pegang kaki
Freepik/jcomp

7 Obat Asam Urat yang Efektif Redakan Nyeri Sendi, Cek Rekomendasinya!

Linamasa.com – Asam urat adalah penyakit radang pada sendi yang sering terjadi di lutut, telapak kaki, siku, pergelangan kaki, jempol kaki, atau lutut. Bagi siapa saja yang memiliki penyakit asam urat tentu sudah tahu bagaimana sakitnya penyakit tersebut saat kambuh.

Serangan asam urat dapat membuat sendi yang terkena menjadi memerah, lunak, bengkak, hingga terasa panas. Kini, penyakit asam urat bisa diatasi dengan obat-obatan.

Obat tersebut bisa membantu mengatasi penyakit asam urat, yaitu mengurangi rasa sakit nyeri akibat serangan sendi, dan mengurangi penumpukan asam urat. Ada banyak jenis obat-obatan medis yang efektif mengatasi asam urat, diantaranya adalah ketujuh rekomendasi obat asam urat berikut ini.

Methylprednisolone – kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat yang mengandung hormon steroid yang berguna untuk meredakan peradangan atau inflamasi pada tubuh, dan menekan sistem kekebalan tubuh yang berlebih. Obat Methylprednisolone termasuk obat yang mengandung kortikosteroid.

Baca Juga:  Ketahui Gejala, Penyebab dan Pengobatan Psoriasis

Obat ini bekerja untuk mengatasi penyakit radang sendi, gangguan sistem imun, hingga rematik. Methylprednisolone dapat mencegah dan menghentikan zat akibat peradangan, pembengkakan, dan nyeri sendi.

Aclonac – Kalium Diklofenak

Kalium diklofenak termasuk obat anti-inflamasi non-steroid. Didalamnya ada kandungan yang bisa membantu mengobati nyeri ringan dan sedang. Biasanya obat kalium diklofenak digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang, sakit gigi, hingga radang sendi. Obat kalium diklofenak yang banyak digunakan untuk mengatasi asam urat yaitu Aclonac.

Profenid – Ketoprofen

Ketoprofen biasa digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan akibat arthritis, cedera, asam urat, sampai meredakan nyeri setelah operasi. Ketoprofen berfungsi untuk menghambat enzim penghasil prostaglandin yang memicu peradangan dalam tubuh. Profenid sendiri adalah obat yang mengandung zat aktif ketoprofen yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah asam urat.

Celebrex – Celecoxib

Obat dengan kandungan celecoxib ini termasuk golongan anti-inflamasi non-steroid yang biasa digunakan dalam mengatasi peradangan dan rasa nyeri akibat persendian.

Celecoxib diketahui memiliki resiko lebih kecil di tukak lambung dibanding dengan obat sejenisnya, tetapi bagi penderita maag harus tetap berhati-hati. Salah satu obat asam urat yang mengandung celecoxib yaitu Celebrex.

Zyloric – Allopurinol

Selanjutnya, ada Zyloric yang merupakan obat untuk asam urat dengan kandungan allopurinol. Obat ini bekerja dengan menurunkan konsentrasi asam urat pada darah dan urin, yang dimana bisa mencegah terjadinya nyeri akibat penumpukan asam urat serta menghindari kondisi batu ginjal.

Recolfar – Colchicine

Obat Recolfar mengandung colchicine yang biasa digunakan untuk mengatasi asam urat yang disebabkan oleh banyaknya kadar asam urat pada darah. Kandungan colchicine ini berfungsi untuk menekan jumlah sel darah putih ke area peradangan dalam meredakan radang sendi, dan menurunkan rasa nyeri sendi.

Feburic

Terakhir, kamu bisa memilih Feburic sebagai obat untuk mengatasi asam urat. Terdapat kandungan febuxostat di dalam obat ini yang mampu mengobati masalah asam urat kronik.

Obat Feburic sudah terjamin aman dikonsumsi karena sudah memiliki surat izin edar dari BPOM dan tersedia di sejumlah apotek legal. Tetapi, ada baiknya ikuti anjuran dokter sebelum menggunakan Feburic demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Sejumlah obat asam urat yang kami rekomendasikan di atas bisa kamu pilih untuk mengatasi masalah asam urat. Tentunya obat-obatan tersebut sudah terjamin aman bagi tubuh dan bisa ditemukan dengan mudah di apotek terdekat.

Agar penyakit asam urat bisa berkurang dan dihindari, sebaiknya terapkan juga gaya hidup sehat dari sekarang.

Originally posted 2022-04-12 06:00:54.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

Check Also

bibir lipstik

9 Cara Mengatasi Bibir Kering Yang Terbukti Ampuh Dan Alami

Linamasa.com – Bibir kering dan pecah-pecah terkadang cukup mengganggu bagi seseorang. Bibir kering serta pecah-pecah …