan sangat populer antara lain investasi ruko. Mau tahu lebih lanjut tentang investasi ruko?

Investasi ruko bisa dilakukan dengan cara menyewakannya. Selain Anda menjadi hak milik dari ruko, ternyata juga bisa mendapatkan penghasilan rutin dari layanan jasa sewa ruko tersebut. Bisa dikatakan investasi ruko mendatangkan untung berlipat. Ruko bisa dimanfaatkan untuk area perkantoran, jualan hingga gudang penyimpanan barang.

Pada umumnya, sebuah ruko (rumah toko) sebagian besar dimanfaatkan sebagai tempat berjualan sekaligus tempat tinggal. Hampir tidak ada ruginya dengan memutuskan untuk melakukan investasi ruko.

Baca juga: Investasi Rumah Kontrakan

Keuntungan Investasi Ruko Secara Umum

Membeli sebuah properti untuk investasi memang bukan termasuk perkara mudah. Ruko menjadi salah satu investasi paling direkomendasikan sepanjang masa. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan selama investasi properti ruko antara lain seperti :

1.Ruko Bisa Menjadi Investasi Multifungsi

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat pada pembahasan sebelumnya, bahwa ruko bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis sekaligus sebagai tempat tinggal. Bahkan bisa untuk area perkantoran hingga area pergudangan.

Karena pada dasarnya ruko memang didesain khusus agar bisa digunakan sebagai area multifungsi, dengan memutuskan untuk memiliki ruko bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, bekerja dan tempat tinggal. Beli satu properti, bisa mendatangkan beragam fungsi.

[irp posts=”884″ name=”Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan 5 Jurus Jitu Ini!”]

di depan ruko
Freepik/ArthurHidden

2.Bisa Menjadi Sumber Penghasilan (Passive Income)

Setelah membeli ruko, Anda juga bisa langsung merasakan manfaatnya jika memutuskan untuk menyewakan ruko tersebut. Ini menjadi langkah tepat untuk menghadirkan passive income. Anda bisa berpendapatan bulanan maupun tahunan sesuai perjanjian dengan pihak penyewa tanpa harus melakukan apa – apa.

Jika suatu waktu ruko dalam kondisi kosong, Anda hanya perlu melakukan kontrol berkala dan melakukan perawatan ringan seperti membersihkan hingga perbaikan kecil lainnya pada bagian tertentu yang membutuhkan perawatan lebih lanjut.

3.Usaha Menjadi Lebih Mudah & Fleksibel

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan ruko tersebut sebagai tempat usaha, Anda tak lagi pusing harus memikirkan biaya perpanjangan sewa tempat, biaya administrasi, biaya perawatan atau biaya – biaya lainnya. Bahkan saat pihak pemilik ruko ingin menggunakan ruko tersebut, Anda pun tak lagi kebingungan harus mencari tempat baru. Karena Anda menjalankan bisnis di properti milik pribadi.

[irp posts=”1169″ name=”3 Tips Penting Berinvestasi untuk Pasangan Keluarga Muda”]

4.Peluang Mendapatkan Capital Gain

Sebagai investor properti, Anda sudah menciptakan peluang keuntungan dari capital gain. Capital Gain bisa didapatkan oleh pemilik properti dengan adanya kenaikan harga tahunan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, Capital Gain bisa didapatkan saat Anda memutuskan untuk menjual properti tersebut saja. Selain itu, Capital Gain juga bisa didapatkan dari penyesuaian harga sewa baru.

5.Ruko Bisa Jadi Aset Berharga

Investasi dalam bentuk properti seringkali dihubungkan dengan investasi jangka panjang. Tak hanya mendapatkan potensi passive income jangka panjang, ruko bisa dijadikan sebagai salah satu tabungan untuk masa tua nanti. Mengingat harga aset seiring perkembangan waktu harganya akan semakin merangkak naik. Selain itu, ruko juga bisa dijadikan sebagai warisan berharga untuk anak cucu hingga jaminan ke bank jika sewaktu – waktu membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup besar.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Investasi Ruko

Beberapa tips dalam memilih investasi ruko di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai referensi agar keuntungan yang didapatkan semakin maksimal :

  • Pastikan ruko berada di jalan utama
  • Investasi ruko di dalam kompleks perumahan
  • Pasang tarif sewa ruko sesuai standar
  • Rajin update informasi harga ruko di pasaran
  • Pahami dengan baik hukum sewa menyewa
  • Cari tahu segala bentuk informasi terkait ruko yang ingin dibeli

[irp posts=”884″ name=”Cara Menabung untuk Membeli Rumah dengan 5 Jurus Jitu Ini!”]

Namun perlu diingat membeli properti jangan sampai tergesa – gesa, butuh pertimbangan matang untuk mengurangi resiko kerugian. Meskipun banyak pihak marketing yang mendesak terus menerus, usahakan untuk santai, pahami berbagai aspek terlebih dahulu agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa semakin maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Martabak-Manis

Peluang Usaha Berjualan Terang Bulan Mini

Linamasa.com – Martabak manis atau kue terang bulan memang sudah lama dkenal serta digemari oleh …