...
wanita kacamata
Freepik

Penyebab dan Gejala Rabun Jauh atau Miopi

Linamasa.com – Pengertian Miopi adalah Suatu kondisi mata di mana penderitanya tidak bisa melihat benda-benda yang berada agak jauh darinya secara jelas atau akan terlihat kabur. Namun, jika untuk melihat objek yang berada dekatnya dengannya bisa terlihat secara normal. Apa penyebab dan gejala rabun jauh atau miopi?

Rabun Jauh atau Miopi adalah salah satu permasalahan mata yang paling umum terjadi. Diperkirakan 30 persen orang Amerika Serikat menderita penyakit rabun jauh, penanganan untuk miopi sebenarnya sangat dipengaruhi oleh keparahan yang diderita.

Pada tingkat yang lebih parah maka sangat disarankan untuk mendapatkan pertolongan medis dan biasanya akan diberikan kacamata khusus untuk miopi.

Penyebab Rabun Jauh atau Miopia

Diakibatkan oleh kesalahan pembiasan yang terjadi akibat kelengkungan lensa mata atau kornea sehingga tidak bisa memfokuskan cahaya tepat di retina. Namun, cahaya yang masuk ke mata di berada depan retina.

[irp posts=”1419″ name=”Tanda-Tanda Utama Gejala Kolesterol Tinggi”]

Suatu kondisi yang sering disebut dengan kerusakan refraktif yaitu kelengkungan kornea mata menjadi tidak normal. Akibatnya, cahaya yang masuk ke mata tidak terfokus tepat pada retina yang membuat pandangan jarak jauh akan terlihat buram atau kabur.

Faktor Resiko Penyebab Rabun jauh

1. Penyebab rabun jauh oleh keturunan

Kemungkinan untuk diwariskan tetap ada. Artinya keturunan atau anak dari seseorang yang menderita miopia kelak akan memiliki kemungkinan sekitar 35 % lebih besar resiko untuk ikut menderita rabun jauh yang diwariskan dari orang tua nya.

2. Miopi akibat penyakit tertentu

Rabun jauh yang disebabkan oleh beberapa kondisi penyakit atas status kesehatan lain seperti penderita penyakit Diabetes

3. Stress Visual pada mata

Stress Visual merupakan salah satu faktor risiko lainnya. Stress visual yaitu kelelahan pada mata yang terlalu lama dan sering bisa saja diakibat oleh suatu pekerjaan atau kegiatan tertentu yang berlangsung lama dan berulang, contohnya menjahit, membaca, terlalu lama melihat layar monitor laptop, atau nonton tv terlalu dekat.

[irp posts=”118″ name=”8 Cara Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif pada Otak”]

Gejala Rabun jauh

Dari beberapa Tanda dan Gejala rabun jauh, yang paling jelas adalah ketika pandangan saat melihat objek yang jauh menjadi kabur atau buram. Contohnya kesulitan melihat papan tulis di sekolah secara jelas pada anak-anak. atau tidak bisa melihat jalan dengan jelas saat mengemudi pada orang dewasa.

Tanda lain dari rabun jauh :

  • Biasanya penderita sering pusing dan sakit kepala
  • Penderita biasanya mengeluh matanya terasa sakit dan Sering menyipitkan mata

Sebenarnya gejala rabun jauh ini tak selalu sama tergantung pada sejauh mana tingkat miopi yang diderita oleh seseorang. Begitupun penanganannya atau bantuan dengan menggunakan kacamata akan memiliki ukuran lensa yang berbeda juga antara satu orang dengan yang lain.

Demikianlah tadi diantaranya penyebab dan gejala rabun jauh atau miopi. Ciri-ciri dan tanda rabun jauh tersebut bisa dihilangkan dengan pengobatan dengan kacamata atau lensa kontak.

[irp posts=”1027″ name=”7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!”]

Adakalanya rasa sakit yang dirasakan bagian kepala mungkin masih akan terjadi untuk beberapa waktu pada beberapa orang dan ini adalah hal yang lazim. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan kacamata baru atau lensa kontak yang baru anda gunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Anemia Aplastik

Mengenal Anemia Aplastik: Pengertian, Penyebab dan Gejalanya

PadLinamasa.com – Anemia aplastik merupakan kondisi kesehatan yang mengakibatkan kurangnya sel darah, baik itu trombosit, …