...
ram smartphone android
Flickr/sanju hima54

Tips Agar RAM di Ponsel Android Tidak Cepat Penuh

Linamasa.com – RAM merupakan salah satu perangkat smartphone yang yang berfungsi memaksimalkan kinerja ponsel. Semakin penuh RAM yang anda miliki maka semakin terhambat kinerja smartphone anda.

Kinerja smartphone yang melambat ini tentu akan menyebabkan ponsel bekerja kurang maksimal. Oleh sebab itu, anda mesti tahu bagaimana cara agar penggunaan RAM menjadi lebih efisien.

RAM yang cepat penuh bisa disebabkan karena beberapa faktor. Mulai dari data yang penuh sampai aplikasi yang kurang mumpuni. Untuk memaksimalkan kinerja ponsel, Anda perlu tahu bagaimana agar kapasitas RAM dibagi secara optimal.

Terlebih jika ponsel Anda memiliki kapasitas RAM yang sangat minim. Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara untuk memaksimalkan kinerja RAM agar tidak cepat penuh, berikut ini ulasan selengkapnya.

[irp posts=”900″ name=”5 Aplikasi Berbahaya Yang Tidak Boleh Anda Instal di Android”]

Tips Agar RAM Tidak Cepat Penuh

1. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Aplikasi yang jarang dipakai hanya akan menjadi beban RAM dan memori penyimpanan. Penggunaan ponsel pun menjadi tidak efisien dan ponsel lebih mudah melambat jika aplikasi tersebut berkapasitas besar.

Anda bisa mencoba masuk ke menu settings kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus. Pilih Clear Cache dan Data sebelum anda tekan menu Uninstall.

2. Gunakan RAM Manager

Aplikasi RAM Manager bermanfaat untuk memanajemen RAM sesuai dengan kebutuhan. Di dalamnya tersedia berbagai macam fitur mulai dari More Free Memory, Balance For Everyday, hingga Multitasking Mode.

Fitur-fitur dalam aplikasi ini bermanfaat untuk membebaskan cache dan mendukung proses kinerja multitasking berat. Seperti misalnya penggunaan aplikasi dan game.

[irp posts=”607″ name=”5 Rekomendasi Aplikasi Android Terbaik untuk Mempercepat Koneksi Internet”]

3. Gunakan Xbooster

Aplikasi yang dulunya hanya untuk ponsel Xperia ini sudah bisa anda dapatkan secara global di semua merk android. anda bisa melakukan boosting RAM android secara mudah.

Jadi selain memangkas penggunaan data agar tidak cepat penuh, anda bisa menjalankan proses multitasking secara lebih lancar.

4. Atur kembali penyimpanan media

Atur kembali file yang ada di memori internal agar gadget tidak terasa sesak. Jika memori internal tidak sesak maka kinerja ponsel lebih cepat karena RAM tidak bekerja cukup berat.

Ada baiknya untuk mentransfer file ke komputer atau media penyimpanan eksternal agar performa smartphone tetap stabil.

5. Bersihkan cache

Gadget yang digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan cache terus bertambah. Maka dari itu, anda mesti rajin membersihkan cache secara berkala. masuk ke menu pengaturan kemudian pilih storage dan clear data.

Selain membersihkan secara manual, anda bisa memanfaatkan aplikasi android khusus. Misalnya CCleaner, Clean Master, dan aplikasi pembersih lainnya.

[irp posts=”93″ name=”Cara Cerdas untuk Membeli Ponsel Sesuai Budget”]

Demikian beberapa tips sehingga RAM android tidak cepat penuh. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Android

Tips Android: 7 Trik Fitur Rahasia Android Tersembunyi yang Wajib Kalian Coba!

Linamasa.com – Sekarang ini, teknologi semakin berkembang pesat, termasuk smartphone Android yang memiliki berbagai kelebihan …