jogging pagi hari
Feepik/ijeab

Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Tubuh Jadi Makin Sehat!

Linamasa.com – Pada dasarnya sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sinar matahari memiliki kandungan vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin D berfungsi untuk menaikkan kadar penyerapan kalsium di dalam usus.

Berjemur pada sinar matahari pagi dapat menghasilkan kalsium yang diperlukan oleh tubuh selama satu hari. Manfaat berjemur di pagi hari tentu tidak terlepas dari kebiasaan bangun pagi.

Berjemur pada saat pagi hari saat ini sudah jarang dilakukan karena mereka memilih untuk bangun lebih siang. Terlebih mereka yang bangun pagi hanya dikarenakan harus berangkat pagi untuk pergi ke kantor maupun sekolah.

Padahal tak sedikit manfaat yang kita dapat dari berjemur di pagi hari. Manfaat sinar matahari pagi dan kegiatan berjemur yang dilakukan pada pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama untuk kesehatan tulang dan kesehatan tubuh.

Baca Juga:  7 Manfaat Tidur Siang Secukupnya untuk Kesehatan

Manfaat Berjemur saat Pagi Hari

Berjemur pada pagi hari ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari sinar matahari pagi adalah sebagai berikut :

Membentuk vitamin D

Vitamin D berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium yang ada pada usus, sehingga dapat menguatkan tulang.

Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian mendapat sinar matahari pagi baik dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan apabila dikaitkan dengan fakta apabila kita cukup tidur, maka akan mudah dalam menurunkan berat badan.

Mengurangi Stress

Sinar matahari pagi baik untuk menghilangkan depresi atau stress karena dengan berjemur di matahari pagi maka tubuh akan mengeluarkan zat endorphin. Zat endorphin ini sendiri adalah zat anti depresan alami yang dimiliki oleh tubuh dan sangat berguna bagi masalah seperti depresi musiman.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Berjemur di pagi hari dapat melancarkan aliran darah. Berjemur pada pagi hari membuat pembuluh darah pada kulit terbuka lebar dan alirannya menjadi lancar. Hal ini juga menjadikan jantung lebih sehat dan dapat menormalkan denyut nadi serta tekanan darah.

Baca Juga:  8 Makanan Penambah Darah yang Sehat Alami

Membunuh Kuman

Sinar matahari dapat membunuh bakteri yang dapat menimbulkan penyakit, jamurm, bahkan juga virus. Pada beberapa penyakit seperti TBC, keracunan darah, dan asma membutuhkan terapi sinar matahari.

Mencegah Diabetes

Diyakini bahwa berjemur pada pagi hari dapat menyimpan kadar gula dalam otot dan hati dan dapat menstabilkan gula darah pada tubuh, sehingga dapat mencegah kelebihan gula darah pada tubuh.

Menyehatkan Kulit

Berjemur di bawah sinar matahari adalah obat terbaik untuk melawan masalah jerawat serta memperbaiki beberapa penyakit pada kulit.

Menghilangkan Racun

Sinar matahari pagi bisa membantu dalam hal peningkatan fungsi kerja hati serta peredaran darah
Syarat Untuk Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari tidak boleh asal dilakukan, akan tetapi harus mengikuti beberapa syarat dibawah ini agar berjemur di pagi hari dapat menguntungkan bagi tubuh :

  • Berjemur mulai dari jam 6 – 9 pagi
  • Berjemur hanya 15 – 30 menit
  • Barengi dengan aktivitas fisik, seperti jalan kaki, jogging, dll

Nah, itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari dan alasan seberapa pentingkah berjemur di pagi hari. Sinar matahari memang baik bagi kesehatan tubuh, akan tetapi tetap harus diingat bahwa terpapar sinar matahari terus menerus dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Baca Juga:  6 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana, Mulai dari Sekarang, yuk!

Selain itu, sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, sinar matahari pagi yang baik adalah pada jam 6 – 9 pagi, hal ini agar kulit tidak terbakar.

Originally posted 2022-04-27 10:00:29.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …