...
lentera bulan ramadhan
Pexels/Ahmed Aqtai

Wajib Dipahami, Apa Saja Hikmah Puasa Ramadhan

Linamasa.com – Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, secara tidak langsung dan tanpa kita sadari ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan dari ibadah tersebut. Karena di bulan yang suci ini kita bisa mendapatkan pahala lebih banyak berkali-kali lipat. Lantas apa saja hikmat puasa Ramadhan tersebut?

Kadar Taqwa Kepada Allah SWT Semakin Meningkat

Selama berpuasa, sebagian besar orang akan meningkatkan kualitas ibadah dengan tujuan mendapatkan ridho dan pahala sebanyak – banyaknya. Ramadhan adalah kesempatan baik untuk memperbanyak amalan karena semua ibadah yang dilakukan pahala lebih banyak jika dibandingkan bulan – bulan lain. Nah dari meningkatkan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan, secara otomatis kadar taqwa kita kepada Allah SWT pun akan meningkat.

Menjadi Pribadi yang Lebih Qanaah

Orang yang menjalankan ibadah puasa, biasanya timbul sifat Qanaah dalam dirinya. Qanaah sendiri merupakan suatu tindakan yang mana selalu ridho dan ikhlas atas semua rencana maupun takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Yang baik bagi kita belum tentu baik bagi Allah. Yang buruk bagi kita, belum tentu buruk bagi Allah SWT.

Melatih Diri untuk Mengontrol Hawa Nafsu

Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat untuk melatih diri dalam menahan hawa nafsu. Karena pada dasarnya, puasa Ramadhan memang ditujukan agar kita bisa menahan hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Memupuk Diri untuk Bisa Saling Berbagi

Bulan Ramadhan identik dengan bulan berbagai. Banyak orang yang hatinya terketuk untuk bisa berbagai kepada sesama selama menjalankan ibadah puasa. Dalam bentuk apapun dengan nilai berapapun tidak menjadi masalah.

Rasa lapar dan dahaga yang kita rasakan, bisa menjadi pemicu diri untuk turut merasakan apa yang telah dirasakan oleh orang – orang tidak mampu. Rasa empati tersebut yang bisa mendorong kita untuk timbul rasa ingin berbagi dengan sesama.

Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Secara rohani dengan menjalankan ibadah puasa, kita akan menjadi semakin dekat kepada Allah SWT. Sedangkan secara jasmani, sistem pencernaan kita bisa beristirahat sementara waktu sehingga bisa menjadi lebih sehat.

Meninggalkan Kesenangan Dunia untuk Sementara

Salah satu keutamaan dalam menjalankan ibadah puasa adalah bisa memicu kita untuk meninggalkan semua kesenangan duniawi. Rasa lapar dan dahaga, membuat kita lebih bersyukur dengan semua rezeki yang diberikan Allah SWT kepada kita. Berbeda saat kita tidak menjalankan ibadah puasa, kesenangan makanan yang enak setiap hari, seringkali membuat kita lalai.

Mengajarkan Kita untuk Lebih Berhati – hati dalam Bertindak

Ibadah puasa tak hanya mengajarkan kepada kita untuk bisa menahan hawa nafsu saja, melainkan juga bisa menahan setiap tindakan yang dilakukan. Contohnya saja seperti menjaga pandangan hingga menjaga tutur kata agar tak menyakiti hati orang lain.

Mengajarkan Kita Arti dari Kesederhanaan

Kesederhanaan bisa muncul selama bulan puasa karena pengeluaran yang kita lakukan tidak sebanyak hari – hari biasa. Kita makan hanya saat berbuka dan sahur saja. Secara tidak langsung , hal tersebut bisa mengajarkan kita untuk lebih bersyukur.

Kemudian saat banyak makanan yang disediakan di rumah, tapi perut tak mampu melahapnya semua, kita menjadi lebih ingat betapa berharganya setiap makanan yang bisa kita makan. Jadi kebiasaan membuang – buang makanan yang mungkin saja kita lakukan sehari – hari bisa dihindari.

Berusaha untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Secara tidak sadar, dengan menjauhi semua laranganNya dan menjalankan yang diperintahkan – Nya selama menjalankan ibadah puasa, mengajarkan kita untuk menjadi sosok pribadi yang lebih baik.

Itu dia hikmah puasa Ramadhan yang wajib kita ketahui sebagai umat muslim. Dengan memahami hikmah-hikmah di atas semoga kita semua bisa lebih taat lagi dalam menjalankan segala perintah Allah. Semoga setelah membaca hikmah-hikmah puasa Ramadhan yang kami berikan, kita semua bisa lebih memahaminya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.

About suharyanto arby

Berkecimpung di bidang komputer sejak kuliah semester 2 sampai sekarang selama kurang lebih sudah 3 tahun. Hobi dengan dunia tulis menulis.

Check Also

Rumah Gadang di Sumatera Barat Indonesia

Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Sentuhan Tradisional Indonesia

Linamasa.com – Rumah tradisional Indonesia kaya akan nilai sejarah dan budaya. Tak heran jika banyak …