lumpia
Freepik/suksao

Bingung Cari Oleh – Oleh, Coba Kuliner Khas Semarang Ini

Linamasa.com – Plesiran di Kota Semarang, rasanya kurang lengkap jika tak membeli oleh – oleh panganan khas untuk orang – orang tercinta. Selama di Semarang, Anda bisa nih mencoba berbagai panganan khas berikut ini, siapa tahu cocok untuk dijadikan oleh – oleh :

1.Lumpia

Lumpia menjadi panganan khas Semarang paling populer dan wajib hukumnya dibeli untuk buah tangan. Setiap menyebut Kota Semarang, banyak orang yang langsung terpikir Lumpia di benaknya. Di sepanjang jalan Kota Semarang, Anda akan menjumpai banyak outlet dan toko penjaja panganan Lumpia.

Lumpia pun kini sudah banyak bertransformasi, terlebih pada isiannya yang bervariasi. Jika versi originalnya populer dengan isian rebung, kini Lumpia ditawarkan dengan banyak isian seperti ayam, daging, jamur, keju dan masih banyak lagi.

Di sepanjang jalan Pandanaran, harga Lumpia yang ditawarkan sangat bervariasi tergantung pada besar kecil dan juga isiannya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 12 ribu hingga Rp 19,5 ribu. Selain jalan Pandanaran, Anda juga bisa menemukan banyak penjaja Lumpia di sepanjang jalan Mataram.

Meski penjaja Lumpia kini semakin banyak, ternyata ada berapa penjaja Lumpia Legendaris yang hingga kini banyak diburu wisatawan, salah satunya adalah Lumpia yang berada di gang Lombok di daerah Pecinan dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie. Kemudian Lumpia Mbak Lien yang berada di Jalan Pemuda.

[irp posts=”1651″ name=”Berkunjung ke Kota Bandung, Icip – Icip Kuliner Legendarisnya Tak Boleh Ketinggalan”]

2.Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel menjadi panganan selanjutnya yang tak boleh dilewatkan. Bentuknya yang persegi panjang dengan dominasi warna coklat, membuatnya mudah dikenali. Selain itu, pada bagian atasnya terlihat ada taburan wijen. Aroma khas yang ditunjukkan dari Roti Ganjel Rel adalah aroma kayu manis, cengkeh dan kembang lawang.

Untuk mendapatkan Roti Ganjel Rel, Anda bisa menemukannya di sepanjang jalan Pandanaran. Harga yang dibanderol untuk setiap lonjor Roti Ganjel Rel adalah Rp 25 ribuan saja.

3.Bandeng Presto

Banyak orang yang enggan makan ikan bandeng dengan alasan banyak duri. Tenang saja, oleh – oleh khas Kota Semarang dengan bahan utama bandeng, bisa dimakan dengan nyaman tanpa harus repot membuang duri yang bertebaran dimana – mana.

Panganan khas ini bernama Bandeng Presto. Anda bisa menjadikannya sebagai lauk atau pun dimakan langsung sebagai cemilan. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut, banyak disukai oleh para pecinta kuliner.

Salah satu oleh – oleh Bandeng Presto yang populer di Kota Semarang berada di Jalan Pandanaran yakni Bandeng Juwana Elrina. Di setiap kemasan yang berisi 5 hingga 5 ekor bandeng lunak, biasanya dihargai mulai dari Rp 121 ribu.

[irp posts=”1512″ name=”Berkunjung ke Kudus, Jangan Lewatkan Kuliner Murah Nan Nikmat Ini”]

4.Kue Mochi

Yang suka dengan camilan ringan sekali santap, oleh – oleh Kue Mochi bisa jadi salah satu rekomendasi saat plesiran ke Kota Semarang. Kue dengan dominasi rasa manis ini dibuat dengan bahan utama tepung ketan, gula dan kacang yang sudah dicincang. Bentuknya yang bulat dan lucu sangat menarik jika dijadikan sebagai hampers. Kue Mochi legendaris yang bisa Anda coba berada di Jalan Kentangan Barat bernama Moaci Gemini.

5.Wingko Babat

Panganan khas Semarang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan kelapa dan tepung beras ketan. Wingko babat akan melalui proses pembakaran hingga warnanya menjadi berubah kecoklatan. Kemudian setelah matang, ciri khas dari panganan ini akan dibungkus dengan menggunakan kertas. Ukuran wingko babat pun sangat beragam, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Kini rasa dari wingko babat sangat banyak, mulai dari rasa kelapa, durian, nangka hingga cokelat.

Originally posted 2022-05-09 14:00:23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Pantai Nglambor Yogyakarta

Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Linamasa.com – Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat …