lidah buaya
Freepik/jcomp

5 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Linamasa.com – Salah satu manfaat penggunaan bahan alami adalah sebagai penghilang bekas luka. Namun, luka yang dapat diatasi adalah bekas luka baru yang masih terlihat basah, bukan yang sudah lama kering dan mengandung keloid.

Oleh karena itu, jika bekas luka lama Anda diatasi dengan metode alami hasilnya kurang efektif. Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan manfaat dari cara alami ini, karena aman tanpa tercampur dengan bahan kimia.

Dengan begitu bekas luka Anda terjamin tidak akan menimbulkan efek samping dan ramah lingkungan. Berikut ini tips menghilangkan bekas luka secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka

1. Teh Hijau

Teh hijau yang biasanya digunakan sebagai minuman, juga dapat bermanfaat dalam menghilangkan bekas luka Anda. Kandungan yang ada didalamnya berupa, antioksidan bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang fungsinya lebih bagus 200 kali lipat dibandingkan dengan vitamin E.

Terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon yang disebabkan jerawat, sebagai alat kontrol produksi minyak, mengurangi peradangan pada kulit, dan tentunya menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan jerawat.

Baca Juga:  4 Cara Mengobati Jerawat Batu dengan Bahan Alami

Cara yang perlu Anda lakukan ialah membasahi kapas atau dapat dipergunakan handuk kecil dengan air daun teh hijau yang telah diseduh. Usapkanlah kapas atau handuk kecil di luka yang telah dibersihkan, seperti menggunakan toner.

2. Lidah Buaya

Ternyata kandungan asam amino yang terdapat pada lidah buaya berfungsi sebagai pelembab kulit dan regenerasi se-sel kulit. Selain itu, mempunyai sifat yang anti-radang dan dapat dipergunakan dalam mengurangi peradangan pada kulit serta menghilangkan bekas luka.

Caranya mudah, Anda cukup mengoleskan bagian lender dari lidah buaya ke bekas luka. Namun, supaya Anda tidak terkena bagian getah lidah buaya tersebut, hati-hati dalam pemakaianya. Sebab dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Lakukan cara ini dengan rutin.

3. Daun Pare

Selain buahnya yang dapat dimasak, daunnya juga dapat dipergunakan dalam ramuan herbal untuk kesehatan. Daun pare bermanfaat dalam menyamarkan bekas luka.

Cara pengolahannya, yaitu cuci terlebih dahulu daun pare yang segar secukupnya. Lakukan pemerasan sampai terlihat halus dan tambahkan sedikit air hangat untuk diperas.

Gunakan air hasil perasan untuk dicampur dengan tepung beras sebanyak 2 sendok makan. Aduk hingga merata seperti tekstur lotion. Balurkan pada bekas luka anda. Tunggu dan biarkan hingga mengering, lalu bilas bersih.

4. Madu

Madu memang sangat terkenal dalam pengobatan alami dari berbagai jenis penyakit. Cairan madu tersebut berguna dalam merangsang regenerasi sel, mengurangi nyeri, mendinginkan kulit dan menghilangkan bekas luka.

Caranya hanya dengan mengoleskan madu secara merata pada bagian luka Anda dan dibiarkan selama 20-30 menit.

Bilaslah menggunakan air yang hangat. Sebaiknya gunakan madu yang masih alami dan lakukan beberapa kali sehari.

5. Daun Mint

Tanaman Mentha Piperita atau daun mint memiliki kandungan baik yang berkhasiat bagi kesehatan kulit. Hal ini dapat membantu dalam mengatasi jerawat, luka bakar dan menghilangkan bekas luka.

Anda harus mengambil beberapa lembar daun mint, lalu cuci dan haluskan dengan membentuk seperti scrub. Setelah itu oleskan pada bekas luka Anda.

Menghilangkan bekas luka, tidaklah mudah terutama pada area paha, betis, lengan, atau wajah. Untuk itu, lakukan tips diatas secara teratur dan rutin supaya berbuah hasil.

Baca Juga:  Ketahui Gejala, Penyebab dan Pengobatan Psoriasis

Originally posted 2022-04-12 10:00:39.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

wajah wanita bersih

Punya Masalah Kulit Berminyak, Kebiasaan Sehari – Hari Bisa Jadi Pemicunya

Linamasa.com – Merawat kulit yang cenderung lebih berminyak, memang dibutuhkan effort lebih agar bisa mendapatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.