wanita pegang rambut kepala
Pexels/Element5 Digital

3 Cara Penting Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Alami

Linamasa.com – Kulit kepala yang kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena ketombe. Cara mengatasi kulit kepala kering diperlukan langkah penanganan dan perawatan secara khusus.

Hal yang menyebabkan masalah kulit kepala yang kering ini tidak hanya dikarenakan ketombe saja. Namun, hal lain yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering adalah karena terpapar AC, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin pada kulit kepala.

Masalah kulit kepala kering ini memang sekilas tak jauh berbeda dengan ketombe. Bahkan tak sedikit yang masih salah dalam membedakan keduanya. Dengan demikian sehingga proses cara mengatasinya-pun, masih ada yang menyamakannya. Padahal sebenarnya diperlukan langkah penangan yang berbeda antara keduanya.

Masalah ketombe dan masalah kulit kepala yang kering ini adalah dua hal yang berbeda. Untuk masalah kulit kepala yang kering umumnya akan terasa lebih gatal, iritasi, serta mengelupas.

Sedangkan untuk masalah ketombe umumnya ditandai dengan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.Jika dibiarkan masalah kulit kepala yang kering ini bisa menimbulkan masalah kulit yang lain seperti tumbuhnya jamur, kurap dan juga kudis.

Baca Juga:  5 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Alami, Kulit Jadi Bersih dan Mulus!

Namun Anda tak perlu khawatir, untuk mengantisipas dan menjaga kulit kepala anda, sebaiknya anda segera mengatasi kulit kepala kering ini dengan beberapa langkah sederhana sebagai berikut ini.

Berikut Cara mengatasi kulit kepala kering secara alami.

Menggunakan Gula Pasir Coklat

Salah satu solusi mengatasi kulit kepala yang kering, anda dapat melakukan cara alami dengan gula pasir cokelat ini. Cara penggunaannya pun tak sulit dan relatif cukup mudah, anda dapat lakukan seperti halnya melakukan creambath.

Untuk pengaplikasiannya, langkahnya yaitu sediakan 2 sendok makan gula pasir yang berwarna coklat, kemudian campurkan dengan satu sendok minyak zaitun. Lalu aduk kedua bahan tersebut sampai benar – benar rata.

Kemudian anda dapat menggunakannya untuk creambath sebelum anda keramas. Kandungan minyak zaitun serta butiran dari gula ini dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala anda. Anda dapat melakukan ini secara teratur dan rutin untuk menjaga kulit kepala anda senantiasa tetap sehat.

Baca Juga:  Cara Alami Menghilangkan Bercak Putih di Kulit Wajah Dalam 1 Hari

Menggunakan Minyak Kelapa

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan alami dari minyak kelapa untuk mengatasi kulit kepala yang kering tersebut. Untuk pengaplikasiannya, siapkan wadah yang tahan panas lalu tuangkan minyak kelapa, kemudian masukan kedalam microwave selama beberapa detik.

Setelah itu, gunakanlah minyak kelapa yang masih hangat ini untuk anda oleskan pada seluruh permukaan kulit kepala anda secara merata seperti melakukan creambath. Minyak kelapa ini dapat memberikan nutrisi pada kulit kepala anda agar tidak mudah kering.

Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil ini sudah sangat dikenal dapat mengatasi berbagai masalah kulit, tidak hanya dapat mengatasi masalah jerawat pada muka saja. Namun, juga dapat mengatasi masalah kulit kepala yang kering.

Untuk pengaplikasiannya-pun relatif cukup mudah, cukup Anda campurkan satu tetes tea tree oil pada sampo yang anda gunakan atau pada kondisioner. Lakukan secara rutin dan anda akan melihat hasil yang memuaskan dari penggunaan tea tree oil ini.

Baca Juga:  Terbukti Ampuh, Rekomendasi Toner untuk Mengatasi Masalah Kulit Kering dan Kusam

Demikianlah tadi diantaranya beberapa cara mengatasi kulit kepala kering dengan bahan alami yang dapat kami sampaikan. Semoga saja dengan beberapa tips diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda agar mendapatkan kulit kepala yang sehat. Selamat mencoba!

Originally posted 2022-04-20 10:00:48.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wajah wanita cantik kulit mulus

Suka Pakai Retinol, Ini Dia Beberapa Cara Paling Tepat untuk Menggunakannya

Linamasa.com – Bagi Anda yang senang menggunakan berbagai macam produk skincare, pasti sudah sangat kenal …