...
ponsel pintar
Pexels/Cottonbro

5 Penyebab Utama Aplikasi Sering Keluar Secara Paksa

Linamasa.com – Aplikasi yang sering keluar secara paksa tentu menjengkelkan. Bayangkan jika anda sedang asik bermain game, menulis status panjang, atau hal lainnya tiba-tiba aplikasi keluar sendirinya.

Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu dalam menggunakan perangkat smartphone. Penyebabnya sendiri cukup beragam. Agar anda bisa mengidentifikasi dan memperbaikinya secara lebih efektif, anda mesti tahu apa saja penyebab aplikasi tersebut keluar secara paksa. Setelah mengetahui maka proses perbaikan akan menjadi lebih efektif.

Biasanya, aplikasi yang keluar paksa terjadi karena spesifikasi ponsel yang terlalu rendah. Jaringan internet, hingga kondisi ponsel yang penuh dengan cache juga bisa mempengaruhi kinerja ponsel Anda.
Nah, bagi Anda yang sering mengalami aplikasi pada smartphone yang keluar sendiri dan terpaksa berhenti, jangan buru-buru mengganti ponsel atau membawanya ke servis center.

Antisipasi apa saja penyebabnya terlebih dulu kemudian perbaiki secara langsung agar tidak semakin parah. Berikut ulasan selengkapnya untuk berbagai penyebab aplikasi keluar paksa.

Berbagai Penyebab Aplikasi Keluar Paksa

1. Spesifikasi HP terlalu rendah

Spesifikasi hp yang terlalu rendah akan membuat fungsi sistem dalam menjalankan grafis dan aplikasi menjadi terbatas.

Berbagai macam pembaruan aplikasi dengan fungsi terbaru tidak bisa dicover sempurna oleh HP karena terbatasnya spesifikasi. RAM yang hanya 1 Gb juga membuat processor menjadi tidak sanggup memproses perintah sehingga aplikasi keluar paksa.

2. Jaringan internet lambat

Jaringan internet sangat berpengaruh terhadap kinerja aplikasi yang tersambung dengan internet. Biasanya kondisi demikian terjadi ketika sedang bermain game online.

Game akan keluar dengan sendirinya karena masalah jaringan yang tidak bersahabat. Jika ponsel Anda memiliki spesifikasi yang cukup namun masalah tersebut masih kerap anda jumpai, cobalah periksa bagaimana kondisi internet anda.

3. Cache menumpuk

Cache yang merupakan sisa dari sistem dan aplikasi yang berjalan membuat ruang penyimpanan semakin penuh. Maka loading aplikasi pun akan lebih lambat karena RAM dan memori internal kesulitan dalam memprosesnya.

Bersihkan cache pada aplikasi agar kondisi smartphone refresh kembali. Anda bisa masuk ke Menu Pengaturan. Kemudian tekan Aplikasi dan cari aplikasi yang dimaksud. tekan menu Clear Cache maka aplikasi akan kembali fresh lagi.

4. HP terlalu panas

Ponsel yang terlalu panas disebabkan karena sistem menjalankan multitasking secara berlebihan. Hal ini menyebabkan performa dan kinerja chipset menjadi menurun sehingga aplikasi yang sedang berjalan menjadi berhenti paksa dan kurang optimal dalam bekerja.

Hal ini juga bisa dikarenakan processor sudah tidak kuat lagi bekerja karena kondisi suhu ponsel yang terlalu panas. Kondisi demikian membuat ponsel memerlukan istirahat sejenak. Matikan perangkat anda dan tunggu sampai suhunya normal kembali. Setelah itu barulah gunakan lagi.

5. OS ketinggalan update

Jangan abaikan notifikasi pembaruan sistem pada smartphone anda. Pembaruan sistem berfungsi agar perangkat kompatibel dalam menjalankan versi terbaru dari aplikasi.

Jika OS nya saja sudah ketinggalan update maka smartphone akan kesulitan dalam menjalankan aplikasi dan mudah mengalami lag. Maka dari itu rajinlah upgrade OS jika mendapatkan pembaruan.
Demikian beberapa penyebab mengapa aplikasi sering keluar secara paksa ketika dijalankan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wanita makan popcorn, siap nonton

5 Aplikasi Download Film Gratis di Android Terbaru 2022

Linamasa.com – Seperti yang bisa Anda lihat sekarang ini telah tersedia banyak sekali berbagai ragam …