...
rambut sehat
Pexels/Pixabay

Cara Mengatasi Rambut Beruban Di Usia Muda Secara Alami

Munculnya rambut beruban pada dasarnya menunjukan usia seseorang sudah tidak muda lagi karena sistem yang berhubungan dengan hal tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik lagi. Jadi hasilnya rambut beruban.

Namun hal itu sudah alami dan sangat normal, sebaliknya dengan usia seseorang yang masih muda namun sudah beruban tentunya sangat mengganggu pandangan dan menurunkan rasa percaya diri.

Banyak para remaja sekarang yang mengeluhkan hal ini karena kebanyakan dari mereka yang masih berumur dibawah 30 tahun sudah mengalami rambut beruban sedikit demi sedikit. Tentunya hal ini sangat mengurangi rasa percaya diri. Rambut beruban di usia muda dapat menyerang pria maupun wanita.

Penyebab secara umum munculnya uban di rambut adalah

  • Stres yang berlebihan, secara terus menerus mampu membuat reproduksi pigmen rambut menjadi berkurang sehingga memicu tumbuhnya uban.
  • Perokok, meskipun tidak semua perokok mengalami hal ini namun ada beberapa kasus yang telah diselidiki oleh pakar kesehatan rambut. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan munculnya uban karena pada rokok terdapat bahan kimia yang menjadi salah satu tumbuhnya uban.
  • Faktor Genetik atau faktor keturunan juga berperan penting dalam memutihnya warna rambut. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang mudah beruban di usia muda beresiko menurunkan hal tersebut ke anak mereka.
  • Hair Styling yang berlebihan seperti pemanasan dan penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering, selain merusak rambut juga berpotensi untuk membuat rambut kehilangan melanin. Rasa panas disebabkan oleh pengeritingan, pelurusan, pewarnaan, dan penggunaan bahan-bahan kimia lainnya merusak jaringan kulit rambut akibatnya kepala tak lagi mampu memproduksi untuk memberikan warna yang indah pada rambut. Ada juga beberapa kasus anak muda yang sudah beruban dikarenakan pemakaian minyak rambut secara terus menerus.

Makanan batang rambut menerima sari sari makanan dari makanan yang kita konsumsi melalui ujung-ujung pembuluh darah. Ketika zat-zat yang dihisab oleh batang rambut kekurangan Oksigen maka akan mempengaruhi melanin rambut yang menyebabkan rambut menjadi rusak bahkan pemicu munculnya uban.

Kekurangan oksigen ini juga bisa dipengaruhi oleh pewarnaan rambut, pemakaian minyak rambut berlebihan dan terus menerus. Mengonsumsi makanan tak sehat seperti makanan siap saji juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut kehadiran uban dikepala.

Gangguan Metabolisme didalam tubuh tak hanya membuat tubuh menjadi obesitas tetapi juga berdampak pada bulu-bulu di tubuh termasuk rambut. Gangguan Metabolisme dapat menyebabkan rambut mudah rontok, kemerahan dan memutihnya rambut.

Beberapa hal diatas merupakan penyebab secara umum munculnya uban di usia muda, namun bagi yang sudah mengalaminya, mari ikuti beberapa tips berikut tentang cara mengatasi rambut beruban di usia muda secara alami :

1. Jalani Pola Hidup Sehat

Lagi-lagi pola hidup sehat selalu menjadi solusi dari berbagai macam masalah kesehatan hingga kecantikan. Pilih dan makanlah makanan yang sehat, rendah lemak, bernutrisi, kaya akan protein dan memiliki nilai gizi tinggi dengan pola seimbang.

Contohnya konsumsilah ikan salmon, kepiting, tuna, unggas, telur, kerang, daging, hati, susu, produk susu, seperti yogurt, keju yang banyak mengandung vitamin B 12 untuk membantu produksi sel melanosit yang mengasumsikan warna pada rambut.

Gaya hidup yang sehat adalah kunci utama untuk mengatasi uban pada rambut, yaitu dengan makan makanan yang bergizi dan perbanyak minum air putih agar peredaran darah pada tubuh menjadi lancar.

