wanita tertidur
Pexels/Ivan Oboleninov

7 Manfaat Tidur Siang Secukupnya untuk Kesehatan

Linamasa.com – Pada dasarnya tidur siang dibutuhkan oleh semua orang dengan segala usia, bukan hanya bayi yang masih dalam taraf pertumbuhan saja. Ini penting sekali mengingat sederet manfaat yang diperoleh.

Tidur siang sejenak sangat banyak sekali manfaatnya, terutama beristirahat sebentar memejamkan mata Anda telah mengumpulkan tenaga untuk melakukan aktifitas Anda.

Namun, bila Anda tidur siang berlebihan, tentunya tidak menimbulkan efek kesehatan tubuh yang lebih baik, bahkan sebaliknya akan mengganggu kesehatan Anda. Berikut ini kami simpulkan manfaat tidur siang secukupnya, diantaranya.

Khasiat Tidur Siang untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Ini bisa dibuktikan pada lansia, dengan meningkatnya usia mengakibatkan kehilangan sebagian memori dan menurunkan daya ingat.

Dengan tidur siang terbukti ampuh mengatasi itu semua. Bagi anak-anak sekolah juga bagus, karena dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu, seperti menghafal mata pelajaran.

Baca Juga:  5 Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi!

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu ada yang mewajibkan para pegawainya memiliki tingkat kewaspadaan penuh, misalnya operator mesin-mesin berat di sebuah perusahaan atau seorang sopir, pilot dan nahkoda kapal.

Dan jika salah satu yang disebutkan tadi merupakan profesi Anda, memanfaatkan waktu istirahat untuk sekadar memejamkan mata beberapa menit, akan meningkatkan itu.

3. Meningkatkan Mood

Mood yang baik terbukti dapat mengatasi masalah hidup, sekalipun terasa berat. Sebab ini adalah kerja neurotransmitter serotonin yang mengatur suasana hati, selera juga perasaan puas dan sejahtera. Dapat terpenuhi di dalam tubuh, saat terbangun tidur siang, mengembalikan perasaan positif.

4. Meningkatkan Kreatifitas

Menurut seorang ilmuwan, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensori, kreatifitas seseorang dan mengefektifkan fungsi indra. Membuka ide-ide baru, luapan energi serta semangat yang berlimpah.

5. Membantu Mengatasi Stres

Stres merupakan gangguan kesehatan mental, yang jika diabaikan dapat memicu terjadinya penyakit lain dalam tubuh. Terjadi pada orang-orang yang mempunyai aktivitas kerja lebih berat dan mendapat penekanan.

Baca Juga:  6 Tips Gaya Hidup Sehat Sederhana, Mulai dari Sekarang, yuk!

Mengistirahatkan otak dan tubuh beberapa saat pada siang hari, memperbaiki keadaan otak serta fisik yang lelah, sehingga lebih bergairah lagi menyelesaikan pekerjaan.

6. Mencegah Penyakit Berbahaya

Penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke yang merupakan pembunuh manusia nomor satu di dunia ini, dapat dicegah dengan tidur siang. Ini terjadi bila rasa kantuk menyerang dan Anda berusaha mati-matian untuk menahannya.

Lebih fatal lagi bila mengatasinya dengan meminum kafein atau minuman softdrink yang tidak dianjurkan oleh dokter, lambat-laun jantung akan rusak dan menimbulkan gangguan penyakit serius.

7. Dapat Menyelamatkan Nyawa

Ini berhubungan dengan nomor 7 di atas, bahwa jika Anda dapat tidur siang meski hanya sebentar, saja akan menyelamatkan nyawa.

Sebab, kesehatan jantung terjaga dengan baik. Penelitian tersebut dilakukan selama bertahun-tahun di Yunani. Selain itu, juga meningkatkan stamina sampai dengan 11% , dapat tidur nyenyak saat malam hari hingga 12%, dan mengurangi waktu yang diperlukan untuk tertidur malam sampai 14%.

Jadi mengingat sederet manfaatnya, jangan sampai Anda menyepelekan tidur siang, ya. Durasi tidur siang terbaik adalah berkisar antara setengah sampai satu jam tidak boleh lebih, karena bila melewati batas tidak bagus. Anda akan menderita insomnia alias susah tidur di malam hari.

Anda dapat tidur di sela-sela pekerjaan kantor, tanpa pernah mengganggu pekerjaan. Misalnya saat jam istirahat siang. Lelaplah barang beberapa menit usai shalat Dhuhur, baru kemudian dapat makan siang, atau makan dulu beberapa saat kemudian tidur.

Waktu yang paling efektif adalah jam tiga sore, alasannya berhubungan dengan ritme biologis 24 jam manusia, yang mulai menurun pada waktu itu, serta temperatur tubuh juga menurun.

Baca Juga:  Atasi Berbagai Penyakit, Ini 8 Manfaat Buah Mahoni untuk Kesehatan!

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat tidur siang secukupnya. Pada dasarnya mempunyai kebiasaan tidur siang itu bagus, dengan catatan tetap memerhatikan tidur malam.

Originally posted 2022-04-22 10:00:39.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …