wanita jerawat
Freepik/user18526052

Wajah Bruntusan, Kenali Penyebabnya Sejak Dini

Linamasa.com – Jerawat menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi pada wajah. Selain jerawat, ternyata masih banyak masalah wajah yang seringkali membuat tak nyaman, salah satunya adalah muncul bruntusan. Masalah bruntusan pada wajah merupakan kondisi kulit yang terasa kasar dan memiliki tekstur tak rata pada bagian permukaannya.

Saat disentuh secara perlahan, Anda akan merasa kan seperti ada titik – titik kecil pada permukaan kulit. Meskipun munculnya bruntusan pada wajah tak memiliki dampak yang berbahaya, tapi keberadaannya membuat tak sedikit orang menjadi tak percaya diri karena dianggap bisa mengurangi penampilan.

Penyebab utama dari munculnya bruntusan pada permukaan wajah

1.Penghapusan Make Up yang Kurang Maksimal

Bagi Anda yang gemar menggunakan make up sehari – hari, bisa berpotensi menimbulkan masalah pada wajah. Terlebih lagi jika tak membersihkannya dengan sempurna. Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah munculnya bruntusan pada permukaan wajah.

Nyatanya, masih banyak orang yang ternyata malas membersihkan make up setelah selesai beraktivitas dan memilih langsung tidur. Pori – pori kulit yang masih terdapat sisa make up dan juga bahan pembersih, menjadi momok utama bruntusan. Jadi tak perlu kaget, jika Anda malas ya siap – siap saja berbagai macam permasalahan kulit wajah akan mulai bermunculan.

2.Kebiasaan Makan Junk Food Berlebihan

Siapa sangka, kebiasaan makan junk food berlebih, bisa meningkatkan resiko buruk terhadap kondisi kulit. Tak hanya junk food, ternyata ada beberapa makanan lain seperti makanan pedas hingga berbagai jenis gorengan.

Kebiasaan mengonsumsi berbagai jenis makanan tak sehat, cenderung membuat kulit menjadi bruntusan. Mulai dari sekarang, perhatikan baik – baik setiap makanan yang Anda makan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan memastikan asupan air putih harian telah tercukupi.

3.Jarang Mengeksfoliasi Bagian Kulit

Bagi Anda yang seringkali melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, ada baiknya jika Anda mulai rutin melakukan eksfoliasi. Tujuan utama eksfoliasi pada wajah ialah untuk mengangkat sel – sel kulit yang telah mati. Pengelupasan sel – sel kulit mati mempunyai level yang sama pentingnya dengan menjaga kebersihan dan kelembapan pada kulit.

Jika Anda tak pernah melakukan eksfoliasi, seiring berjalannya waktu akan akan terjadi penumpukan sel kulit mati. Kemudian saat bercampur dengan bakteri, akan memicu munculnya bruntusan pada kulit.

4.Mengenakan Handuk yang Tidak Bersih

Kebersihan handuk yang Anda gunakan sehari – hari sangat berpengaruh pada munculnya bruntusan pada kulit. Ada baiknya minimal seminggu sekali Anda mencuci handuk dan membedakan antara handuk badan dengan handuk wajah. Handuk yang kondisinya kurang bersih dan Anda gunakan untuk mengeringkan wajah, bakteri – bakteri yang ada akan tertinggal di permukaan wajah. Melekatnya bakteri tersebut bisa menjadi pemicu bruntusan.

5.Kotoran Pada Rambut yang Menumpuk

Kotoran pada rambut yang tak rajin dibersihkan, sangat beresiko bisa membuatnya menempel pada wajah. Terlebih bagi Anda yang memiliki rambut panjang. Apalagi bagi Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga memicu keringat bercucuran dan menempel pada rambut serta wajah. Rajin membersihkan rambut dan wajah bisa jadi solusi untuk mengurangi resiko bruntusan pada permukaan wajah.

6.Memiliki Karakteristik Kulit yang Mudah Alergi Pada Produk Skincare

Masing – masing produk perawatan kulit memiliki karakteristik dan kandungan bahan – bahan yang berbeda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan banyak produk skincare, pastikan memilihnya sesuai dengan karakteristik kulit wajah. Hindari menggunakan produk skincare berlebihan maupun gonta ganti skincare. Jika Anda tak yakin dengan kesesuaian jenis skincare, tidak ada salahnya untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter kecantikan.

Namun jika Anda memilihnya sendiri, pastikan membaca dan memahami baik – baik apa saja kandungan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan produk skincare. Pahami juga apakah produk skincare yang dipilih menimbulkan alergi atau tidak.

Jika dalam jangka panjang bruntusan pada wajah tak kunjung hilang selama menggunakan produk skincare, sebaiknya untuk segera menghentikan penggunaannya dan segera konsultasikan ke dokter agar lebih aman serta mendapatkan solusi.

Nah, karena sekarang sudah pada tahu, agar tak muncul bruntusan pada wajah, berbagai tips di atas bisa Anda coba ya.

Originally posted 2022-05-14 14:00:43.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wajah wanita bersih

Cara Murah Merawat Kesehatan Kulit agar Tampak Awet Muda

Linamasa.com – Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai cara murah merawat kesehatan kulit, maka hendaknya …