media social facebook
Pexels/Tracy Le Blanc

Akun Facebook Kena Hack? Ini Cara Mengatasinya

Linamasa.comMedia sosial merupakan salah satu sarana untuk bermasyarakat yang makin hari makin banyak penggunanya. Tentu saja dengan adanya media sosial pasti ada banyak keuntungan sekaligus kerugian bagi penggunanya. Berbicara tentang masalah tersebut, bagi kalangan tertentu hal ini merupakan kesempatan emas. Biasanya para peretas akan memanfaatkan celah keamanan dari sebuah platform.

Keamanan Facebook sedang dipertanyakan akhir-akhir ini. Karena, selain munculnya virus yang sering mengganggu akun, keamanan akun juga bisa dikatakan lemah. Saat ini, banyak pengguna Facebook akhirnya membuat akun baru dan membuat pernyataan bahwa akun lama mereka diretas.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahpahaman jika akun lama yang diretas ternyata mengambil tindakan atau berbagi konten yang tidak terpuji.

Sebenarnya, ketika akun Facebook diretas, kita tidak perlu membuat akun baru. Ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan akun lama kita. Berikut adalah cara untuk memulihkan akun Facebook yang telah diretas sehingga dapat digunakan kembali.

  1. Buka Facebook, klik “lupa kata sandi”.
  2. Selanjutnya, kita akan diminta untuk menemukan akun lama kita dengan memasukkan salah satu dari beberapa opsi identitas seperti nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar Facebook, email, atau nama lengkap. Pastikan kita mengingat salah satu dari semua data dan memasukkannya ke dalam kolom yang disediakan.
  3. Setelah akun ditemukan, maka sekarang kita harus berpura-pura bahwa kita tidak dapat lagi mendapatkan kata sandi baru dengan mengklik “tidak ada lagi akses di sini”. Tujuan dari pilihan itu adalah kita telah mengubah nomor ponsel dan mengubah email sehingga Facebook tidak akan mengirim verifikasi kata sandi baru ke kedua alamat.
  4. Kita kemudian akan diminta untuk memasukkan alamat email baru. Pastikan alamat email ini adalah alamat email yang dapat di akses kotak masuk atau dengan kata lain alamat email aktif yang sering digunakan. Jangan gunakan alamat email yang kita lupa kata sandinya.
  5. Setelah itu, akan diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan yang biasa kita buat saat mendaftar untuk Facebook. Di sinilah letak keuntungan orang-orang yang menganggap serius pertanyaan keamanan dengan jawaban yang dapat diprediksi. Jika lupa jawaban untuk pertanyaan ini, maka mungkin tidak dapat melakukan hal lain.
  6. Jika telah selesai menjawab, maka Facebook akan mengeluarkan pernyataan bahwa akun telah berhasil diverifikasi. Selanjutnya akan diminta untuk menunggu sambil menonton jika ada email dari Facebook yang masuk ke alamat email baru yang kita masukkan sebelumnya. Setelah itu, kita dapat mulai membuat kata sandi baru dari email.

Itulah cara mengembalikan akun Facebook yang diretas. Untuk masa depan, harap lebih berhati-hati dan gunakan kata sandi yang lebih sulit. Selain itu, hindari login Facebook di komputer umum seperti kafe internet, bahkan di tempat-tempat yang menyediakan WiFi publik gratis karena melalui celah ini seseorang biasanya akan diretas.

Lakukan penggantian kata sandi secara bertahap agar menghindari penyadapan terhadap akun Facebook. Gunakan verifikasi berlapis supaya mencegah penyalahgunaan pihak yang tak bertanggung jawab. Usahakan menggunakan anti virus di setiap perangkat demi menjaga dari virus jahat dari luar. Terakhir jangan pernah sekalipun membagikan kata sandi ke siapapun, sekalipun ke orang terdekat.

Selamat mencoba dan tetap waspada dalam bersosial media. Semoga bisa menikmati bermedia sosial online dengan sehat dan aman di platform Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About Redaksi

Check Also

Xiaomi 14

Xiaomi 14 Series: Kedatangan Era Kecerdasan Buatan (AI) dalam Genggaman

Linamasa.com – Setelah sukses dirilis di China, kini seri Xiaomi 14 telah melanglang buana ke …