Serabi Notosuman
Wikipedia/Meursault2004

Eksis Sejak Puluhan Tahun, Kuliner Legendaris Solo Ini Wajib Dicoba

Linamasa.com – Selain Jogja, Solo populer dengan sejarah dan juga budayanya. Tak hanya itu saja, kuliner khas Solo yang begitu beragam, juga wajib dicoba selama berkunjung kesana. Dari begitu banyaknya kuliner enak, Solo punya panganan legendaris yang sudah bertahan berpuluh – puluh tahun lamanya.

Yang menjadi daya tarik tersendiri, meskipun sudah diwariskan dari generasi ke generasi, rasa dari berbagai kuliner legendaris tersebut masih bisa dipertahankan hingga saat ini. Apa saja panganan legendaris tersebut, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1.Timlo Sastro

Untuk bisa mendapatkan Timlo Sastro, Anda bisa menemukannya di sudut Pasar Gede Kota Solo. Timlo Sastro memiliki isian khas seperti sosis solo, telur pindang dan potongan hati ampela dilengkapi dengan kuah bening. Panganan Timlo Sastro ini sudah ada sejak tahun 1952 dan sangat terkenal di kalangan masyarakat Solo. Timlo Sastro buka mulai pukul 06.30 hingga 15.30 WIB.

[irp posts=”1542″ name=”Deretan Makanan Nusantara Ini Pernah Masuk Daftar Kuliner Terenak Dunia”]

2.Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo yang didirikan oleh Wulandari Kusmadyaningrum sejak tahun 1985 populer dengan sebutan Selat Solo Mbak Lies. Di Solo sendiri, jika Anda bertanya keberadaan Selat Solo Mbak Lies, sebagian besar orang akan mengenalinya. Isian dari panganan Selat Solo Mbak Lies didominasi dengan sayuran yang sudah direbus dan disiram dengan kuah khusus nan lezat. Selat sendiri adalah plesetan dari nama Salad. Lokasinya berada di Jalan Veteran buka mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

3.Tengkleng Klewer Bu Edi

Sekilas tengkleng mirip dengan panganan gulai yang didominasi dengan daging kambing. Dulunya, tengkleng identik dengan pangana orang susah (miskin), karena isiannya adalah balungan dari daging kambing. Di Solo, tengkleng paling populer dan lezat adala tengkleng klewer Bu Edi yang bisa ditemukan di kawasan Pasar Klewer. Saking enaknya, hanya buka selama 2 jam hingga 3 jam saja, sudah langsung ludes diserang masa.

4.Sate Kere Yu Rebi

Sate kere bisa diartikan sebagai satenya orang miskin. Isian dari Sate Kere sendiri adalah tempe gembus dan juga jeroan sapi. Biasanya, Sate Kere disajikan dengan potongan lontong dan siraman sambel kacang. Sate Kere paling direkomendasikan di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi yang sudah ada sejak tahun 1986. Anda bisa menemukannya di belakang Stadion Sriwedari Solo mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

[irp posts=”1512″ name=”Berkunjung ke Kudus, Jangan Lewatkan Kuliner Murah Nan Nikmat Ini”]

5.Serabi Notosuman

Serabi Notosuman menjadi salah satu panganan paling legendaris yang bisa ditemukan di beberapa daerah di Jawa Tengah. Selain di Solo, Anda juga bisa menemukannya di Kudus. Selama berkunjung ke Solo, Anda bisa menemukan Serabi Notosuman terenak di Jalan Mohammad Yamin. Kini Serabi Notosuman sudah semakin berkembang dengan pilihan banyak varian rasa.

6.Gudeg Ceker Bu Kasno

Gudeg yang identik dengan kota Jogja, ternyata juga menjadi salah satu panganan legendaris khas Solo. Hanya saja Gudeg Solo disajikan dengan menggunakan toping ceker ayam kampung, sambal krecek dan disiram kuah kaldo nan gurih. Anda bisa mendapatkannya di Jalan Monginsidi, Margoyudan milik Bu Kasno yang dihargai mulai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu tergantung topingnya.

7.Es Dawet Selasih Bu Dermi

Es dawet memang banyak dijumpai di berbagai daerah karena merakyat. Di Solo pun, es dawet juga menjadi salah satu kuliner melegenda. Hanya saja, perbedaannya terdapat pada selasih. Anda bisa mencoba es dawet selasih milik Bu Dermi yang sudah ada sejak tahun 1930.

[irp posts=”1484″ name=”Berkunjung ke Kaliurang, Oleh – Oleh Berikut Ini Tak Boleh Dilewatkan”]

8.Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu yang lokasinya berada di Jalan Teuku Umar juga menjadi salah satu panganan favorit dan melegenda. Nasi Liwet ini sudah ada sejak tahun 1950 dan banyak digemari oleh masyarakat Solo.

9.Soto Gading

Soto ayam paling populer yang ada di Kota Solo adalah Soto Gading yang berada di Jalan Brigjen Sudiarto. Soto Gading banyak dikunjungi oleh para pejabat negara karena rasanya yang mampu menggoyang lidah. Rasa kuah kentalnya yang gurih ditambah dengan isian lengkap seperti sate jeroan, perkedel, empal, tahu dan tempe, semakin menambah selera makan Anda.

10.Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis

Nasi pecel satu ini berbeda dengan nasi pecel lainnya. Sambal tumpang merupakan sambal yang dibuat dari bahan tempe yang dibusukkan terlebih dahulu. Untuk rasanya sendiri gurih, manis dan cenderung agak pedas.

Nah dari sederet panganan legendaris Solo tersebut, sebagian besar disukai oleh Presiden Joko Widodo lho. Salah satu favorit Presiden Jokowi adalah kuliner Es Dawet Selasih.

[irp posts=”1438″ name=”Bingung Cari Oleh – Oleh, Coba Kuliner Khas Semarang Ini”]

Originally posted 2022-05-17 14:00:01.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Pantai Nglambor Yogyakarta

Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Linamasa.com – Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat …