...
timun
Flickr

Cegah Keriput, Salah Satu Manfaat Timun Untuk Perawatan Wajah

Linamasa.com – Sebagai salah satu jenis sayuran, timun banyak dikonsumsi dan disukai oleh masyarakat. Tak hanya bisa dikonsumsi setelah diolah menjadi masakan saja, timun juga bisa dikonsumsi dalam kondisi mentah sebagai lalapan atau cemilan.

Dalam dunia kecantikan, timun juga banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk perawatan. Misalnya untuk melakukan perawatan pada wajah agar terlihat lebih segar.

Berdasarkan sumber Healthline yang diunggah oleh Halodoc, timun memiliki banyak kandungan zat baik seperti asam folat, vitamin C hingga antioksidan. Sifatnya anti inflamasi yang dimilikinya, juga mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh.

Pada umumnya, dalam dunia perawatan wajah timun digunakan sebagai masker yang mana sebelumnya sudah dicampurkan dengan bahan – bahan lain sebagai pendukung. Bahan alami paling populer yang bisa dicampurkan adalah lidah buaya (aloevera).

Efek anti radang pada timun, membuatnya bisa dikonsumsi secara langsung. Efek antiradang bisa muncul karena adanya kandungan asam caffeic dan vitamin C.

Dirangkum dari situs Halodoc, setidaknya terdapat empat manfaat dari timun yang bisa digunakan sebagai pendukung perawatan pada wajah.

[irp posts=”1220″ name=”5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan dan Kecantikan”]

1.Timun Untuk Mencegah Keriput

Elastisitas kulit akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Garis – garis halus hingga pegenduran dari beberapa bagian tidak bisa dihindari lagi. Dari penelitian yang dipublikasikan melalui Archives of Dermatological Research, adanya kandungan antioksidan pada timun, bisa membantu melawan tanda – tanda penuaan sejak dini.

Selain itu, pertumbuhan sel – sel baru bisa dirangsang karena adanya kandungan vitamin C pada timun. Bahan alami yang mudah didapatkan ini, harus Anda manfaatkan untuk menjaga tampilan agar awet muda dan lebih segar.

2.Timun Bisa Membantu Menjaga Kelembaban Kulit

Timun memiliki kandungan air sebanyak 9 persen. Dari sebuah penelitian, banyaknya kandungan air pada timun, jika tak diimbangi dengan bahan lain, akan membuat wajah cenderung lebih kering. Untuk itu, sangat disarankan jika mencampurkannya dengan bahan lain saat digunakan untuk perawatan wajah.

Bahan – bahan yang direkomendasikan sebagai campuran antara lain seperti madu, yogurt hingga lidah buaya (aloevera). Cara paling populer untuk memanfaatkan timun sebagai bahan perawatan wajah adalah menggunakannya sebagai masker.

[irp posts=”1300″ name=”5 Manfaat Penting Buah Pisang untuk Kecantikan”]

3.Membantu Mengobati Iritasi Pada Kulit

Rasa perih, gatal hingga munculnya sensasi terbakar bisa terjadi jika kondisi kulit sedang mengalami iritasi. Faktor pemicu terjadinya iritasi kulit biasanya diakibatkan oleh penggunaan skincare yang kurang sesuai, gigitan serangga hingga paparan langsung dari sinar matahari. Dengan menggunakan timun, bisa membuat kulit lebih rileks sehingga gejala iritasi bisa diminimalisir.

4.Kantung Mata Bisa Disamarkan

Kantung mata atau yang sering dikenal sebagai mata panda, menjadi salah satu masalah yang banyak dialami. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena membuat tampilan wajah menjadi lebih tua. Untuk mengatasi masalah ini, memanfaatkan timun adalah salah satu cara paling tepat untuk dilakukan.

Kandungan vitamin C yang ada pada timun, dipercaya bisa memudarkan hingga menyamarkan kantung mata. Munculnya kantung mata, biasanya dipicu karena faktor kelelahan. Agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal, bisa mencampurkan timun dengan bahan lain seperti krim khusus mata untuk menjaga kelembapan. Selain itu, memastikan kualitas tidur yang baik sangat perlu dilakukan.

[irp posts=”1267″ name=”Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan Kulit Agar Menjadi Segar dan Sehat”]

Inilah sederet manfaat timun yang bisa dimanfaatkan untuk bahan perawatan wajah hingga kulit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengkombinasikan dengan bahan – bahan alami lain yang jauh lebih aman. Selamat mencoba ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

telapak tangan

Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Gatal, Apa Penyebabnya?

Linamasa.com – Kulit tangan pada umumnya dapat berganti kulit dengan sendirinya. Namun tahukah Anda, pergantian …