wanita kena sinar matahari
Pexels/Maggie Zhan

Cara Merawat Wajah Secara Alami agar Tidak Kusam

Linamasa.com – Melakukan perawatan wajah tentu berbeda dengan anggota tubuh yang lain. Setiap orang memiliki tipe wajah yang berbeda-beda seperti mudah sensitif, alergi kosmetik tertentu, dan lain sebagainya. Hal ini membuat anda harus selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan kulit wajah.

Lantas, apa tips yang baik dan benar dalam merawat wajah anda? Tentunya, Anda harus melakukan perawatan wajah, baik dari dalam maupun dari luar. Berikut cara untuk menunjang kulit wajah anda supaya mendapatkan kesehatan kulit yang benar.

Cara Merawat Kulit Wajah

1. Menggunakan Minyak Kelapa

Apabila anda mempunyai wajah yang sensitif, minyak kelapa sangatlah tepat dan efektif dalam perawatan wajah. Minyak kelapa sendiri dibuat oleh kelapa segar dan diproses dengan pemanasan tanpa bahan kimia dan RDM.

Kandungan yang ada di dalamnya memiliki senyawa esensial tetap utuh yang dibutuhkan tubuh. Selain itu minyak kelapa murni atau virgin coconut oil mengandung bahan utama berupa asam laurat, memiliki sifat anti bakteri, antibiotik, dan jamur yang mampu mengatasi kulit wajah yang rusak dan kering.

Perawatan yang dilakukan cukup mudah, anda dapat mencobanya di rumah. Tepatnya gunakan pada saat malam hari, dengan memijat perlahan kulit wajah menggunakan minyak kelapa. Terjamin bahwa kulit wajah akan sehat, karena nutrisi dari minyak kelapa dapat tercukupi.

Baca Juga:  5 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

2. Menggunakan Kopi

Selain minyak kelapa kopi dapat juga dipergunakan untuk perawatan wajah yang sensitif. Biji kopi yang terkandung memiliki manfaat yang baik. Caranya dengan menyiapkan satu sendok teh bubuk kopi, lalu tambahkan sedikit air. Kemudian gosokkan pada wajah anda dengan merata. Lakukan tips ini dengan rutin.

3. Mengonsumsi Vitamin E

Manfaat dari vitamin E dalam perawatan kulit telah banyak yang membuktikan melalui penelitian ilmiah, seperti pada American Academy of Dermatology (AAD). Hal ini disebabkan vitamin E juga sangat efektif dalam menahan paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari.

Untuk itu, kulit Anda tetap akan terlindungi. Vitamin E ini juga membantu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar ultraviolet sehingga kelembaban kulit tetap terjaga dan tetap segar dalam mencegah flek hitam.

Lalu, Anda harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E yaitu tomat, kedelai dark chocolate, dan brokoli.

4. Membersihkan Wajah Setiap Malam

Sebuah rutinitas yang tinggi dalam pekerjaan anda, membuat kulit wajah menjadi bintik hitam, kusam bahkan pori-pori tersumbat.

Biasanya penyebabnya yaitu cuaca, polusi, keringat dan penggunaan make up. Untuk itu lakukan perawatan dengan membersihkan wajah anda setiap malam, terutama menjelang tidur.

Gunakan pembersih wajah sesuai jenis kulit agar tidak terjadi iritasi sertakan toner atau pelembab. Makan sel kotoran dan sel kulit mati akan terangkat, sehingga anda merasa lebih segar.

Baca Juga:  5 Cara Alami Membersihkan Wajah Agar Terlihat Berseri

5. Menghindari Sinar UV

Sinar UV merupakan salah satu diantaranya yang dapat menyebabkan penuaan dini. Cara yang tepat untuk mencegahnya ialah gunakan krim wajah dengan SPF minimal 15 lalu oleskan merata pada wajah selama 10 menit. Hindari keluar rumah pada saat matahari bersinar diatas jam 12.00, tepatnya pada siang hari.

Bagaimana? Mudah dan sederhana merawat wajah, bukan? Untuk itu jangan malas untuk melakukan perawatan wajah anda. Tips diatas dapat dipraktekkan dengan baik secara rutin, agar hasil lebih optimal.

Originally posted 2022-04-23 06:00:28.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wajah wanita cantik kulit mulus

Suka Pakai Retinol, Ini Dia Beberapa Cara Paling Tepat untuk Menggunakannya

Linamasa.com – Bagi Anda yang senang menggunakan berbagai macam produk skincare, pasti sudah sangat kenal …