...
sate
Freepik/jcomp

Deretan Makanan Nusantara Ini Pernah Masuk Daftar Kuliner Terenak Dunia

Linamasa.com – Bisa menikmati makanan yang enak, bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri bagi para penikmatnya. Jika merujuk dari pepatah kuno italia ada ungkapan seperti ini “manusia tidak akan pernah menjadi tua ketika ia berada di meja makan”. Terlebih jika hidangan yang tersaji di meja makan bisa disantap bersama – sama dengan orang yang kita sayang.

Tidak heran, jika sebagian orang rela mengeluarkan uang lebih hanya untuk bisa menikmati beragam makanan yang lezat. Dari banyaknya jenis kuliner yang ada di seluruh dunia, siapa sangka makanan nusantara banyak yang bertengger di posisi tertinggi menjadi makanan terenak di dunia. Apa saja makanan nusantara tersebut?

1.Indomie Goreng

Meskipun makanan ini dianggap sebagai salah satu kuliner kurang sehat, siapa sangka mie instan bermerk Indomie banyak penggemarnya. Bahkan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri saat bertemu Indomie layaknya bertemu dengan sebongkah berlian.

[irp posts=”1512″ name=”Berkunjung ke Kudus, Jangan Lewatkan Kuliner Murah Nan Nikmat Ini”]

Tak hanya ramah di kantong, makanan berkategori mie instan ini sangat gampang dibuat. Ditambah lagi rasanya pun nikmat. Anda bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera seperti sayuran rebus, olahan ayam, telur, sosis, parutan keju hingga toping lainnya.

Menurut pendapat dari food columnist asal Los Angeles Amerika Serikat bernama Lucas Kwan Peterson, Indomie memiliki cita rasa layaknya ramen. Bahkan menurutnya, Indomie menjadi satu – satunya ramen paling enak yang pernah ia temui. Terlebih Indomie Goreng Jumbo rasa ayam yang diibaratkan seperti surga olehnya.

2.Es Cendol

Minuman dingin dengan ciri khas warna hijau mencolok bernama cendol, ternyata pernah menduduki level atas sebagai kuliner terenak di dunia. Tak hanya digemari oleh warga lokal saja, minuman cendol juga banyak dicintai oleh orang – orang mancanegara.

[irp posts=”1484″ name=”Berkunjung ke Kaliurang, Oleh – Oleh Berikut Ini Tak Boleh Dilewatkan”]

Kuliner yang dibuat dengan menggunakan bahan santan dan juga gula merah, memang mempunyai tampilan yang menggiurkan. Cendol mampu berjejer dengan kuliner dunia lainnya seperti scotch whisky, pina colada Puerto rico, hingga mango lassi india.

3.Nasi Goreng

Makanan sederhana yang banyak dan mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia ini juga pernah menempati posisi sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Tercatat sepanjang tahun 2017, nasi goreng berhasil masuk ke dalam level kuliner kelas dunia. Meski sederhana, dari segi citarasa tak bisa diremehkan.

Buktinya banyak wisatawan mancanegara yang ketagihan saat menyantap nasi goreng. Bahkan ada yang rela bolak – balik ke Indonesia hanya untuk bisa menikmati nasi goreng. Dalam proses pengolahannya, nasi goreng hanya menggunakan bumbu dan rempah yang simpel seperti bawang putih, bawah merah, cabai dan garam. Untuk bahan tambahan, pada umumnya menggunakan telur, sayur dan suwiran ayam.

[irp posts=”1438″ name=”Bingung Cari Oleh – Oleh, Coba Kuliner Khas Semarang Ini”]

4.Es Kelapa Muda

Di saat cuaca sedang panas – panasnya, es kelapa muda menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu. Meskipun tampilannya begitu sederhana, siapa sangka es kelapa muda mampu bertengger sebagai kuliner khas Indonesia terenak di dunia. Dalam proses membuatnya, tak membutuhkan waktu lama kok. Hanya butuh air kelapa, kelapa muda, dan pemanis (gula putih, gula jawa atau sirup).

5.Rendang

Olahan daging yang banyak dijumpai di warung nasi padang satu ini juga pernah masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Rendang, diolah dengan menggunakan banyak rempah untuk menciptakan cita rasa yang khas. Untuk kuliner satu ini, proses membuatnya memang membutuhkan waktu agak lama agar tekstur daging benar – benar empuk dan bumbunya bisa meresap sempurna ke dalam daging.

6.Roti Gambang

Roti gambang diketahui sudah ada sejak zaman penjajahan kolonial Belanda. Makanan jadul ini sempat menempati peringkat ke 19 sebagai salah satu kuliner terenak di dunia. Dominasi rasa yang ditawarkan oleh Roti Gambang adalah cita rasa legit dari gula merah. Pada bagian atas, terdapat taburan wijen yang menambah selera makan. Untuk rasanya sendiri, cenderung gurih. Roti gambang akan lebih nikmat jika disantap bersama dengan kopi atau teh. Celup – celup terlebih dahulu, baru dimakan.

[irp posts=”1411″ name=”Jadi Primadona Bagi Artis Luar Negeri, Ini Deretan Kuliner Khas Nusantara”]

7.Olahan Kuliner Sate

Sate memang menjadi salah satu makanan legendaris di nusantara. Bahan dan bumbu yang digunakan pun sangat beragam. Ada yang menggunakan bahan sapi, kerbau, ayam, kambing dan olahan daging lainnya. Daging yang diolah dengan cara ditusuk dan dibakar ini, disajikan menggunakan saus kecap atau pun saus kacang. Karena rasanya yang mantap, sate menjadi salah satu kuliner nusantara yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

tips liburan

Itinerary Bandung 4 Hari 3 Malam, Hemat dan Anti Gagal!

Linamasa.com – Ketika ingin pergi berlibur kemanapun kita perlu merencanakannya sebaik mungkin. Terlebih jika kamu …