kacang makanan protein
Pexels/Kafeel Ahmed

5 Manfaat Penting Kandungan Sistin dalam Tubuh

Linamasa.com – Dalam istilah nutrisi dan kandungan gizi, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan protein, karbohidrat, vitamin, dan asam amino. Semuanya merupakan elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan metabolisme dengan baik. Sistin merupakan salah satu dari jenis asam amino.

Sifatnya larut namun ia dikategorikan sebagai asam amino yang paling sulit larut dari semuanya. Sehingga sisa sistin yang menumpuk bisa membentuk batu disaluran kemih. Ia dimasukkan dalam golongan asam amino non-esensial. Dengan begitu, ia bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Sumber Sistin

Sistin merupakan asam amino yang mengandung sulfur. Bahkan tidak banyak asam amino yang mengandung sulfur. Dengan begitu manfaat sistin dalam tubuh cukup penting, sistin mampu mengikat dan menjaga struktur alami protein dalam tubuh. Sistin merupakan salah satu asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Temukan Berbagai Manfaat Buah-Buahan Disini! 

Namun, dalam konsumsinya tetap harus seimbang dan sebagai penyeimbang, kita diharuskan juga mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin B12, B16, dan Asam Folat. Hal ini karena sistin berpotensi untuk mengkristal dan mengendap pada ginjal sehingga munculah penyakit batu ginjal.

Meskipun begitu, sistin banyak manfaatnya untuk tubuh dan kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sistin yang berasal dari sumber makanan alami. Berikut beberapa makanan yang mengandung sistin.

1. Daging

Daging domba dan sapi diketahui mengandung sistin masing-masing 460 mg setiap 100 gr daging. Sedangkan daging ayam mengandung 423 mg setiap 100 gr.

2. Kacang-kacangan

Pada 100 gr kacang kedelai, kacang merah, almond dan lainnya mengandung 127 mg. Selain daging dan kacang-kacangan, sistin juga ditemukan pada sumber makanan lainnya seperti keju, ikan, oatmeal, telur, kerang, serta biji-bijian.

[irp posts=”1490″ name=”Manfaat Tembaga yang Sangat Penting untuk Tubuh”]

Sumber makanan yang mengandung protein tinggi sudah bisa dipastikan mengandung sistin pula didalamnya. Makanan diatas sudah sangat jelas merupakan sumber protein baik yang dibutuhkan tubuh dan didalamnya terkandung sejumlah sistin.

Manfaat Sistin

Setelah mengetahui makanan apa saja yang mengandung sistin, kini, saatnya kita menggali lebih jauh mengenai manfaat sistin dalam tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita ketahui.

1. Antioksidan

Sistin merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutation, yakni bentuk dari antioksidan alami yang diperlukan tubuh. Antioksidan berperan penting sebagai perlindungan dan senjata tubuh untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Dengan begitu, ia dapat merawat kesehatan kulit dan rambut. Ia mampu merangsang sel-sel baik untuk terbentuk dan beregenerasi sehingga ia menjadi anti-aging yang baik.

[irp posts=”160″ name=”Cara Ampuh Cegah Anemia dengan Konsumsi Makanan Ini”]

2. Antitoksin

Kandungan sulfur pada sistin mampu membantu untuk menetralisir racun khususnya yang berada pada liver atau hati.
Hati merupakan organ penting yang berperan dalam mengeluarkan racun-racun ditubuh. Dengan adanya sistin, maka proses pengeluaran racun akan lebih optimal.

3. Meningkatkan imunitas tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengalami masalah autoimun atau kurang kebalnya sistem imun dan terjangkit penyakit imun memiliki kadar sistin yang sangat rendah dalam darahnya.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa sistin sebenarnya sangat berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Tanpa sistin, imunitas tubuh mudah untuk diserang dan dilemahkan.

4. Mempercepat penyembuhan

Sistin berperan dalam membantu pembentukan sintesis protein dan pergantian sel-sel dimana hal ini merupakan proses yang penting dalam proses penyembuhan.

[irp posts=”1253″ name=”Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Tubuh Jadi Makin Sehat!”]

Dengan begitu, sistin dapat membantu mempercepat penyembuhan seperti penyembuhan luka bakar dikulit, ataupun penyembuhan pasca operasi. Itulah sebabnya sistin disebutkan akan sangat dibutuhkan pada kondisi tertentu.

5. Merawat kesehatan rambut, kuku dan kulit

Sistin diketahui terkandung dalam alpha-keratine, yakni protein yang berperan dalam pembentukan rambut, kuku dan kulit. Peranan sistin ini mampu merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Tidak salah jika sistin disebut sebagai anti-aging.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, sistin juga bisa membantu dalam meredakan rematik dimana persendian lah yang diserang dan mengalami nyeri yang luar biasa. Sistin mampu meningkatkan elastisitas persendian sehingga bisa mengurangi rasa sakit akibat rematik.

Nutrisi Sistin Dapat Menyehatkan Rambut

Sistin terbentuk dari molekul sistein. Kedua nama ini hampir sama namun mereka berbeda. Sistein sifatnya lebih mudah larut sedangkan sistin sebaliknya dan bahkan sistin berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Meskipun sistein tidak seperti sistin yang bisa mengkristal namun sifat dari sistin sendiri tidak stabil dan ia bisa dirubah menjadi sistin. Maka mengkonsumsi sistin terutama suplemen harus dibarengi dengan asupan vitamin C yang bersifat melarutkan sehingga tidak terjadi pengkristalan sistin di ginjal.

[irp posts=”1175″ name=”7 Manfaat Tidur Siang Secukupnya untuk Kesehatan”]

Sistin diperlukan oleh tubuh namun tubuh sendiri sudah memiliki mekanismenya sendiri untuk mengatur berapa jumlah sistin yang ia butuhkan. Meskipun sistin diproduksi sendiri oleh tubuh, namun ada potensi jika kita kelebihan sistin karena asupan makanan.

Maka, konsumsi sistin tidak dianjurkan berlebihan meskipun ia didapat dari sumber makanan karena seperti yang sudah dikatakan, ia dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Kelebihan sistin dalam tubuh bisa berpotensi menyebabkan penyakit cystinosis.

Ia merupakan penyakit yang ditandai dengan banyaknya batu atau kristal sistin dalam urin. Tentu saja ini akan mengganggu kandung kemih dan salurannya. Batu sistin ini biasanya mengendap di ginjal.

Sementara untuk efek kekurangan sistin sendiri belum ditemukan kasusnya. Peluang tubuh kekurangan sistin hampir tidak ada karena ia memang diproduksi oleh tubuh. Seperti yang kita tahu, tubuh merupakan ciptaan Tuhan yang sangat canggih dan memiliki mekanismenya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.

Maka konsumsi sumber makanan sistin memang dianjurkan dan sebaiknya harus diseimbangkan dengan makanan kaya akan vitamin B dan C. Untuk konsumsi suplemen sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Itulah informasi mengenai manfaat sistin dalam tubuh yang merupakan asam amino alami yang diproduksi tubuh yang memiliki peranan besar bagi metabolisme.

[irp posts=”1027″ name=”7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!”]

Originally posted 2022-05-14 06:00:07.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

pegang kaki

7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!

Linamasa.com – Asam urat adalah penyakit radang pada sendi yang sering terjadi di lutut, telapak …