2. Hindari Penggunaan Pewarna Rambut

Bagi yang suka atau sering bergonta ganti warna rambut, mulai sekarang sebaiknya mulai tinggalkan kebiasaan tersebut karena dapat memicu tumbuhnya uban. Pewarna rambut memiliki kandungan zat-zat kimia yang dapat merusak pigmen rambut. Apabila memang harus menggunakan, sebaiknya lebih selektif dan pilihlah produk pewarna yang berasal dari bahan bahan alami.

3. Istirahat yang Cukup

Layaknya sebuah mesin, seluruh anggota tubuh kita memerlukan istirahat yang cukup termasuk kulit kepala. Dengan istirahat cukup itu dapat memberikan kesempatan sel-sel yang ada pada rambut agar dapat beregenerasi dan hal ini dapat mengurangi resiko tumbuhnya uban di usia dini.

4. Mandi Menggunakan Air Hangat

Lakukan hal ini secara rutin minimal seminggu sekali agar kulit kepala terasa nyaman dan untuk melancarkan peredaran darah.

5. Pijat Rambut

Kita dapat memanfaatkan minyak kelapa atau minyak kemiri untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan kuat. Berikan pijatan pijatan kecil dan lembut pada kepala untuk memberikan rasa tenang dan nyaman.

6. Gunakan Mineral Rambut

Cukupi kebutuhan Mineral yang Esensial seperti Zinc, serta Cooper. Kita juga dapat memberikan vitamin rambut agar rambut tetap sehat. Lakukan metode ini secara teratur agar senantiasa terhindar dari uban karena jika rambut sudah ditumbuhi uban. Maka akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

7. Rutin Treatment Kemiri

Treatment kemiri secara rutin dapat mengembalikan kilau alami rambut hitam anda. Lakukan minimal seminggu sekali. Kemiri akan memberikan nutrisi batang rambut yang beruban hingga ke akar dan membantu menyehatkan kembali serta mengembalikan melanin pada batang rambut sehingga rambut beruban pun kini memiliki warnanya kembali.

8. Masker Daun Rambutan

Daun rambutan yang dijadikan masker ternyata dapat menghilangkan uban dan membuat rambut yang tumbuh berwarna hitam kembali. Cara membuat maskernya pun sederhana hanya dengan memblender daun rambutan hingga halus dan lembut. Kemudian peras untuk mengambil sarinya dan lulurkan pada rambut dan kulit kepala hingga merata, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan Masker Daun Rambutan ini minimal seminggu sekali secara rutin untuk hasil terbaik.

9. Putih Telur

Selain terkenal untuk merawat wajah dan kulit putih telur juga ternyata dapat membantu mengatasi rambut beruban. Caranya dengan mencampur 3 butir putih telur ayam kampung dengan 1/2 gelas air hangat, ditambah dengan setengah sendok teh garam.

Oleskan pada rambut dan kulit kepala seraya memberikan pijatan-pijatan ringan menggunakan jari jangan menggaruk dengan kuku. Diamkan 30 sampai 60 menit, lalu bilas kembali. lakukan kurang lebih 1 kali selama seminggu.

10. Treatment Ampas Teh

Gunakan ampas dari teh sebagai treatment mengatasi rambut beruban. Metode yang satu relatif lebih mudah dari cara yang lain. Baluri ampas teh yang dicampur dengan garam ke kulit kepala dan rambut. diamkan 15 – 30 menit hingga kulit kepala terasa sejuk. Kemudian bilas dengan shampo.

11. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa juga dapat mengembalikan melanin pada rambut. Campurkan Minyak kelapa dengan perasan air jeruk, bisa juga ditambahkan kemiri. Oleskan pada rambut hingga ke akar rambut. Diamkan beberapa 15 menit sebelum setelahnya dibilas dengan air bersih.

Demikianlah tadi pembahasan tentang cara mengatasi rambut beruban di usia muda secara alami, sebelum menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk menghilangkan uban. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

telapak tangan

Kulit Telapak Tangan Mengelupas dan Gatal, Apa Penyebabnya?

Linamasa.com – Kulit tangan pada umumnya dapat berganti kulit dengan sendirinya. Namun tahukah Anda, pergantian …