es teh
Flickr/heyalaner

Es Teh Manis, Punya Manfaat Baik untuk Berbuka Puasa

Linamasa.com – Es teh manis menjadi salah satu minuman legendaris yang disukai banyak kalangan. Terlebih lagi saat bulan Ramadhan tiba. Tak hanya sekedar menghilangkan rasa haus saja, namun juga menormalkan kadar gula dalam darah dan mengembalikan energi setelah seharian kehilangan banyak tenaga untuk beraktivitas.

Manfaat Es Teh Manis bagi Kesehatan Selama Berpuasa

Selama Anda mengonsumsi es teh manis dengan kandungan gula yang tidak berlebihan, manfaat yang didapatkan pun sangatlah beragam. Mengingat teh sendiri memiliki kandungan segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang ditawarkan dari es teh manis antara lain sebagai berikut :

  • Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.
  • Meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh sehingga bisa mencegah dampak buruk dari radikal bebas.
  • Bisa menjadi pengganti minuman yang mengandung pemanis buatan yang pada dasarnya tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan pada gigi, dengan catatan tetap rajin menggosok gigi agar kandungan kafein pada teh tidak menimbulkan perubahan warna pada gigi.
  • Mempunyai kandungan senyawa epigallocatechin gallate yang berperan penting dalam upaya melawan kanker.
  • Memenuhi kebutuhan mangan di dalam tubuh.
  • Memicu saraf menjadi lebih santai selama bekerja.
  • Membantu dalam menjaga kesehatan jantung.
[irp posts=”1145″ name=”5 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh”]

Resep Es Teh Manis Kombinasi

Agar Anda tak bosan dengan resep yang itu – itu saja, kini es teh manis bisa dinikmati dengan berbagai ragam kombinasi. Anda bisa menambahkan berbagai macam bahan seperti rempah – rempah, buah – buahan hingga kurma. Untuk menciptakan variasi baru pada es teh manis, tak perlu repot kok. Anda hanya perlu menambahkan beberapa bahan tambahan saja dan bisa langsung dinikmati.

1. Es Teh Manis dengan Leci dan Mint

Siapkan es teh manis, tambahkan minuman buah leci dan daun mint segar. Aduk – aduk hingga rata dan biarkan beberapa saat. Selain menyegarkan, minuman ini juga kaya akan manfaat. Kandungan mint pada es teh manis bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama berpuasa. Sedangkan minuman buah leci bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

2. Es Teh Manis dengan Serai dan Lemon

Perpaduan serai dengan aroma khas dan lemon yang asam, menjadi perpaduan sempurna jika ditambahkan pada minuman es teh manis. Dengan membuat resep minuman es teh manis dengan serai dan lemon, rasanya seperti sedang bersantai di resto atau café. Serai dikenal mempunyai kandungan antioksidan tinggi sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa. Ditambah lemon yang punya manfaat meningkatkan sistem imun.

[irp posts=”633″ name=”5 Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Kaya Nutrisi!”]

3. Es Teh Manis dengan Rasa Buah Apel

Untuk menikmati Es teh manis dengan kombinasi rasa buah apel, Anda bisa menambahkan minuman apel ke dalam es teh manis dan mengaduknya hingga rata. Kesegaran es teh manis dengan rasa buah apel menjadi perpaduan yang sempurna.

4. Es Teh Manis dengan Kurma

Menyantap kurma saat berbuka puasa, menjadi tradisi turun temurun yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Agar lebih mudah mengkombinasikan Es teh manis dengan kurma, Anda bisa memanfaatkan sari kurma. Tuangkan sari kurma secukupnya ke dalam es teh manis. Minuman ini dipercaya bisa menggantikan energi yang hilang selama berpuasa.

[irp posts=”1049″ name=”Baca Doa Buka Puasa Dianjurkan Rasulullah SAW, Hukum dan Tata Caranya”]

Nah, bagaimana? melihat segudang manfaat yang ditawarkan oleh es teh manis hingga kesegarannya, minuman satu ini rasanya tak boleh dilewatkan begitu saja. Meskipun simpel dan sederhana, jika dibandingkan dengan minuman lain, tidak akan kalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

Pantai Nglambor Yogyakarta

Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta

Linamasa.com – Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *