Goa Selomangleng Kediri
Google Maps/Agustina Ayu Puspitasari

Menyusuri Uniknya Goa Selomangleng Kediri

Linamasa.com – Goa Selomangleng merupakan wisata yang unik dan menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati. Penamaan Goa Selomangleng berasal dari kata “Selo” yang artinya Batu dan “Mangleng” yang artinya miring.

Secara harfiah Selomangleng artinya batu yang miring dari permukaan tanah. Goa ini merupakan goa berukuran besar dan terbentuk dari batu andesit hitam. Bahkan dari kejauhan penampakan dari goa ini sudah cukup jelas dan gagah.

Mendekati pintu Goa Selomangleng Kediri ini, pengunjung disuguhi oleh pemandangan bongkahan batu besar yang berserakan. Sebagian dari baru-batu tersebut telah dipahat dan memiliki ukiran. Pada dinding luar goa pun terlihat sangat unik.

Berbagai macam bentuk relief menghiasi dinding goa, salah satu bentuk yang mencolok adalah relief berbentuk manusia. Pemandangan di luar dinding goa nampak cukup asri dengan tumbuhan hijau di sekelilingnya.

Suasana yang disuguhkan cukup teduh dan sejuk. Hal ini tidaklah salah karena memang letak dari Goa Selomangleng berada di kaki Gunung Klotok. Ketika mulai memasuki ke dalam goa suasana gelap akan menyelimuti. Bagi pengunjung yang phobia dengan kegelapan sebaiknya untuk tidak memasuki kawasan ini.

Baca Juga:  Keindahan Pantai Carocok di Painan Sumatera Barat

Memasuki dalam goa anda akan mencium bau dupa yang cukup menyengat. Di dalam goa pengunjung tidak akan menjumpai stalagmit maupun stalagtit layaknya pemandangan pada goa lainnya.

Ketiadaan stalagmit dan stalagtit ini dikarenakan batu andesit yang menjadi bahan utama dinding goa merupakan mineral yang kedap air. Hal inilah yang membuat Goa Selomangleng tidak memiliki stalagmit maupun stalagtit.

Goa Selomangleng terdiri dari 3 ruangan yakni ruangan utama, dan kedua ruangan lainnya yang memiliki pintu kecil di sisi kanan dan kiri. Di dalam dinding goa banyak dijumpai relief yang sangat cantik.

Untuk dapat melihat relief yang ada di dalam dinding goa pengunjung memerlukan penerangan tambahan. Sebaiknya jika anda berniat untuk berkunjung ke tempat ini harus membawa senter agar lebih jelas.

Di dalam goa banyak ditemukan bunga pemujaan berwarna merah ataupun kuning. Bunga-bunga segar ini menandakan bahwa Goa Selomangleng banyak dikunjungi untuk melakukan ritual.

Pada ruangan di sisi kiri goa pintu masuknya cukup sempit, bagian dalam ruangan pun terasa sesak. Tidak terlihat begitu jelas bagaimana penampakan ruangan di sisi kiri ruangan utama tersebut. Yang nampak hanyalah ruangan tersebut memiliki relief yang hampir sama dengan relief pada ruangan utama.

Baca Juga:  5 Pesona Keindahan Pantai Tanjung Bira

Sedangkan pada ruangan di sisi kanan goa tampak pintu masuk cukup besar dan didalam ruangan dinding goa terdapat relief-relief cantik menghiasi hingga ke bagian atas dinding. Pada sisi ruangan ini terdapat cekungan menonjol mirip seperti tungku.

Sejarah Goa Selomangleng

Diceritakan bahwa Goa Selomangleng merupakan tempat pertapaan seorang Dewi Kilisuci. Beliau merupakan putri dari Raja Erlangga. Konon Dewi Kilisuci menolak tahta kerajaan yang diberikan kepadanya.

Dewi Kilisuci mengasingkan diri dan memilih untuk bertapa di dalam Goa Selomangleng. Putri dari Raja Erlangga ini memilih untuk menjauh dari gemerlapnya dunia dan tahta yang diwariskan kepadanya.

Lokasi Goa Selomangleng

Goa Selomangleng berlokasi di Jl. Mastrip, Mojoroto, Pojok, Kediri, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Bagi pengunjung yang hendak datang ke tempat ini dapat mengakses menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jika bingung dengan rutenya pengunjung dapat menggunakan aplikasi Maps yang tersedia di ponsel pintar anda. Bisa juga dengan bertanya dan meminta arahan kepada penduduk setempat. Tak perlu khawatir karena penduduk sekitar merupakan orang yang ramah.

Fasilitas di Goa Selomangleng

Tidak seperti wisata susur goa kebanyakan, Goa Selomangleng telah dibekali dengan fasilitas yang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya : kolam renang, “flying fox”, komedi putar, sampai kereta kelinci. Selain itu terdapat juga fasilitas wahana edukasi berupa situs Gua Selomangleng, maupun museum.

Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng

Goa Selomangleng mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Berikut adalah biaya tiket yang harus anda keluarkan ketika berwisata di Goa Selomangleng.

  • Tiket Masuk Dewasa : Rp.4000,
  • Tiket Anak-anak : Rp.2500,
  • Tiket Masuk Kolam Renang : Rp.4000,-
Baca Juga:  6 Tips Perjalanan Wisata Alam yang Berguna saat Liburan

Harga tiket masuk Goa Selomangleng cukup terjangkau bukan ? Yuk tunggu apalagi datang dan eksplore keindahan Goa Selomangleng Kediri sekarang juga ya. Semoga informasi yang bagikan diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan selamat berlibur!

Originally posted 2022-04-21 06:00:10.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

jagung bose

Liburan Ke Labuan Bajo, Deretan Kuliner Ini Tak Boleh Terlewatkan

Linamasa.com – Membahas soal tempat wisata menarik, tanah air merupakan surganya tempat wisata yang tak …