...
sholat berjamaah masjid
Pexels/vjapratama

Doa Qunut Subuh, Keutamaan dan Tata Caranya

Linamasa.om – Sholat subuh memiliki perbedaan dengan sholat fardhu lainnya. Dikatakan berbeda dengan sholat fardhu lain karena Sholat subuh memiliki doa khusus yang dikenal dengan nama doa qunut.

Pengertian dari doa qunut sendiri merupakan suatu doa yang biasanya dibacakan sebelum melakukan gerakan sujud di rakaat terakhir. Tepatnya saat Anda masih pada posisi berdiri usai melakukan gerakan iktidal.

Jika sholat subuh dilakukan secara berjamaah, biasanya imam akan membaca doa qunut dengan suara yang keras agar didengarkan oleh para makmum.

Menurut sumber dari Mazhab Syafi’i dan Maliki, doa qunut ialah salah satu doa yang masuk dalam kategori sunnah. Dasar dari beberapa pendapat tersebut berasal dari riwayat Anas bin Malik.

“Rasulullah SAW senantiasa melakukan doa Qunut pada shalat subuh sampai beliau meninggalkan dunia,” (HR Ahmad)

Doa qunut memiliki beberapa makna yang harus diketahui yakni shalawat atas Nabi Muhammad SAW, memuji keagungan Allah SWT, memohon hidayah, ungkapan rasa syukur hingga memohon petunjuk.

Saat sedang ditimpa dengan musibah, doa qunut dianjurkan untuk diamalkan oleh umat muslim. Selain memanjatkan doa qunut subuh, ada doa qunut khusus yang ditujukan saat terkena musibah yakni qunut nazillah. Dari segi bacaan doanya tidak ada perbedaan secara spesifik. Hanya saja pada doa qunut nazillah terdapat tambahan sesuai dengan musibah yang sedang dialami.

Sama seperti doa qunut subuh yang dibacakan setelah i’tidal sebelum sujud pada rakaat terakhir, doa qunut nazillah dibacakan di semua sholat wajib 5 waktu.

Doa Qunut Saat Sholat Subuh

Dalam beberapa hadis riwayat Imam Tirmidzi, Imam Abu Daud, dan Imam An Nasa’i, terdapat ajaran doa qunut sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Berikut adalah bacaan dari doa qunut :

“Allahummahdinaa fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.”

“Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’alait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Maksud dari bacaan doa qunut tersebut ialah :

“Ya Allah keberadaanlah kami sebagaimana yang telah Anda berikan petunjuk. Berilah kesehatan kepada kami sebagaimana yang telah Anda berikan kesehatan.

Peliharalah kami sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah berkah kepada kami atas apa yang telah engkau berikan. Selamatkanlah kami dengan kasihmu dari bahaya kejahatan yang telah kamu berikan. engkaulah yang menghukum dan tidak dihukum. Tidak hina orang yang Anda pemimpin.

Tidak mulia orang yang engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Kami memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya”.

Keutamaan Doa Qunut Pada Shalat Subuh

Beberapa keutamaan bisa Anda dapatkan saat mengamalkan doa qunut pada sholat subuh seperti mendapat perlindungan dari Allah SWT, mendapat petunjuk, terhindar dari berbagai penyakit hati hingga mendapatkan pengampunan atas dosa – dosa yang telah lalu.

Tata Cara Doa Qunut pada Shalat Subuh

Doa qunut pada shalat subuh dilakukan pada rakaat terakhir Setelah melakukan gerakan iktidal dan pada posisi berdiri sebelum melakukan sujud, Anda bisa membaca doa qunut saat sholat sendiri. Namun saat sholat berjamaah, Anda bisa mengamini doa yang dipanjatkan oleh imam. Yang mana dianjurkan untuk dibacakan dengan suara keras.

Itu dia tata cara dan keutamaan yang bisa kita dapatkan dalam membaca doa qunut subuh. Meskipun masuk ke dalam kategori sunnah, tetap saja doa qunut memiliki keutamaan yang luar biasa seperti doa-doa lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About suharyanto arby

Berkecimpung di bidang komputer sejak kuliah semester 2 sampai sekarang selama kurang lebih sudah 3 tahun. Hobi dengan dunia tulis menulis.

Check Also

Rumah Gadang di Sumatera Barat Indonesia

Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Sentuhan Tradisional Indonesia

Linamasa.com – Rumah tradisional Indonesia kaya akan nilai sejarah dan budaya. Tak heran jika banyak …