...
mesin mobil
Freepik/jannoon028

Penyebab Mobil Brebet Saat di Gas, Cek Mesinnya!

Linamasa.com – Kondisi kinerja mesin yang tidak normal, tentu membuat Anda tidak nyaman. Apalagi jika menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh, pasti akan membuat was – was di sepanjang perjalanan. Salah satu pertanda umum yang biasa terjadi adalah saat pedal gas mulai diinjak, mobil tersebut akan melaju dengan tersendat – sendat. Kondisi gas kendaraan yang seperti itu, sering disebut brebet.

Dikutip dari unggahan media Viva Otomotif merujuk laman Seva.id pada hari Kamis, 12 Mei 2022, ternyata ada sederet penyebab utama mengapa kondisi mesin mobil mengalami masalah brebet. Di bawah ini ada beberapa penyebab yang bisa Anda pahami agar saat kondisi tersebut menimpa Anda, bisa segera mendapatkan solusi untuk mengatasinya :

1.Tangki Bahan Bakar Terbiasa dalam Keadaan Nyaris Kosong

Kondisi ini sudah menjadi hal biasa bagi pengendara mobil. Namun, ada baiknya untuk tidak membiasakannya agar mobil berumur panjang. Biasakan untuk mengisi penuh tangki bahan bakar. Selain lebih aman dan tidak khawatir kehabisan di jalan, kondisi ini juga membuat kendaraan tidak menimbulkan reaksi brebet. Setiap kali selesai menggunakan mobil, luangkan waktu untuk isi bahan bakar penuh terlebih dahulu.

[irp posts=”1510″ name=”Sering Mengendarai Mobil, Deretan Kelalaian yang Membuat Mobil Cepat Rusak”]

Kondisi tangki bahan bakar yang nyaris kosong, biasanya memang menjadi salah satu pemicu mengapa mobil brebet saat pedal gas diinjak. Tidak hanya Anda yang menjadi tak nyaman, namun penumpang lainnya pun akan merasakan hal yang sama. Kondisi tangki bahan bakar yang nyaris kosong, akan membuat aliran BBM tidak bisa maksimal saat menuju ruang bakar. Wajar saja jika kinerjanya menjadi agar tersendat.

2.Masalah Pada Bagian Saringan BBM

Keberadaan filter pada spare part mobi, mempunyai peran utama dalam membantu proses penyaringan bahan bakar yang hendak masuk menuju ke ruang mesin. Jika pada bagian filter tersebut diketahui banyak kotoran yang menumpuk, bisa menciptakan masalah pada aliran BBM. Salah satunya adalah membuat aliran BBM tersebut menjadi tersendat karena terhalangi oleh kotorang yang menumpuk pada bagian filter. Efek yang ditimbulkan pun bisa dikatakan menyerupai saat kondisi tangki bahan bakar kendaraan nyaris kosong.

Belum lagi resiko kotoran yang menumpuk di bagian filter menjadi bercampur dengan bahan bakar tersebut. Untuk itu, melakukan service rutin bisa membantu mengatasi masalah – masalah yang mungkin terjadi. Selama service, bagian filter pun tak luput dari pembersihan.

[irp posts=”1407″ name=”Kode Pada Ban Mobil, Ternyata Ada Maknanya”]

3.Bagian Spare Part Busi dalam Keadaan Kotor

Mengingat posisi spare part busi letaknya tidak mudah untuk dilakukan pemantauan secara langsung, saat kondisinya kotor pun tidak bisa diketahui dengan mudah. Kecuali saat sedang melakukan service, pasti petugasnya akan langsung melakukan pengecekan menyeluruh yang mana salah satunya adalah bagian busi.

Kondisi busi yang kotor, ternyata juga bisa mengganggu kinerja secara keseluruhan dari mobil Anda. Masalah paling umum yang bisa terjadi adalah mesin menjadi tersendat karena sistem pengapiannya tidak mampu berjalan dengan sempurna akibat gangguan dari kotoran.

Tak hanya karena kotor saja, kondisi busi yang sudah tak memenuhi standar, wajib dilakukan penggantian secara berkala, agar kinerja mesin mobil bisa kembali optimal.

4.Kondisi Mesin Sedang Overheating

Kondisi dimana mesin sedang mengalami overheating atau panas berlebih, bisa memicu terjadinya gangguan pada mobil tersebut. Salah satunya adalah membuat mobil menjadi brebet saat gas diinjak.

Penyebab utama terjadinya overheating pada mesin mobil karena salah satunya adalah masalah pada bagian radiator. Untuk itu, melakukan pemeriksaan berkala secara mandiri juga sangat penting. Pastikan air yang ada di dalam radiator mobul dalam kondisi cukup. Jika sampai kurang atau bahkan habis, masalahpun akan menghantui Anda selama berkendara.

[irp posts=”1384″ name=”Teknik Injak Pedal Gas yang Benar di Tanjakan Saat Macet, Anda Wajib Tau”]

5.Malas Melakukan Perawatan Berkala

Layaknya tubuh kita, jika tidak dirawat akan muncul berbagai gangguan kesehatan. Mobil pun juga demikian, jika Anda malas untuk melakukan perawatan rutin, berbagai masalah pun akan muncul selama Anda berkendara seperti halnya mobil menjadi brebet, kurang bertenaga, mogok hingga permasalahan berat lainnya.

Untuk itu, Anda harus patuh dengan jadwal service rutin yang sudah diberikan oleh pihak dealer resmi. Bisa berpatokan pada kilometer atau jangka waktu, mana yang lebih dulu tercapai bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk melakukan service.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

mobil listrik toyota bz4x

AC Mobil Cepat Jebol, Kebiasaan Buruk Ini Jadi Biang Keroknya

Linamasa.com – AC pada mobil menjadi salah satu komponen untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, tak …