emas antam
Logammulia.com

3 Tips Penting Berinvestasi untuk Pasangan Keluarga Muda

Linamasa.com – Pernikahan sama artinya dengan mengawali babak baru dalam kehidupan berkeluarga. Oleh sebab itu, segala sesuatunya harus direncanakan sedemikian rupa secara bersama oleh kedua pasangan, termasuk dalam membangun ekonomi keluarga.

Kesadaran untuk menyisihkan sebagian penghasilan dengan ditabung di bank, selama ini sudah menjadi pemikiran umum bagi pasangan keluarga muda. Pemikiran seperti ini bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan, meskipun demikian sudah semestinya untuk ditingkatkan dari hanya sekedar menabung menjadi berinvestasi.

Sebab dengan melakukan investasi, ekonomi keluarga di masa depan tidak hanya dapat lebih tertata, tapi juga lebih meningkat. Kekhawatiran akan datangnya musibah yang tidak disangka-sangka, seperti di-PHK, sakit atau kecelakaan, juga masa depan pendidikan anak-anak dapat diminimalisir, karena ada sumber lain yang bisa dijadikan sandaran, terlepas dari penghasilan rutin yang diterima setiap bulan.
Berikut ini adalah beberapa tips investasi yang mungkin dapat anda jadikan sebagai bahan referensi.

Tips Berinvestasi untuk Pasangan Keluarga Muda

Sadari Pentingnya Berinvestasi

Agar semangat dalam berinvestasi dengan mengalihkan sebagian dari kebutuhan belanja dan pengeluaran sehari-hari untuk disimpan dan selanjutnya dipakai sebagai modal, maka kesadaran berinvestasi harus benar-benar tertanam kuat di dalam hati.

[irp posts=”44″ name=”6 Tips Untung Investasi Rumah Kontrakan”]

Upaya untuk memupuk kesadaran akan hal tersebut maka harus dibangun sebuah visi kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang dari sisi ekonomi. Kondisi perekonomian yang lebih baik di masa depan tidak mungkin dapat dicapai jika hanya mengandalkan penghasilan yang diperoleh pada saat sekarang.

Sebab, peningkatan penghasilan seringkali dibarengi dengan tingginya tingkat inflasi dan kenaikan harga barang-barang. Tabungan di bank pun juga tidak dapat diharapkan untuk memberikan tambahan pemasukan, karena bunga yang diberikan oleh bank rata-rata persentasenya sangat rendah.

Tak hanya itu saja, adakalanya dikenakan potongan dengan berbagai macam kebutuhan administrasi.
Sehingga praktis tabungan di bank hanya mampu untuk mencukupi kebutuhan yang datangnya tidak disangka-sangka, seperti untuk berobat, untuk kebutuhan pendidikan anak, serta yang lain. Dengan memahami itu semua, maka akan tumbuh kesadaran pada diri pasangan muda untuk memulai berinvestasi.

Tujuan Investasi

Bicarakan bersama tujuan investasi dengan pasangan. Hal ini dimaksudkan selain untuk memicu semangat investasi, juga untuk membangun pengertian diantara pasangan suami istri tentang langkah-langkah investasi yang akan dilakukan.

Dimulai dari seberapa besar modal yang harus dipersiapkan berikut berapa persen dari penghasilan yang harus disisihkan, apa yang bisa diperoleh dari jenis investasi yang dipilih, sampai dengan risiko apa saja yang bakal dihadapi.

[irp posts=”581″ name=”Instrumen Penting Dalam Bisnis Properti yang Harus di Pahami”]

Sehingga dengan begitu dapat dikatakan bahwa investasi bagi pasangan keluarga muda, tidak hanya sekedar menyatukan persepsi dalam membangun perekonomian keluarga, tapi juga menyatukan hati dan pikiran mereka dalam membangun kehidupan berumah tangga yang lebih baik kedepannya.

Jenis Investasi yang Beragam

Jangan hanya berinvestasi di satu jenis, tapi cobalah untuk melakukan investasi di berbagai macam aset. Sebab, di usia yang masih muda dengan mobilitas yang tinggi, tenaga, dan pikiran harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengembangkan modal yang dimiliki.

Dengan berinvestasi di berbagai macam aset, keuntungan pertama adalah merosotnya salah satu aset akan dapat ditutupi atau di backup oleh aset yang lain. Keuntungan yang kedua bisa belajar dari berbagai jenis investasi yang diikuti.

Namun, begitu belajar bukan berarti harus rugi, tapi harus siap untuk rugi, karena risiko rugi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari investasi.

Demikian beberapa tips investasi bagi pasangan keluarga muda yang dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menata kehidupan perekonomian keluarga yang lebih baik di masa depan.

[irp posts=”1042″ name=”7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga yang Efektif dan Anti Boros”]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

hijab batik

6 Tips Peluang Usaha Rumahan Aksesoris Kerudung

Linamasa.com – Wanita tidak bisa terlepas dari fashion untuk mempercantik diri. Tidak terkecuali untuk wanita …